Gunung Krakatau, Obyek Wisata Alam di Banten

Gunung KrakatauPropinsi Banten memang menjadi salah satu daerah dengan segudang tujuan wisata, yang bisa dipilih untuk menghabiskan hari libur Anda. Sebut saja wisata alam yang mempesona, wisata religi yang dapat mempertebal keimanan, dan wisata sejarah yang mengedukasi terutama bagi generasi muda.

Awalnya, propinsi Banten ini dikenal luas oleh masyarakat berkat keindahan pantainya. Mulai dari Pantai Carita dan Anyer yang selalu ramai pengunjung di akhir pekan, maupun Pantai Sawarna dan Bagedur di bagian selatan Banten yang masih menawarkan keindahan alam yang alami. Namun tidak banyak yang tahu jika di sini, Anda pun bisa mengunjungi wisata alam lainnya, yaitu wisata Wisata Gunung Krakatau yang terletak di Selat Sunda, perbatasan Pulau Jawa dan Sumatera.

Gunung Krakatau Meletus

Wisata Gunung Krakatau merupakan salah satu gunung di Indonesia yang pernah meletus dengan dahsyatnya pada tahun 1883. Selain suaranya yang terdengar hingga radius 4500 kilometer, debunya pun berhamburan hingga menyebabkan langit menjadi gelap. Tidak hanya itu, letusannya juga memicu gelombang laut pasang setinggi empat puluh meter dan menghancurkan ratusan desa di sepanjang teluk Lampung dan pantai barat Banten. Namun kini, gunung yang namanya dikenal hingga ke luar negeri ini tidak lagi memperlihatkan aktifitas vulkanik, layaknya gunung berapi lainnya.

Sisa-sisa letusan inilah yang kemudian menjadi daya tarik Wisata Gunung Krakatau, yang menyajikan keindahan bentangan alam dari hasil letusan tersebut. Ditambah lagi, munculnya Anak Gunung Krakatau pada tahun 1927 atau kurang lebih 40 tahun setelah letusan gunung induknya, menambah eksotisme tempat wisata yang satu ini. Belum lagi fakta yang digulirkan oleh para ahli, yang menyebutkan tinggi Anak Gunung Krakatau ini terus bertambah setiap lima sentimeter setiap bulannya.

Jalur pendakian

Meskipun tidak bisa terlalu mendekat ke puncak Anak Gunung Krakatau, karena sejumlah letusan yang pernah terjadi, Anda tetap diperbolehkan mencapai punggung gunung. Perjalanan yang cukup terjal dan rute yang berkelok-kelok tentunya memberikan tantangan tersendiri, apalagi saat harus berjalan di bawah teriknya matahari. Tapi rasa lelah tersebut akan terbayarkan saat melihat pemandangan alam yang indah, dikelilingi oleh birunya laut.

Selain pesona alamnya yang mempesona. Rasakan gejolak adrenalin saat dapat melihat momen-momen dimana kawah menyemburkan bebatuan, pasir, debu, dan lava panas. Jika keadaan gunung sedang stabil. Para pengunjung diperbolehkan untuk melihat bekas muntahan gunung. Yang merupakan bongkahan tanah dan batu berbagai ukuran. Dengan warna yang didominasi cokelat kehitaman.

Baca juga: Debus, Atraksi Budaya Mengagumkan Asal Banten

Selain hiking, buat penggemar wisata bahari, Anda bisa memuaskan keinginan untuk berenang, snorkeling, atau menyelam. Air lautnya yang bersih dan jernih memudahkan para wisatawan untuk melihat pesona dan kehidupan biota bawah laut yang dihuni oleh berbagai flora dan fauna. Salah satunya adalah clown fish atau Amphiprion oceallaris. Lelah berenang, coba alternatif lain menikmati laut, dengan memancing aneka jenis ikan di tepi kaki gunung. Angin yang sepoi-sepoi dan pemandangan alamnya yang memukau. Dijamin bikin Anda lupa akan kepenatan akibat rutinitas sehari-hari.

Rute transportasi

Buat para traveler yang ingin berkunjung ke Wisata Gunung Krakatau ini bisa memilih berbagai alternatif. Tergantung kebutuhan dan anggaran yang tersedia. Apabila melalui Pelabuhan Labuan Banten, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menyewa kapal motor, yang berkapasitas lima hingga dua puluh orang. Atau jika memutuskan berangkat dari kawasan Pantai Anyer atau Carita juga dapat menyewa sebuah speed boat dengan jarak tempuh sekitar dua sampai empat jam lamanya.

Jangan takut akan bosan selama perjalanan menuju ke Wisata Gunung Krakatau ini ya. Karena pengunjung akan merasakan desiran laut khas Selat Sunda. Serta dapat melihat keindahan Anak Wisata Gunung Krakatau, lengkap dengan asap yang membumbung tinggi. Pemandangan cantik ini juga bisa dinikmati dari Pulau Sebesi atau Sebuku. Yang jaraknya kurang lebih delapan mil dari Wisata Gunung Krakatau.

Akomodasi

Buat yang ingin bermalam dan menghabiskan akhir pekan, tidak perlu bingung mencari akomodasi, karena terdapat aneka pilihan tempat menginap. Mulai dari homestay, bumi perkemahan, resort, wisma, villa hingga hotel berbagai tipe yang ada di Kalianda, Pulau Sebesi. Serta kawasan wisata di sepanjang pantai barat Banten. Kawasan ini juga dilengkapi dengan jaringan internet, arena bermain anak-anak, rumah makan, lahan parkir dan sentra oleh-oleh. Beserta persewaan perlengkapan menyelam, dan persewaan perahu maupun speed boat. Lengkap ya! (Jari adventure-det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *