Wisata Setelah Pandemi, Nikmati Surga Terumbu Karang Dunia!

Di tengah pandemic yang mewabah di beberapa negara termasuk Indonesia, tentu tak hanya memberikan dampak negative. Dengan berkurangnya kepadatan dan polusi nyatanya membuat udara semakin bersih dan sehat.

Sebagai  surga terumbu karang dunia, salah satu efek lainnya adalah dengan terhentinya industry pariwisata ditengah pandemi. Seperti wisata bahari dan wisata selam, membuat biota laut serta terumbu karang bisa bernafas dan hidup tanpa gangguan.

Dengan begitu, lautan dan ekosistemnya menjadi lebih stabil dan terjaga. Terutama spot-spot diving yang sering dikunjungi ratusan wisatawan sebelum adanya Covid-19.

Meski nantinya pandemic berakhir, diharapkan nantinya ada regulasi untuk mengatur kuota penyelam, hingga aturan yang dapat mengurangi potensi rusaknya terumbu karang.

Bagi para pecinta terumbu karang, pasti Anda merindukan aktivitas snorkeling dan diving. Berikut ini kita bahas surga terumbu karang di Indonesia yang bisa Anda kunjungi setelah pandemi berakhir.

 

1.      Taman Laut Bunaken – Sulawesi Utara

Taman Laut Bunaken pasti sudah tidak asing lagi bagi telinga Anda. Bunaken sendiri merupakan pulau kecil seluas 8,08 km persegi di Teluk Manado, Sulawesi Utara.

Anda bisa berkunjung ke pulau ini dengan menempuh 30 menit perjalanan laut menggunakan speed boat dari Pelabuhan Kota Manado.

 

2.      Taman Nasional Wakatobi – Sulawesi Tenggara

Masih di dalam pulau Sulawesi, destinasi lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Taman Laut Wakatobi. Taman ini masuk dalam kawasan Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Dengan sebutan pusat terumbu karang dunia, Taman Laut Nasional Wakatobi menjadi destinasi wajib bagi para petualang alam bawah laut. Luasnya mencapai 1,39 juta ha, lho!

 

3.      Taman Nasional Kepulauan Seribu – DKI Jakarta

Jangan melewatkan kepulauan seribu yang letaknya tak jauh dari DKI Jakarta. Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu ini memiliki gugus kepulauan dengan jumlah 78 pulau kecil dengan pulau gosong serta hamparan laut dangkal seluas 2.136 ha, mangrove, serta terumbu karang jenis fringing reef.

Bagi Anda yang tinggal di Jakarta atau sedang berkunjung, yakin tidak ingin mencoba melihat keindahan alam laut di sini?

 

4.      Kepulauan Derawan Berau – Kalimantan Timur

Jika Anda berlibur ke Kalimantan Timur, jangan lewatkan Pulau Derawan yang berada di Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Dengan 28 dive spot, membuat wisata yang satu in meraih urutan ketiga sebagai lokasi tujuan menyelam bertaraf Internasional, lho! Beberapa alasan lainnya tak lain dan tak bukan karena beragam jenis terumbu karang yang mendiami laut Pulau Derawan.

Tak tanggung-tanggung, Anda bisa menemukan 460 jenis terumbu karang serta 832 spesias ikan karang.

 

Baca juga

5.      Pulau Karimunjawa – Jawa Tengah

Beralih ke Provinsi Jawa Tengah, Taman Nasional Karimunjawa tentu menjadi jawabannya. Taman Nasional yang berada di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah memiliki 22 pulau. Bahkan, Anda dapat bertemu 5 ekosistem sekaligus.

Mulai dari terumbu karang, hutan mangrove, hutan hujan tropis, hutan pantai, serta padang lamun dan rumput laut. Selain itu, Karimunjawa juga menjadi tempat tinggal berbagai flora yang khas seperti Dewadaru, Kalimasada, dan Setigi.

Serta berbagai fauna yang dilindungi negara seperti Penyu Sisik, Penyu Hijau, Junai Emas, hingga Keong Gelung.

Berwisata di Karimunjawa bisa menjadi opsi terbaik bagi Anda yang ingin melepas lelah dan bertemu banyak sekali makhluk hidup selagi menyatu dengan alam.

 

6.      Taman Laut Selat Pantar – NTT

Taman Laut Selat Pantar berada di Kabupaten Alor, NTT. Keindahan alam di taman laut ini sangat menarik perhatian para pelancong lokal bahkan mancanegara.

Taman Laut Selat Pantar terdiri atas perairan Alor Kecil, Alor Besar, Pulau Buaya, Dulolong, Pulau Kepa, Pulau Pura, dan Pulau Ternate.

Ada 26 dive spot yang bisa Anda pilih. Spot yang sangat menarik bagi para pengunjung adalah Shark Close, spot berkumpulnya ikan hiu

 

7.      Pulau Peucang Ujung Kulon – Banten

Pulau yang satu ini terkenal akan keindahan pasir putih, terumbu karang, serta air lautnya yang jernih. Bahkan, pulau ini dianugerahi sebagai salah satu situs alam warisan dunia oleh UNESCO karena flora faunanya yang beragam.

Lokasinya berada di selat Panaitan, Kabupaten Pandeglang, Provinsi banten.

 

8.      Taman Laut Banda – Maluku

Yang terakhi ialah Taman Laut Banda, berada di gugusan Pulau Gunung Api, Pulau Sjahrir, Pulau Neira dan Pulau Hatta di Kabupaten Makuku Tengah. Taman ini menjadi salah satu taman laut terindah di dunia.

Menurut kajian ekologis, Taman Laut Banda memiliki keberagaman hayati yang menakjubkan, dengan 310 jenis terumbu karang, serta 871 spesies ikan yang bisa Anda temui.

 

Indonesia memang menjadi pusat keragaman mangrove dan ekosistem lamun yang luas di dunia. Berbagai kekayaan ini patut untuk kita jaga. Jangan sampai merusak kekayaan yang kita miliki.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.