Wisata Sejarah Jogja, Segini Harga Terbaru Tiket Masuk Candi Prambanan

Ada yang belum pernah ke Candi Perambanan? Wisata sejarah yang ada di Yogyakarta ini dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia hingga mancanegara.

Bahkan, candi inilah yang ditetapka sebagai salah satu situs warisan dunia di tahun 1991 oleh UNESCO. Ceritanya yang melegenda membuat candi ini selalu dipenuhi pengunjung.

Candi Prambanan sudah berusia cukup tua. Dengan arsitektur seni yang tinggi di candi ini membuktikan bahwa manusia pada peradaban kala itu sudah maju.

Meskipun saat itu belum ada yang namanya teknologi canggih tetapi candi memiliki kompleks pelataran candi yang jumlahnya mencapai 240 candi.

Kompleks Candi Prambanan

Untuk menuju Candi Prambanan, Anda akan melewati gerbang utama yang menghadap kea rat timur. Namun bisa juga melewati empat pintu masuk utama.

Keempat pintu ini mempresentasikan arah mata angin. Candi Prambanan memiliki candi induk yang dikelilingi oleh candi-candi biasa.

Nama asli dari kompleks ini adalah Siwaghra, artinya Rumah Siwa. Candi induk tersebut bernama candi Dewa Siwa, sedangkan 2 candi biasa yang mengelilinginya adalah candi Dewa Wishnu serta Brahma.

Jika Anda pernah belajar sejarah, ketiga candi tersebut dikenal dengan sebutan Candi Trimurti, ungkapan yang mempresentasikan ajaran trimurti mengenai 3 Dewa Tertinggi di Agama Hindu.

Tak hanya ketiga candi tersebut, masih banyak candi lainnya yang ada dalam kompleks ini seperti Candi Apit, Candi Kelir, Candi Patok, serta Candi Perwara.

Dengan relief-relief di bagian dinding candi Trimurti Anda dapat belajar sejarah pada masa tersebut. Relief itu mempresentasikan tentang 2 fenomena besar di dalam agama Hindu, yaitu Krishnayana serta Ramayana. Anda pasti sudah pernah mendengar 2 cerita ini, bukan?

Istana Ratu Boko

Anda juga dapat mengunjungi Istana Ratu Boko yang letaknya tak jauh dari Candi Prambanan. Istana Ratu Boko dibangun oleh Rakai Panangkaran, keturunan Wangsa Syailendra.

“Boko” mengacu pada ayah dari Roro Jongrang yang ceritanya masih berhubungan dengan legenda Roro Jongrang. Di dalam istana ini terdapat 4 bagian istana yang terpisah, yaitu di bagian timur, barat, tengah, serta tenggara.

Pintu masuk utama bagi wisatawan ada di Gapura utama di bagian tengah istana. Di sini juga dilengkapi dengan lapangan luas dan alam yang cantik.

Tempat putri raja berada di bagian tenggara lengkap dengan pendopo khas keputren serta kolam. Di bagian timur dan barat merupakan bukit yang masih terpelihara.

Jam Buka Candi Prambanan & Ratu Boko

Kedua candi ini buka setiap hari, mulai dari jam 6 pagi hingga 5 sore hari.  Tentu saja akan tutup di Hari Raya Nyepi.

Di hari itu, Candi Prambanan biasanya dijadikan sebagai lokasi sembahyang bagi umat Hindu se-Jawa Tengah dan juga sekitarnya. Kedua wisata ini buka di jam yang sama karena lokasinya juga berdekatan.

Harga Tiket Masuk Candi Prambanan serta Ratu Boko

  • Candi Prambanan – Dewasa = 40.000 rupiah
  • Candi Prambanan – Anak-anak = 20.000 rupiah
  • Paket Prambanan, Plaosan, dan Sojiwan – Dewasa = 000 rupiah
  • Paket Prambanan, Plaosan, dan Sojiwan – Anak = 30.000 rupiah
  • Paket Prambanan, Ratu Boko – Dewasa = 75.000 rupiah
  • Paket Prambanan, Ratu Boko – Anak = 35.000 rupiah
  • Paket Prambanan, Sendratari Ramayana Kelas II – Dewasa = 150.000 rupiah
  • Paket Prambanan, Sendratari Ramayana kelas II – Anak = 135.000 rupiah

Untuk harga tiket bagi orang dewasa dengan anak memang berbeda. Harga tiket untuk dewasa sekitar 2 kali lipat dari harga tiket anak.

Aktivitas dan Atraksi Candi Prambanan dan Candi Boko

Dengan luas mencapai 40 hektar, Anda bisa menikmati indahnya candi Prambanan cukup dengan berjalan kaki.

Pemandangannya cukup indah dengan pepohonan serta tanaman hijau yang ada di pelataran serta sekitar kompleks candi. Jangan lupa untuk berfoto agar dapat diunggah ke social media.

Tak hanya itu, Anda dapat menikmati beberapa atraksi dan aktivitas yang ada di Candi Prambanan serta Candi Broko.

Mulai dari menikmati relief dan kisah Ramayana dan Krishnayana, berkunjug ke Museum Rumah Joglo, menikmati Sendra Tari Ramayana, dan bisa juga duduk santai sambil bercengkrama Bersama keluarga.

Fasilitas Candi Prambanan dan Ratu Boko

Wisata yang sudah popular tentu saja dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Seperti area parkir, toilet, restoran, hingga ada tour guide.

Meskipun wisata sejarah agama Hindu, di sini dilengkapi juga dengan masjid untuk agama Islam. Tak hanya itu, Anda bisa membeli souvenir yang dijual di kios-kios sekitar lokasi candi. Seperti gantungan kunci, gelang, kaos, kalung, hingga miniature lucu dari candi Prambanan.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.