Wisata Religi ke Makam Wali Lima, Para Penyebar Islam di Jawa Timur

Momen bulan puasa dimanfaatkan untuk mengumpulkan pahala sebesar-besarnya. Kaum Muslim berlomba-lomba mengisi Ramadhan dengan kegiatan yang positif.  Hal-hal negatif yang biasanya dilakukan sebelum bulan Ramadhan di berhentikan terlebih Dahulu. Tidak hanya diberhentikan sementara, kebiasaan buruk harus bisa dipatahkan dan dihindari untuk tidak dilakukan.

Kegiatan selama bulan Ramadhan mulai dari Sahur, Sholat Berjamaah, Ngabuburit, berbuka, hingga sholat Tarawih akan kamu rindukan ketika penghujung Ramadhan sudah usai. Berburu Takjil adalah kegiatan khas yang hanya bisa ditemui ketika Bulan Ramadhan tiba. Tidak hanya berburu Takjil, di bulan Ramadhan ini bisa kamu isi dengan berburu tempat wisata. Berwisata sekaligus beribadah. Berikut tempat wisata Religi yang bisa kamu kunjungi selama bulan Ramadhan berlangsung.

Makam Sunan Ampel di Surabaya, Jawa Timur

Pulau Jawa merupakan salah satu wilayah awal perkembangan Islam di Indonesia. Islam datang ke Indonesia tidak asal muasal hadir begitu saja. Ada Kesembilan Wali yang menyebarkan Islam di Pulau jawa. Salah satu dari kesembilan Wali itu adalah Sunan Ampel. Sunan Ampel lahir pada tahun 1401 di Champa dan dimakamkan di Surabaya.

Makam Sunan Ampel berada didalam kompleks makam tua di Belakang Masjid Ampel, melewati jalan di samping masjid dan melintasi tiga gapura paduraksa. Gapura yang menuju ke Makam Sunan Ampel bernama Gapura Madep, yang artinya menghadap kiblat. Setiap gapura memang memiliki nama dengan arti tertentu. Kompleks pemakaman Sunan Ampel ini juga menjadi tempat pemakamam para santri dan pengikutnya.

Makam Sunan Drajad di Lamongan, Jawa Timur

Sunan Drajad,salah satu wali yang menyebarkan Islam di Jawa Timur dengan membaur kepada Masyarakat, sehingga memiliki tingkat sosial yang tinggi terhadap masyarakat sekitar. Beliau wafat pada tahun 1522 M. Makamnya terletak di Drajat, Paciran, Lamongan, Jawa Timur.

Untuk menuju ke Makam ini akses jalan yang bisa kamu tempuh yaitu melewati Jalur Utama dari Lamongan,yaitu Jl.Sumberwudi. Buka selama 24 jam, makam ini bisa kamu kunjungi kapan saja. Selain Makam, museum-museum juga dibangun untuk menyimpan benda-benda peninggalan walisongo termasuk sunan Drajad.

Makam Sunan Giri, Gresik, Jawa Timur

Berlokasi di Desa Giri, Kebomas, Gresik, Jawa Timur. Cukup dekat dengan Lamongan.  Sunan Giri sendiri konon merupakan murid dari Sunan Ampel. Untuk menyebarkan agama, para sunan tidak pernah menghilangkan kebudayaan yang sudah ada di Jawa, justru mereka memanfaatkan Budaya setempat untuk sarana Dakwah sehingga Islam mudah diterima.

Makam Sunan Giri terbuat dari Fondasi bebatuan unik berwarna putih,serta tembok kayu dengan ukiran yang tampak begitu rumit namun indah. Saat kamu di Makam Sunan Giri, bawalah air putih dan makanan ringan serta siapkan fisik yang fit karena untuk mencapai Lokasi Makam, kamu harus terlebih dahulu menaiki anak tangga yang tak sedikit jumlahnya.

Makam Sunan Bonang di Tuban , Jawa Timur

Sunan Bonang merupakan putra dari Sunan Ampel dan ibunya adalah Dewi candra Wati atau dalam karangan Jawa kerap disebut Nyai Ageng Manila,sang putri Kerajaan.Makam sunan bonang telah memiliki fasilitas penunjang yang cukup baik bagi para peziarah. Lahan Parkir yang luas, kamar mandi dalam jumlah banyak, Tempat beribadah, kedai-kedai penjual cidera mata, ada semua di sini. Selain itu, rumah makan dan Penginapan dapat kamu temukan tidak jauh dari lokasi makam.

Makam Sunan Gresik di Gresik, Jawa Timur

Sunan Gresik memiliki nama asli Maulana Malik Ibrahim. Beliau mengajarkan cara-cara baru bercocok tanam dan merangkul rakyat tanpa pandang bulu dari kalangan manapun. Beliau wafat pada tahun 1419 dan dimakamkan di desa Gapurosukolilo , Gresik, Jawa Timur.

Kabarnya,hampir 800.000 peziarah datang ke tempat ini setiap tahunnya. Kompleks makam terawat dengan baik dan terlihat bersih. Banyak pohon kamboja dan pohon lain yang menjadikan kompleks pemakaman rindang.

Berziarah merupakan cara kita untuk kita agar selalu ingat kepada yang maha kuasa. Cepat atau lambat, panggilan yang maha kuasa pasti akan datang. Untuk itulah ada baiknya kita selalu berserah diri dengan melakukan hal-hal yang baik.

Baca juga:

3 Makam Tokoh Besar di Pulau Bintan Untuk Wisata Religi

***

Wisata Religi di Makam ke Lima Wali menarik untuk dikunjungi, bukan? Ingin pergi kesana tapi malas mengurusi sendiri tiket dan transportasinya? Tak perlu repot, segera hubungi  Jari Adventure. Paket Perjalanan di Jari Adventure yang lengkap dan bisa disesuaikan budget Anda. Jari Adventure merupakan Agen perjalanan Terpercaya yang sudah bertahun – tahun melayani kebutuhan perjalanan wisata ke berbagai destinasi. Perjalanan lebih praktis dan berkesan bersama Jari Adventure.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *