Bikin Hati Teduh, Wisata Religi Di Jawa Timur yang Tak Boleh Dilewatkan!

Salah satu provinsi yang memiliki destinasi wisata lengkap mulai dari wisata alam, wisata budaya hingga agama ada di wilayah provinsi Jawa Timur.

Salah satu wisata yang cukup menarik perhatiaan adalah wisata religi yang ada di Jawa Timur. Karena hal ini tak lepas dari keberadaan Wali Songo yang menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa yang terus menerus memberikan pengaruh dan magnet wisata religi.

Nah berikut ini beberapa wisata religi yang ada di Jawa Timur yang bisa dijadikan wisata anti mainstream.

 

1.   Sunan Ampel & Masjid Agung Al Akbar di Surabaya

Kawasan wisata religi Sunan Ampel menjadi alternatif untuk kamu yang memilih ingin berwisata religi. Nah waktu kamu sampai ke kawasan ini yang pertama kali terasa adalah khas Timur Tengah yang begitu kental.

Kawasan Ampel ini di dominasi oleh etnis keturunan Arab dan menjadi kawasan cagar budaya oleh Pemerintah Kota Surabaya.

Selain wisata religi, kamu juga bisa menikmati wisata kuliner dan belanja yang banyak ditawarkan oleh pedagang sekitar. Nah kalau ku suka sejarah, tempat ini juga menyediakan beberapa peninggalan sejarah yang bisa kamu kunjungi.

Peziarah yang mendatangi untuk berziarah di makam Sunan Ampel khususnya untuk berziarah di makam Sunan Ampel.

Raden Rahmat, Sunan Ampel ini merupakan satu dari sembilan wali yang menyebarkan Islam di Pulau Jawa atau biasa dikenal dengan Wali Songo. Sunan Ampel wafat pada tahun 1481 di Demak dan dimakamkan sebelah barat Masjid Ampel, Surabaya.

 

2.   Masjid Agung Al-Akbar di Surabaya

Bangunan Masjid Al-Akbar Surabaya atau biasa dikenal dengan sebutan masjid agung. Destinasi Masjid Agung ini merupakan salah satu tempat wisata ikonik di Surabaya.

Lokasi Masjid Agung ini terletak di Kebonsari dan dibangun diatas lahan seluas 11.2 hektare dengan kapasitas 36 ribu jamaah.

Masjid ini memiliki corak ukiran dan kaligrafi yang unik saat kamu memasuki masjid ini, kamu akan menemui 45 ukiran kaligrafi di kayu jati.

Selain itu kamu akan melihat kaligrafi sepanjang 180 meter dengan lebar 1 meter. Apalagi ada penggunaan kaca patri sehingga menunjang keindahan dari masjid ini. Masjid Agung Surabaya ini memiliki menara setinggi 99 meter dan 4 kubah kecil yang berbentuk Limasan.

 

3.   Sunan Bonang di Tuban

Salah satu tokoh dari Wali Songo yang dikenal sebagai penyebar agama islam di tanah jawa adalah Raden Maulana Makdum Ibrahim yang dimakamkan di Tuban.

Sampai sekarang banyak peziarah datang baik dari Tuban maupun luar kota hingga mancanegara untuk ziarah ke makam Wali Songo ini.

Di lokasi makam Sunan Bonang ini tidak jauh dari Alun-alun Tuban, tepatnya di belakang Masjid Agung Tuban dan sepanjang area kamu bisa membeli makanan dan minuman khas Tuban seperti Legen & Siwalan.

Nah kalau kamu ingin membeli oleh-oleh Batik Khas Tuban, kamu bisa membeli batik Gedog yang banyak ditawarkan sepanjang perjalanan.

baca juga:

Yuk, Wisata Alam ke Danau Toba dengan Budget ala Backpacker

 

4.   Sunan Drajat di Lamongan

Terletak di daerah Paciran, daerah pinggiran kota Lamongan. Sunan Drajat ini diperkirakan lahir pada 1470 dengan nama kecil Raden Qasim dan mendapat gelar menjadi Raden Syarifudin.

Sunan Drajat merupakan putra dari Sunan Ampel dan saudara dari Sunan Bonang.

Makam Sunan Drajat ini terletak di atas sebuah bukit yang dikelilingi oleh hutan dengan cukup rimbun dan pemandangan alam sekitar yang sangat indah.

 

5.   Sunan Giri di Gresik

Di atas perbukitan di Desa Giri, Kebomas, Gresik ada salah satu makam penyebar agama islam yaitu Sunan Giri.

Sunan Giri ini bisa dicapai dengan tiga akses masuk yaitu dari arah Masjid Sunan Giri dari undakan tengah melewati candi bentar dan patung naga berukuran besar serta masuk ke arah Makam Sunan Prapen.

Di sisi bagian luar makam Sunan Giri Gresik ada ornamen berbentuk lengkung simetris dan repetitif pada pondasi batuan putihnya serta gebyok kayu dengan ornamen ukiran yang cantik. Pada malam hari kamu akan melihat pemandangan yang indah karena terletak di perbukitan.

 

6.   Syaikh Maulana Malik Ibrahim di Gresik

Wisata religi lain yang ada di Gresik adalah makam Maulana Malik Ibrahim atau dikenal dengan nama Sunan Gresik. Konon, Sunan Gresik ini orang pertama kali yang menyebarkan agama islam di Jawa.

Dan dimakamkan di desa Gapurosukolilo Kota Gresik, kompleks makam ini pun tidak terlalu luas serta dikelilingi pedagang yang berjualan makanan khas Gresik.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.