Wisata Religi di Abu Dhabi: Masjid Sheikh Zayed Terindah di Muka Bumi

Wisata Religi di Abu Dhabi –  Pengalaman menakjubkan di Abu Dhabi akan semakin lengkap dengan menjelajahi pesona Masjid Akbar Sheikh Zayed.

Dilihat dari berbagai sudut pandang, daya tarik Masjid Akbar Sheikh Zayed tidak akan pernah pudar. Sepintas, masjid yang memiliki lebih dari 1000 tiang penyangga ini mirip seperti Taj Mahal, Agra di India.

Tak heran, pasalnya nuansa cat putih yang berkilau ditempa sinar matahari, ditambah lagi lokasinya yang tak jauh dari aliran sungai. Para pengunjung yang bertandang ke Masjid Akbar Sheikh Zayed, juga masih bisa mencoba wisata pesiar dengan kapal ferry kecil yang mengelilingi sekitar kawasan masjid.

Awal pembangunan Masjid Akbar Sheikh Zayed

Masjid terindah di negeri Uni Emirat Arab ini berada tepat di jantung kota Abu Dhabi. Kerap menjadi tempat peribadatan untuk sholat jumat, dan pertemuan agama. Pembangunan awal dipelopori oleh presiden Uni Emirat Arab yang pertama. Yaitu, HH Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan.

Bahkan, untuk menghormati sang penggagas, jenazah presiden pertama Abu Dhabi tersebut juga dimakamkan di dalam masjid.

Arsitektur Masjid Akbar Sheikh Zayed

Masa pembangunan dimulai pada tahun 1996. Menggarap sebuah lahan yang totalnya mencapai seluas 12 hektar, dibutuhkan waktu hampir lebih dari 10 tahun. Hingga tepatnya pada tahun 2007, pembangunan masjid resmi dirampungkan.

Masjid yang memiliki lantai dan dinding berhiaskan mozaik indah berupa sulur – sulur akar ini dapat menampung hingga lebih dari 40.000 jamaah. Bisa dibayangkan betapa megah dan akbarnya masjid ini. Bahkan hingga bisa menampung populasi penduduk se-kecamatan.

Tak heran jika lantas Masjid Akbar Sheikh Zayed dinobatkan sebagai salah satu nominasi masjid terbesar dan mengagumkan di muka bumi.

Jika dilihat lebih dalam, arsitektur Masjid Akbar Sheikh Zayed menggabungkan berbagai unsur budaya negara – negara yang ada di dunia.

Misalnya saja pada bentuk kubah yang bertumpuk – tumpuk serta ukiran pada menara menjulang di setiap penjuru mata angin. Bentuknya hampir mirip seperti Taj Mahal Agra yang ada di India.

Gaya arsitektur tersebut mengadaptasi gaya kerajaan Mughal di India. Sementara itu, ukiran dan bentuk kusen maupun pintu mengadopsi gaya teknik rancang bangun kerajaan Arab & Persia.

Di berbagai sudut, juga bisa dijumpai sejumlah ornamen – ornamen penghias yang diambil dari konsep kerajaan Maroko di Eropa.

Baik dinding maupun lantai semuanya dihiasi dengan ornamen berupa sulur – sulur tanaman di atas latar nuansa warna putih. Sehingga memberikan warna perpaduan yang kontras dan memanjakan indera penglihatan.

Baca juga:

Menengok Interior Masjid Sheikh Sayed

Di dalam Masjid Akbar Sheikh Zayed turut dilengkapi sejumlah fasilitas yang memberikan kenyamanan. Seperti AC, kolam air yang besar, toilet dan tempat wudhu serta ruang meeting atau aula untuk acara – acara tertentu.

Di malam hari, Masjid Akbar Sheikh Zayed diberi pencahayaan yang sangat indah dengan efek iluminasi warna putih yang soft, sehingga sangat fotogenik bagi wisatawan yang berburu foto – foto liburan wisata religi ke Abu Dhabi.

Masjid Akbar Sheikh Zayed berisi 82 kubah

Apabila jumlah tiang penyangga berisi 1.000 buah, maka total kubah yang terdapat di dalam Masjid Akbar Sheikh Zayed adalah 82 buah.

Masing – masing kubah ukurannya berbeda, sesuai dengan posisi penempatan. Sementara itu, untuk menara masjid utama berada di sudut persegi di sisi luar berjumlah 4 buah.

Karena ukurannya dan keindahan ornamen di dalam masjid, maka belum afdhol apabila berlibur ke Abu Dhabi tak menyempatkan diri untuk menengok keindahan Masjid Akbar Sheikh Zayed.

Berdiri di lahan seluas 12 hektar, luas bangunan masjid sendiri berukuran 290 x 420 (m2). Bagi pengunjung non muslim yang ingin menengok ke dalamnya juga diperbolehkan. Asalkan tetap mematuhi peraturan yang berlaku di dalam masjid. Yaitu selalu menjaga ketenangan dan ketertiban, serta menutup aurat untuk menjaga kesopanan. Bagi pengunjung pria, diwajibkan memakai baju sopan dan celana panjang. Sedangkan pengunjung wanita, memakai abaya dan berkerudung.

Tercatat sejumlah selebriti dunia yang pernah bertandang meskipun mereka non muslim. Seperti artis Rihanna dan Selena Gomez.

Gimana, kamu juga tertarik mengunjungi Masjid Akbar Sheikh Zayed?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *