Wisata Religi Bulan Ramadhan: Uniknya Bentuk Kubus Masjid Al-Irsyad di Bandung

Saat-saat Ramadhan seperti ini, sebagai seorang muslim yang baik hendaknya kita memperbanyak ibadah kita kepada Allah SWT. Biasanya orang muslim akan lebih khusyuk menjalankan ibadah di masjid. Terlebih lagi jika masjid yang nyaman, bersih, dan unik. Ini dia Masjid Al-Irsyad yang wajib Anda datangi walaupun hanya mampir atau sebagai tujuan berlibur.

Masjid Al-Irsyad berlokasi di Padalarang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Masjid yang diresmikan pada 27 Agustus 2010 silam memiliki keunikan berbentuk kubus layaknya Kakbah. Beberapa bulan setelah dibangun, masjid ini menyabet penghargaan bergengsi tingkat dunia. National Frame Building Association memilih Masjid Al-Irsyad sebagai tempat beribatan yang masuk 5 besar Building of The Year 2010.

Ventilasi Dua Kalimat Syahadat

bandung.co

Tidak seperti masjid kebanyakan yang berkubah, masjid ini tidak menggunakan kubah, melainkan berbentuk kubus layaknya Kakbah. Pada dindingnya terdapat lubang-lubang ventilasi. Selain sebagai ventilasi, lubang-lubang ini memiliki fungsi lain yang akan membentuk lafadz dua kalimat syahadat saat Anda melihatnya dari luar.
Saat siang hari mungkin hanya lubang-lubang bertuliskan dua kalimat syahadat yang Anda lihat. Tetapi cobalah datang pada malam hari, saat lampu-lampu masjid dinyalakan maka cahayanya akan mengisi lubang-lubang dua kalimat syahadat tadi. Subhanallah, jika Anda melihatnya dari luar akan terlihat seperti masjid yang sedang memancarkan dua kalimat syahadat.

Mimbar Tanpa Dinding

Bentuk mimbar masjid biasanya tertutup di bagian depannya. Tetapi tidak dengan Masjid Al-Irsyad, pada bagian depan mimbar dibiarkan terbuka. Dari mimbar ini Anda bisa melihat bukit hijau nan indah yang menggambarkan kesempurnaan Sang Pencipta. Selain itu bentuk depan mimbar yang terbuka ini menggambarkan bahwa setiap makhluk yang shalat akan langsung menghadap dengan Allah SWT.

Desain Interior

Masjid Al-Irsyad hanya memiliki tiga warna, yaitu putih, hitam, dan abu-abu. Warna-warna ini menjadikan masjid unik ini lebih elegan, simpel, cantik, dan enak dipandang mata. Masjid ini memiliki 99 buah lampu yang mmenyimbolkan nama Allah atau asmaul husna. Lampu kotak ini memiliki tulisan asmaul husna di tiap lampunya.
Dengan luas 1.871 meter persegi, ruang shalatnya bisa menampung hingga 1.500 orang jemaah. Ruangan yang tanpa pilar membuat Masjid Al-Irsyad terlihat lebih luas. Walaupun tanpa pendingin ruangan seperti AC ataupun kipas angin, masjid ini masih terasa dingin. Celah-celah angin di keempat sisi dindingnya menjadikan sirkulasi udara di ruangan masjid begitu baik.

Lanskap dan ruangan terbuka berbentuk melingkar mengelilingi bangunan masjid, ini terisnpirasi dari kosep tawaf yang mengelilingi Kakbah. Masyaallah, begitu unik, megah, dan kokohnya masjid yang didesain oleh Ridwan Kamil ini.

Tujuan Wisata

Karena keunikannya yang mendunia, Masjid Al-Irsyad ini menjadi banyak dijadikan tujuan berwisata. Tak jarang wisatawan yang datang dari luar Bandung hanya ingin mengunjungi masjid kubus ini. Tak hanya dari tanah air, bahkan ribuan orang dari berbagai negara seperti Singapura, Malaysia, Timur Tengah, Belanda, Australia, dan beberapa negara Eropa lainnya.

Konsep arsitektur kelas dunianya tak hanya bisa membuat wisatawan tertarik mengunjunginya. Bahkan para mahasiswa arsitektur di seluruh dunia menjadikannya sebagai tujuan studi.

Bersih dan Nyaman

Kebersihan dan kenyamanan di Masjid Al-Irsyad sangat diperhatikan. Dilarang untuk menggunakan alas kaki saat Anda memasuki masjid. Karena masjid adalah tempat ibadah, maka dilarang keras untuk berdua-duaan di sekitar masjid bagi yang bukan muhrim-nya. Selain itu juga tidak boleh berfoto berduaan di dalamnya, sekalipun itu foto untuk prewedding.

PengunjungMsjid Al-Iryad memanglah banyak, namun kebersihan masjid ini tidak perlu diragukan lagi. Masjid kubus ini selalu dijaga kebersihannya selama 24 jam penuh. Jadi tidak perlu khawatir terkena najis saat sedang sholat di sana. Setiap bulannya pengurus DKM menghabiskan biaya operasional sebesar 19 juta rupiah hingga 20 juta rupiah hanya untuk kebersihan.

Baca juga:

Wisata Religi ke Masjid Jami Sungai Banar di Kalimantan Selatan

 

***

Berminat untuk berwisata religi sekaligus beribadah di masjid unik Al-Irsyad ini? Dengan suasananya yang bersih, sejuk, asri, dan nyaman, ibadah Anda insyaallah akan terasa lebih khusyuk dan nikmat. Jangan berpikir lama-lama kalau ingin ke sini, selagi bulan Ramadhannya segera persiapkan perjalanan wisata religi Anda.

Tak perlu repot, serahkan saja urusan perjalanan wisata Anda pada Jari Adventure. Mitra sejati perjalanan wisata Anda. Melayani family tour, gathering, outbond, exhibiton, study tour dan keperluan wisata lainnya. Selamat berwisata religi..

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *