Wow, Ada Mekkah Mini! Yuk, Singgahi Destinasi Wisata Religi ala Padang

Bila bicara soal Sumatera Barat, salah satu kota yang pasti menjadi tempat persinggahan wisatawan ialah ibu kota Padang.

Di Padang, ada banyak sekali spot yang menarik untuk Anda kunjungi. Tak hanya soal destinasi wisata, melainkan budaya, tradisi, ideologi masyaratak Minang, hingga nuansa religi suku mayoritas.

Nuansa religi di Padang memang cukup kental, apalagi suku mayoritas nya yang beragama Islam. Anda tidak boleh melewatkan destinasi wisata religi ala Padang saat berkunjung.

Bukan hanya bernilai religious, melainkan Anda dapat sekaligus belajar dan memahami khasanah agama yang berkembang di tempat ini.

Apa saja destinasi wisata religi ala Padang? Simak berikut ini.

 

  1. Masjid Raya Sumatera Barat

kumparan

Destinasi wisata religi paling popular pertama ialah Masjid Raya Sumatera Barat. Masjid ini memiliki luas mencapai 4.430 meter dengan arsitektur yang memukau.

Tidak heran bila masjid ini menjadi salah satu ikon menarik di Sumatera Barat sekaligus menjadi kebanggaan masyarakatnya.

Ciri khasnya terletak pada kubah di bagian atas yang berbeda dengan masjid pada umumnya. Kubah ini berbentuk khas seperti atap rumah adat Minangkabau atau Gadang. Sudutnya lancip serta lengkap dengan ukiran menawan kaligrafi nya.

Yang menjadi latar belakang terciptanya arsitektur menawan ini ialah Rizal Muslimin. Masjid yang megah serta mihrab masjid yang menyerupai Hajar Aswad dengan ukiran Asma’ul Husna yang indah sangat mengagumkan mata.

Desain yang indah ini semakin lengkap dengan ketahanan bangunannya yang mampu menahan gempa hingga 10 magnitudo.

Di dalamnya terdapat 3 lantai. Pada lantai pertama Anda bisa pergi ke tempat wudhu. Lantai kedua adalah lantai cadangan bila tempat utama sholat sudah penuh. Sedangkan lantai teratas adalah lantai alternatif untuk jamaah.

 

  1. Masjid Muhammadan

Tribun Padang

 

Masjid yang satu ini berada di Pasa Gadang. Menyandang gelar sebagai salah satu masjid tertua, Masjid Muhammadan ternyata masuk dalam daftar budaya karena keunikan serta sejarahnya.

Masjid Muhammadan dulunya didirikan oleh masyarakat keturunan India di tahun 1843. Pada masa itu, masjid ini dibangun dengan gula, pasir, putih telur serta kapur.

Semakin berkembangnya teknologi, masjid kini telah direnovasi dengan bahan semen dan tahan gempa.

Arsitektur masjid di desain dengan sangat menawan. Ada banyak aktivitas budaya dan keagamaan yang digelar di masjid yang satu ini. Beberapa tradisi seperti upacara Arak Cendana, Kamis Tabligh serta Serak Gulo biasa digelar di sini.

Masjid Muhammadan dinilai cukup tinggi terutama masyarakat berketurunan India-Padang.

 

  1. Masjid Raya Gantiang

duniamasjid

Masjid Raya Gantiang adalah saksi bisu dari penyebaran agama Islam di Minangkabau. Wajar saja bila masjid yang ada di Kota Tua Padang ini mendapatkan gelar sebagai masjid tertua di Sumatera Barat.

Masjid ini dibangun pada tahun 1805 dengan mengangkat paduan gaya arsitektur neoklasik dengan budaya arsitektur Belanda, Minangkabau, Timur Tengah, dan Tiongkok.

Setelah 200 tahun berjalan, masjid ini masih bisa berfungsi dengan cukup baik. Bahkan bentuk aslinya masih dipertahankan. Bila Anda masuk ke dalamnya, lantai masjid masih menggunakan ubin tegel kuni lengkap dengan 25 tiang penyangga. 25 penyangga melambangkan 25 nabi pada agama Islam.

 

  1. Masjid Raya Ikur Koto

Pinterest

Masjid yang berada di Kota Padang ini tergolong sebagai masjid yang cukup tua. Masjid ini berdiri di atas tanah wakaf Suku Koto yang luasnya kurang lebih 30×30 meter. Anda bisa berkunjung ke Jalan Tabing Lubuk Minturun, Kelurahan Koto Panjang Ikur Koto untuk melihat masjid yang satu ini.

Masjid ini juga sering disebut surau batu karena didominasi bebatuan kali yang bisa Anda lihat pada pondasi dan dinding.

Dulunya, terdapat bangunan seperti Menara dan kolam di bagian depan masjid. Namun keduanya sudah tidak ada lagi.

Masjid ini menjadi saksi bisu perjuangan masyarakat Minang melawan Kolonial. Kini, masjid ini tetap berfungsi sebagai tempat beribadah.

 

Baca Juga:

Atraksi Wisata Religi Masjid Sultan Lingga, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau

 

  1. Mekkah Mini Padang – Masjid Nur Zikrullah

wisatabukittinggi

 

Bila Anda berkunjung ke Kawasan Agrowisata Lubuk Minturun, maka Anda wajib singgah ke Masjid Nur Zikrullah. Masjid ini masih dalam Kawasan agrowisata tersebut. Bangunan ini cukup unik bahkan dikenal dengan sebutan Minatur Mekah.

Masjid ini cocok untuk Anda yang sedang travelling religi di Kota Padang. Pada pintu gerbang terdapat tugu Alquran raksasa yang mirip dengan tugu di kota Mekah, hanya saja lebih kecil.

Untuk berkunjung ke miniatur Ka’bah, Anda dapat masuk ke dalam bagunan dan belok ke samping kiri Masjid Nur Zikrullah. Di sana terdapat miniature Ka’bah dan juga jembatan kecil yang melambangkan lempar jumroh.

 

Kota dengan nuansa penuh religi bisa menjadi pilihan Anda untuk memperdalam ilmu agama. Untuk itu, jangan lupa berkunjung, ya!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.