Wisata Museum Murah Meriah, Ya di Museum Fatahillah Jakarta!

Museum FatahillahJakarta memang gudangnya wisata yang menarik. Tak hanya pusat perbelanjaan, wahana permainan yang canggih dan modern serta kuliner yang lezat dan khas, ternyata Ibu Kota juga menawarkan wisata museum yang cukup beragam. Salah satu meseum yang patut dikunjungi adalah Museum Fatahillah yang berada di Jalan Taman Fatahillah No. 2, Jakarta Barat. Penasaran kira-kira apa sajakah yang dimiliki oleh museum yang menempati bangunan tua yang berdiri di atas lahan seluas 13.000 meter persegi ini hingga layak menjadi jujukan wisata museum Anda kali ini? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Lokasi Museum Fatahillah

Berada di kawasan Kota Tua Jakarta, gedung Museum Fatahillah awalnya bernama Stadhuis (Stadhuisplein) atau Balai Kota yang didirikan oleh Pemerintah Belanda sekitar 1707-1710 atas perintah Gubernur Jendral Johan van Hoorn.

Bangunan ini mirip sekali dengan Istana Dam di Amsterdam. Terdiri dari bangunan utama dengan dua sayap di bagian timur dan barat serta bangunan sanding. Digunakan sebagai kantor, ruang pengadilan, dan ruang-ruang bawah tanah yang berfungsi sebagai penjara. Gedung ini diresmikan sebagai Museum Fatahillah pada 30 Maret 1974. Museum Fatahillah memiliki nama resmi Museum Sejarah Jakarta.

Gaya arsitektur

 Museum Fatahillah memiliki arsitektur bergaya neoklasik yang berasal dari abad ke-17. Bangunan ini terdiri dari tiga lantai dengan cat kuning tanah, sedangkan kusen dan jendela dari kayu jati berwarna hijau tua. Bagian atap utama memiliki petunjuk arah mata angin. Bangunan ini juga dilengkapi dengan pekarangan dengan susunan konblok dan sebuah kolam yang dinaungi beberapa pohon tua. 

Atraksi wisata

Bila Anda berwisata museum ke Fatahillah, Anda akan disuguhi berbagai koleksi yang menunjukkan perjalanan sejarah kota Jakarta. Anda juga akan menemukan replika peninggalan masa Tarumanegara dan Pajajaran, hasil penggalian arkeologi di Jakarta, dan mebel antik mulai dari abad ke-17 hingga 19, yang merupakan perpaduan dari gaya Eropa, Cina dan Indonesia.

Baca juga: Museum Wayang, Obyek Wisata Unik di Kawasan Kota Tua Jakarta

Terdapat juga koleksi yang berupa keramik, gerabah, dan batu prasasti. Koleksi-koleksi ini tersebar di berbagai ruang, antara lain Ruang Prasejarah Jakarta, Ruang Fatahillah, Ruang Tarumanegara, Ruang Jayakarta, Ruang Batavia dan Ruang Sultan Agung.

Koleksi menarik

Anda juga bisa melihat berbagai koleksi yang menunjukkan kebudayaan Betawi, numismatik, dan becak. Kini, Anda juga dapat menemukan patung Dewa Hermes di dalam museum yang tadinya berada di perempatan Harmoni. Menurut mitologi Yunani, dewa Hermes merupakan dewa keberuntungan dan perlindungan bagi kaum pedagang. Selain itu, terdapat juga  meriam Si Jagur yang dipercaya menyimpan kekuatan magis. Tak kalah menarik, Museum Fatahillah mempunyai  bekas penjara bawah tanah yang dulu sempat digunakan pada zaman penjajahan Belanda.

Menariknya, Museum Fatahillah juga menawarkan berbagai aktifitas yang dapat diikuti oleh pengunjung dengan jumlah peserta tertentu, seperti Wisata Kampung Tua (min. 20 Orang), Jelajah Malam Museum (min. 20 Orang), Workshop Sketsa Gedung Tua (min. 10 Orang), Nonton Bareng film-film Jadul (min. 20 Orang), Pentas Seni Ala Jakarta dan Kunjungan ala tentara Indonesia.

Fasilitas Museum Fatahillah

Museum Fatahillah juga menyediakan fasilitas bagi pengunjung yang lumayan lengkap. Pengunjung dapat berkunjung ke perpustakaan yang memiliki koleksi buku lebih dari 1000 buah yang sebagian besar merupakan peninggalan masa kolonial dan terdiri dari berbagai bahasa seperti Belanda, Melayu, Inggris, Arab dan lainnya.

Koleksi tertua yang dimiliki perpustakaan Museum Fatahillah adalah sebuah Alkitab/Bibble yang berasal dari tahun 1702. Bila ingin menonton film-film dokumenter zaman Batavia dan film populer dalam dan luar negeri, pengunjung bisa datang ke Sinema Fatahillah. Museum juga menyediakan fasilitas lain yang berupa Taman Dalam yang asri dengan luas lebih dari 1000 meter persegi yang bisa juga dimanfaatkan untuk gathering, resepsi pernikahan serta pentas seni. Ada juga fasilitas yang berupa ruang pertemuan dan pameran, musholla, kantin dan juga toko souvenir.    

Jam Operasional Museum Fatahillah  

Museum Fatahillah Jakarta buka dari Selasa hingga Minggu mulai pukul 09.00 sampai 15.00 WIB. Tarif masuknya pun cukup murah yaitu Rp. 5.000 untuk dewasa, Rp 3.000 untuk mahasiswa dan Rp 2.000 untuk anak-anak. Cukup terjangkau bukan?

Jadi, tunggu apalagi, ayo berwisata museum ke Museum Fatahillah Jakarta. (jari adventure-det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *