Wisata Murah Meriah ke Pantai Karang Bolong, Banten

Ada banyak tujuan wisata alam di propinsi Banten, salah satunya adalah beberapa pantai yang indah dan banyak dikunjungi, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Sebut saja kawasan wisata Pantai Anyer, yang tepatnya berada di Kabupaten Serang. Namun tahukah Anda, ada pantai yang yang cukup unik di kawasan tersebut, dan dikenal dengan nama Pantai Karang Bolong.

Pantai Karang Bolong awalnya bernama Pantai Karang Saruga. Konon namanya diambil dari seorang pertapa sakti bernama Suryadilaga, yang hingga kini kisahnya masih melegenda di antara masyarakat yang bermukim di sekitar Karang Bolong. Seiring berjalannya waktu, nama Pantai Saruga berubah menjadi Karang Bolong, karena memiliki tebing karang yang besar dan berlubang.

Ada banyak versi yang menyebutkan penyebab berlubangnya karang yang besar dan kokoh tersebut. Para ahli geologi berpendapat lubang ini berasal dari kikisan air laut yang terjadi dalam waktu yang lama. Tapi ada juga yang mengatakan bahwa lubang tersebut terbentuk akibat letusan Gunung Krakatau pada tahun 1883. Hingga kini, hal tersebut masih menjadi misteri dan diperdebatkan banyak pihak.

Di luar misteri yang menyelubunginya, Pantai Karang Bolong menyajikan pemandangan alam yang memukau. Karangnya yang kokoh menahan deburan ombak, menyisakan pesona bagi siapa saja yang memandangnya. Selain dapat melihat hamparan pantai berkarang dari atas bukit, yang memberikan sensasi berbeda daripada pantai-pantai lainnya, ada beberapa aktifitas yang bisa dilakukan di sini.

Kondisi pantai yang berkarang memang membuat para pengunjung tidak leluasa untuk berenang, namun jika Anda bergeser sedikit ke kanan kurang lebih 300 meter hingga satu kilometer, ada pantai berpasir yang dapat dimanfaatkan untuk bermain air. Perhatikan juga batas aman saat berenang dan tidak terlalu menjauh dari bibir pantai.

Berpiknik sambil menikmati semilir angin dan suara ombak merupakan kegiatan yang banyak dilakukan para pengunjung yang datang ke sini. Ada juga beberapa batu besar yang dapat dimanfaatkan untuk duduk-duduk dan mengambil foto.

 

Baca Juga : Travel Wisata Anyer – Destinasi Pantai Terkenal

 

Buat yang ingin menyusuri pantai sambil menikmati keindahan alamnya, Anda bisa melihat berbagai karang saat laut mulai surut. Tidak hanya itu, ada juga jalur trekking menuju puncak karang, dengan anak tangga yang sedikit sempit dan berkelok. Siapkan kondisi fisik untuk menaikinya dan bawa perbekalan berupa air minum, karena hanya terdapat satu perhentian yang menjual minuman. Walau membutuhkan sedikit perjuangan, pemandangan indah yang didapatkan membuat rasa lelah hilang seketika.

Puas berjalan-jalan dan bermain air, perut jadi keroncongan. Soal kuliner, Anda tidak perlu khawatir karena ada beragam kuliner khas Banten, terutama hidangan laut, yang bisa dijumpai di sejumlah rumah makan atau warung di sepanjang pantai. Bisa juga membawa bekal makanan sendiri, namun ingatkan diri sendiri untuk tidak membuang sampah di sekitar pantai.

Untuk menuju ke Pantai Karang Bolong, dari Jakarta cukup memakan waktu selama kurang lebih 2 jam perjalanan. Terdapat beberapa pilihan rute yang bisa diambil, mulai dari pintu tol Serang Barat, Cilegon Timur, maupun Cilegon Barat. Namun jalur yang paling mudah ditemukan adalah mengambil rute tol Jakarta-Merak dan keluar pada gerbang tol Cilegon Barat, selanjutnya cukup mengikuti petunjuk jalan menuju ke Anyer. Nantinya sebelum sampai di Carita, Anda akan menemukan Pantai Karang Bolong, yang berada di sisi kanan jalan.

Harga tiket untuk masuk ke Pantai Karang Bolong ini cukup murah, namun tidak termasuk biaya parkir. Karena termasuk lokasi yang cukup ramai dikunjungi wisatawan, tidak sedikit masyarakat sekitar memanfaatkan momen tersebut untuk mengeruk keuntungan, misalnya dengan menyewakan tikar atau menjual kantung sampah. Oleh karena itu, Anda wajib hati-hati untuk selalu menanyakan biaya yang dikenakan, agar tidak menghabiskan bujet liburan terlalu besar.

Agar dapat menikmati waktu luang di Pantai Karang Bolong, hindari musim hujan yang akan merusak rencana liburan Anda. Begitu juga saat liburan panjang atau hari raya keagamaan, karena dapat dipastikan pantai akan padat pengunjung dan kondisi pantai jadi kurang nyaman, akibat tumpukan sampah yang dibuang sembarangan.

Butuh tujuan wisata yang unik dan menyegarkan pikiran? Yuk kunjungi Pantai Karang Bolong yang berada di Jalan Raya Karang Bolong Km 35 Anyer Lor Serang, Banten ini. (Jari Adventure-det-image : asaticbanten.files.wordpress.com)

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *