Ragam Wisata dan Kuliner Khas Kediri, Dijamin Nagih!!

Main kediri nggak lengkap kalau nggak coba makanan khas Kediri apalagi nggak berkunjung ke wisata-wisata ikonik kediri ini. Kediri dikenal dengan kota Tahu namun bukan berarti semua makanan khas kediri berbahan dari tahu lho.

Nah sebelum ngobrolin soal perut, yuk kita simak dulu alternatif destinasi wisata khas kediri yang merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang mempunyai budaya yang kuat & khas.

 

1.   Air Terjun Dolo

tempatwisataindonesia.id

Memiliki beragam tema wisata yang disajikan oleh air terjun dolo ini dengan tetap berfokus pada keasrian dan keindahan alam.

Air Terjun Dolo ini berada pada ketinggian 1800 Mdpl sehingga menjadikan air terjun yang memiliki tinggi hampir 25 meter.

Cocok untuk kamu yang ingin melepas kepenatan dari aktivitas padat pekerjaan dan hiruk pikuk perkotaan dengan merasakan sensasi air terjun yang jatuh dari ketinggian.

 

2.   Arung Jeram Konto

tips-indonesia.com

Bagi wisatawan yang suka tantangan dan memacu adrenalin, kini saatnya mencoba olahraga arung jeram dengan sensasi yang mendebarkan dan melewati track rafting yang panjang sekitar 13 km.

Kalau kamu penasaran, kamu bisa berkunjung ke desa Kediri Siman yang berada di kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri.

 

3.   Kediri Water Park

hargatiket.net

Kamu ingin bermain air dan lebih lagi ingin merasakan dinginnya lereng kaki gunung wilis, gampang banget kok. Kamu tinggal ke Kediri Waterpark saja.

Obyek wisata kediri menawarkan berbagai macam wahana mainan air yang terpanjang se-Asia. Kamu bisa menikmati sensasi terjun dari water slide yang disajikan oleh Kediri Water Park.

Dijamin kamu tidak akan melupakan pengalaman seru seumur hidup.

Water slide ini dibangun dengan ketinggian 350 meter dan panjang 206 meter, dijamin membuat adrenalin semakin menantang. Ajak sekalian sahabat dan keluarga untuk merasakan memacu adrenalin dengan bermain di wahana air terbesar se Jawa Timur.

 

4.   Candi Setono Gedong

Brisik.id

Pada jaman kerajaan Singosari, Candi Setono Gedong ini merupakan tempat pemujaan Dewa Wisnu. Jadi jangan heran kalau candi ini sudah ada sejak masa itu. Dan yang tak kalah menarik dengan adanya relief dan artefak bergambar burung Garuda. Candi Setono Gedong bisa jadi pilihan utama ketika kamu ingin mempelajari jejak peninggalan budaya Kediri.

 

5.   Sumber Ubalan

jejakpiknik.com

Untuk kamu yang suka berwisata dengan pemandangan lingkungan hidup, destinasi wisata ini tak boleh kamu lewatkan.

Ya, Sumber Ubalan terletak di dusun Sagi, desa Jarak, kecamatan plosoklaten. Sumber Ubalan ini menghadirkan konsep hutan lindung dan menjadi tempat favorit untuk pengunjung yang ingin menikmati segarnya alam.

Selain itu pihak pengelola juga menyediakan arena dan wahana tambahan yang cocok dinikmati bareng keluarga dan teman.

Diantaranya kolam pancing, kolam renang, sepeda air dan masih banyak lainnya yang dapat kamu temui di Sumber Ubalan ini.

 

baca juga:

Liburan Sukacita di Pacitan, Jumpa Batu Sphinx yang Viral di Medsos

 

Ngomongin tempat wisata kediri dan lengkap kalau tanpa membahas urusan perut khas kediri yang nggak bisa ditolak ini :

 

1.   Soto Ayam Bok Ijo Kediri

Silviana Noerita

Makanan ini salah satu kuliner populer yang ada di kota Kediri, Jawa Timur. Karena pemilik kedai tidak pernah mengganti resepnya sehingga nikmat sejak dulu.

Soto Ayam Bok Ijo Kediri menawarkan kuah yang khas dengan rasa yang gurih dan lezat. Selain itu kamu bisa memesan satu porsi soto ditambah dengan ayam bakar untuk menambahkan kenikmatan yang lebih lezat.

 

2.   Depot Sate Tenang Pak Slamet

teamtouring

Satu lagi kuliner yang bisa kamu coba yaitu Sate tenang pak Slamet yang sudah terkenal dan legendaris karena sudah berdiri sejak puluhan tahun silam.

Dengan resep yang tetap konsisten, membuat banyak orang rela mengantri untuk mencicipi sate ini.

akulily.com

Saat kamu mengunjungi depot ini, kamu harus mencoba gulai dan sate kambing yang menggunakan bumbu khas Pare karena merupakan menu andalan mereka.

 

3.   Nasi Pecel Tumpang

amazingindonesia

Kuliner masyarakat Kediri dan sekitarnya maka tak heran kalau hampir sudut kota selalu menemukan nasi pecel tumpang. Di dalam menu nasi tumpang ini, kamu akan mendapatkan nasi yang dicampur dengan kuah pecel, rempeyek, jeroan, tempe dan telur ayam. Harga yang murah menjadikan dasar wisatawan untuk memburu makanan ini.

 

4.   Sate Emprit Mbah Darmo

Burung pipit atau emprit, sesuai dengan namanya tempat ini menyajikan sate yang tidak sama seperti sate pada umumnya.

Sajian sate ini terbuat dari daging burung pipit sehingga dagingnya cukup kecil namun dengan tekstur lembut.

Selain itu depot ini juga menjual berbagai macam jenis daging yang tak kalah unik seperti sate biawak dan sate kalkun yang menjadi menu favorit. Dengan harga yang terjangkau kamu bisa menikmati sate-sate unik ini.

 

5.   Nasi Goreng Arang

Travelingyuk.com

Nasi goreng ini tidak digoreng menggunakan kompor melainkan dengan arang sehingga memiliki aroma yang khas dan rasa yang nikmat dengan berbagai macam rempah yang dihasilkan oleh nasi goreng arang ini. Jadi pastikan kamu mencicipi nasi goreng arang saat di Kediri.

 

Yuk, jangan lupa wisata kuliner khas daerah ketika kamu singgah di Kediri, ya.. See you.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.