Wisata ke Taman Safari Indonesia di Cisarua, Liburan Seru Melihat Aneka Satwa Serta Menikmati Beragam Wahana

Wisata ke Taman Safari Indonesia bisa menjadi alternatif liburan yang menarik bagi Anda dan  keluarga. Anda bisa menyaksikan ribuan satwa yang dibiarkan bebas berkeliaran seperti di habitat aslinya.

Karena sebagian besar satwa-satwa ini tidak dikandang maka Anda bisa mengamatinya lebih dekat dan jelas. Kegiatan berkeliling ini bisa Anda lakukan dengan menggunakan mobil pribadi ataupun bus yang sudah disediakan.

Tak perlu risau akan tersesat sebab rute untuk mengamati satwa lokal maupun satwa langka mancanegara ini sudah ditentukan.

Wisata ke Taman Safari Indonesia akan semakin seru dengan menyaksikan berbagai pertunjukan atraksi binatang serta menjajal aneka wahana permaianan yang ada.

Tak hanya itu, Anda juga bisa merasakan sejuknya hawa pegunungan dan menikmati keindahan alam sekitar. Ingin tahu lebih jauh tentang Wisata ke Taman Safari Indonesia terutama yang ada di Cisarua? Yuks, ikuti uraian berikut ini agar wisata Anda dan keluarga lebih seru.   

Sebetulnya ada total tiga lokasi Wisata ke Taman Safari Indonesia , yaitu di Cisarua, Bogor, Jawa Barat, di Tretes, Jawa Timur, dan di Bali.

Wisata ke Taman Safari Indonesia yang ada di Cisarua inilah yang pertama kali di bangun.  Bagi Anda yang tinggal di Jakarta, berkunjung ke Taman Safari di Cisarua merupakan pilihan terbaik karena letaknya yang tak terlalu jauh, sekitar 80 km dari Jakarta dan bisa ditempuh dalam waktu 1-2 jam jika tidak terjebak macet. Terlebih lagi, daerah Puncak telah menjadi tujuan wisata favorit bagi warga Jakarta untuk melepas penat.

Tak terlalu sulit mencapai tempat wisata Taman Safari di Cisarua ini karena banyaknya petunjuk di sepanjang jalan menuju lokasi. Di jalanan menanjak menuju pintu gerbang tempat wisata ini, Anda bisa menemukan deretan penginapan yang bisa Anda pilih jika ingin bermalam di sana.

Di sepanjang jalan ini pula Anda bisa membeli aneka sayuran seperti wortel ataupun pisang untuk memberi makan satwa dengan harga yang relatif murah. Saat terserang lapar, Anda juga bisa mencari jagung bakar yang banyak dijual di sana sebagai pengganjal rasa lapar.

Memilih Wisata ke Taman Safari Indonesia yang satu ini, Anda akan disambut oleh sebuah gerbang yang menyerupai gading gajah sebelum akhirnya tiba di loket masuk.

Harga Tiket Masuk (HTM) Taman Safari di Cisarua dibedakan sesuai usia yaitu anak 1-5 tahun sebesar IDR 140.000 untuk domestik dan IDR 250.000 untuk wisatawan asing.

Sedangkan untuk usia 6 tahun keatas sebesar IDR 150.000 untuk wisatawan lokal dan IDR 300.000 untuk wisatawan asing. Untuk HTM mobil sebesar IDR 15.000, bus IDR 20.000 dan motor IDR 5000.

Setelah membayar biaya masuk Anda akan mendapatkan peta yang berisi lokasi dan tempat-tempat yang ada di tempat wisata ini, jadwal pertunjukan atraksi dan juga rute yang akan Anda tempuh beserta urutan hewan apa saja yang akan Anda lihat. Petualanganpun siap dimulai…

Memasuki area binatang, Anda akan melewati jalan dengan rumput dan pepohonan di sisi kiri maupun kanan.

Zebra merupakan hewan pertama yang akan Anda temui. Kuda bergaris putih hitam ini akan senang sekali menjulurkan kepalanya ke jendela mobil Anda dan meminta makanan.

Untuk kategori hewan jinak, Anda tak perlu ragu membuka kaca jendela kendaraan dan memberi mereka makanan. Beberapa dari mereka bahkan ada yang dengan sengaja menghalangi jalan.

Tapi, Anda tak perlu khawatir sebab para pawang akan dengan sigap meminggirkan hewan-hewan ini hingga Anda bisa melanjutkan perjalanan kembali.  

Untuk satwa buas, seperti hariamau, beruang, macan tutul dan singa ada gerbang otomatis yang akan membuka saat kendaraan Anda hendak melintas.

Singa dan hariamau suka sekali berada di atas puing-piung bangunan yang dibuat khusus di tempat mereka, sambil mengamati sekitar. Lain halnya dengan beruang, binatang berbulu lebat ini paling suka tidur-tiduran atau bermain bersama kawanannya.

Setelah puas mengamati aneka satwa yang berkeliaran seperti di habitat aslinya, Anda akan masuk arena permainan dan pertunjukan yang ada di kawasan Wisata Taman Safari Indonesia ini.

Beberapa mainan bermesin yang bisa dicoba antara lain Jet Coaster, Spinning Boat, Mini Kora-Kora dan lain sebagainya. Namun, Anda harus membayar sekian ribu rupiah lagi untuk setiap wahana permaianan yang Anda coba.  

Anda juga bisa menikmati  wahana air yang disebut dengan Safari Water Park. Di sini, Anda akan merasakan sensasi berenang bersama buaya.

Tak perlu takut sebab ada pemisah antara kolam renang dengan buayanya. Anda juga bisa menguji nyali dengan menaiki seluncuran yang menantang serta menikmati dinginnya air pegunungan di wahana air ini.

Beragam atraksi hewan juga bisa Anda saksikan di tempat Wisata Taman Safari Indonesia di Cisarua dan semuanya free alias gratis.

Anda bisa memilih melihat atraksi gajah, harimau, aneka satwa, lumba-lumba dan singa laut, burung, sirkus dan koboi.

Pertunjukan satwa ini digelar 2-3 kali perharinya. Semua atraksi hewan yang ditampilkan mengusung tema cerita yang mendidik, seperti  pentingnya manusia tak merusak  alam agar tidak menganggu kelangsungan kehidupan binatang yang pada akhirnya merugikan manusia sendiri.

 

Baca Juga : Paket Wisata Taman Safari

 

Setelah pertunjukan hewan, terutama hariamau putih, Anda jangan keburu pergi karena Anda bisa berfoto bersama hewan yang berukuran cukup besar ini dengan membayar IDR 10.000 jika foto seorang diri  atau IDR 25.000 untuk kelompok. 

 Kawasan baby zoo yang ada di Wisata Taman Safari Indonesia ini sebaiknya tak Anda lewatkan. Di area ini, buah hati Anda bisa menaiki kuda poni serta melihat anak-anak hewan dan berfoto bersama mereka.

Anda juga bisa menemukan koleksi unggas yang terdiri dari berbagai jenis dalam Bird Aviary. Lebih dari 1000 burung dari 90 species burung yang bisa Anda nikmati di kawasan baby zoo ini. Tak hanya itu, Anda juga bisa melihat kanguru di tempat ini.

Tak kalah menarik dari baby zoo adalah melihat penguin. Kolam penguin yang dimiliki Taman Safari Indonesia di Cisarua ini termasuk salah satu yang menjadi favorit pengunjung.  Kolam khusus binatang unik ini dibuat menyerupai suhu air tempat hidup aslinya.

Anda bisa menyaksikan tingkah lucu penguin-penguin ini dengan memasuki bangunan yang mirip rumah es orang Eskimo yang dikenal dengan sebutan iglo.  Tak jauh dari penguin, terdapat kandang  buaya dan komodo.

 Taman Safari Indonesia di Cisarua ini juga menyediakan kendaraan wisata bagi pengunjung yang merasa kelelahan tapi masih ingin melanjutkan berkeliling tempat wisata.

Anda bisa menaiki mobil yang dibuat mirip kereta setelah membeli karcis sebesar IDR 10.000. Anda juga bisa memilih kereta gantung (Sky Lift) sehingga bisa menyaksikan seluruh kawasan wisata ini dari ketinggian.

Tak kalah seru, Anda bisa menunggang gajah untuk melewati hutan di Taman Safari dengan “Elephant Trail”. Gajah ini akan membawa Anda menyusuri hutan dan sungai  serta menikmati rimbunnya alam. Tak perlu takut tak bisa mengendalikan hewan besar ini karena Anda akan dikawal oleh seorang pawang gajah. 

Yang masih belum puas menikmati wahana yang ada, Anda bisa mengunjungi air terjun Jaksa yang terletak tidak jauh dari wahana koboi show.  Air terjun ini banyak dikunjungi karena mendatangkan kesegaran bagi siapa saja yang datang ke sana.

Wah, pasti seru sekali Wisata ke Taman Safari Indonesia di Cisarua, Bogor ini. Selain menyaksikan satwa dari berbagai jenis, wahana lain yang ditawarkan pun cukup banyak dan menarik.

Agar dapat menikmati semua wahana yang ditawarkan, sebaiknya Anda datang ke lokasi pas jam buka yaitu pukul 09.00 wib dan tidak datang melebihi pukul 17.30 wib karena semua satwa akan digiring masuk dalam kandang setelah jam tersebut. Selamat berlibur!  (Jari Adventure-det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.