Wisata ke Belitung, Ini 8 Tempat Wisata Dari Lokasi Syuting Film Laskar Pelangi

Sejak dirilis pada 26 September 2008, Film Laskar Pelangi begitu menghebohkan jagad perfilman di Indonesia. Publik seolah terhentak dengan kharisma dari negeri antah – berantah yang dahulu menjadi penghasil komoditi timah terbesar se-Nusantara ini.

Tidak hanya kalangan pecinta film yang memberikan apresiasi positif, tetapi dari kalangan dunia pendidikan juga turut memberikan respon baik. Bahkan, beberapa instansi pendidikan mewajibkan setiap lembaga sekolah untuk menonton film Laskar Pelangi di sekolah.

Kisah tentang perjuangan anak – anak di Belitung untuk menimba ilmu dengan berbagai rintangan berupa akses transportasi yang sulit, medan alam yang berliku dan harus melewati buaya rawa, hingga kesulitan ekonomi, menjadi daya tarik tersendiri film besutan tangan dingin Riri Riza dan Mira Lesmana ini.

Di samping bintang – bintang film terkenal Indonesia yang didapuk memerankan para tokoh, tim manajemen film juga sengaja mengaudisi anak – anak asli Pulau Belitung untuk melahirkan aktor dan aktris baru dari pulau terpencil yang mempesona ini.

Tak hanya dari sisi cerita yang dikemas apik, film Laskar Pelangi juga menorehkan prestasi dari segi kepariwisataan Pulau Belitung.

Semenjak film ini dilempar ke bioskop di seluruh dunia, Pulau Belitung laris manis menjadi tujuan wisata para pelancong dari penjuru bumi. Pulau yang dahulu sepi, kini menjadi salah satu wisata unggulan di Nusantara.

Nah, beragam atraksi wisata di Pulau Belitung juga ditampilkan dalam beberapa adegan film Laskar Pelangi. Anda pun juga bisa mengunjungi dan mengabadikan diri dalam foto – foto liburan di sana. Berikut tempat – tempat wisata terbaru yang sempat menjadi lokasi syuting film Laskar Pelangi di Pulau Belitung yang mempesona:

SD Laskar Pelangi

kemanalagi.com

Bangunan sederhana yang menjadi kompleks sekolah dasar Muhammadiyah Gantong ini masih menjadi tempat wisata yang menarik bagi pengunjung. Halaman sekolah luas berpadu dengan savana di belakang sekolah menjadi tempat bermain yang menyenangkan untuk anak  – anak. Lokasinya ada di seberang Dermaga Kirana, Belitung timur.

Batu Garuda

www.williekhonggo.com

Fenomena alam berupa batu granit raksasa berwarna hitam ini sekilas mirip seperti burung garuda. Oleh karena itu, penduduk lokal menamainya dengan obyek wisata Batu Garuda. Selain menawarkan spot foto yang unik penghias galeri media sosial. Di sekitar lokasi wisata ini juga banyak terdapat pedagang kuliner khas Pulau Belitung dan kedai kopi.

Pantai Tanjung Tinggi

www.belitunginparadise.com

Nah, bagi yang pernah menyaksikan film Laskar Pelangi, pati sudah tak asing dengan Pantai Tanjung Tinggi. Tempat di mana Ikal dan kawan – kawan menyaksikan matahari terbenam di senja hari, menawarkan pantai yang dihiasi bebatuan granit menjulang hingga 2 – 4 meter. Lokasi berada di Desa Ciput, Kec. Sijuk, Kab. Belitung.

Pantai Tanjung Kelayang

www.klayapan.com

Masih menawarkan panorama alam berupa pantai – pantai yang spektakuler. Pantai Tanjung Kelayang menawarkan pasir putih yang lembut terhampar di sepanjang bibir pantai. Lautan biru yang berwarna gradasi biru kehijauan benar – benar menyegarkan mata. Tak lupa selepas senja, menyaksikan sunset atau bintang – bintang bertaburan di langit Belitung malam hari menjanjikan petualangan istimewa.

Baca juga:

Pantai Tanjung Tinggi, Destinasi Wisata Terpopuler Belitung

 

Dermaga Kirana

picture.triptrus.com

Sebuah pelabuhan kecil di Desa Lenggang, Kec. Gantong ini juga menjadi tempat favorit untuk wisatawan melepaskan penat. Di sekitar dermaga banyak kedai – kedai kopi dan warung untuk nongkrong yang asyik. Ada juga sebuah pondok yang berbentuk keong sebagai tempat beristirahat. Deretan perahu – perahu beraneka warna yang sedang tertambat menjadi latar foto liburan yang identik dengan liburan di Pulau Belitung.

Pulau Batu Berlayar

pesonabelitungtours.com

Bebatuan granit berwarna putih yang menjulang dan megah menjadi panorama khas Pulau Batu Berlayar. Lokasinya sungguh unik, karena berada tepat di tengah laut bila air sedang pasang.

Pulau Leebong

merahputih.com

Menjadi sebuah pulau yang “perawan”, Pulau Leebong bisa dimasukkan dalam daftar destinasi di Pulau Belitung untuk pelarian dari hiruk pikuk perkotaan. Aktivitas olahraga seperti hiking atau jogging bahkan yoga sangat memungkinkan dilakukan di sini.

Pulau Lengkuas

blogspot.com

Ciri khas Pulau Lengkuas adalah sebuah mercusuar di tengah pulau. Pengunjung bisa menaiki sampai ke puncak untuk menyaksikan panorama lautan lepas yang spektakuler.  Biasanya, kapal – kapal yang akan masuk ke Laut Tanjung Binga akan mengandalkan panduan dari lampu sorot mercusuar Pulau Lengkuas.

***

Asyik banget kan, liburan ke Pulau Belitung? Makanya segera persiapkan liburan sedari awal. Booking tiket pesawat, akomodasi dan tiket atraksi ke berbagai tujuan wisata Pulau Belitung melalui agen travel wisata berpengalaman, Jari Adventure. Solusi terlengkap perjalanan wisata Anda menjelajahi rimba alam Indonesia.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *