Asyik, Wisata Jogja Mulai Dibuka untuk Pengunjung

Adanya wabah virus Corona memaksa seluruh masyarakat hingga berbagai sektor menutup sementara aktivitasnya. Namun, memasuki era new normal membuat beberapa diantaranya mulai buka kembali dengan protokol Kesehatan yang ketat, seperti sektor wisata di Yogyakarta.

Jogja merupakan salah satu kota wisata yang sering diburu wisatawan lokal bahkan mancanegara. Itu karena Jogja memiliki destinasi penuh sejarah yang tidak bisa ditemukan di tempat lainnya.

Keunikan inilah yang membuat Jogja sering dirindukan oleh para pengunjungnya.

Ada beberapa destinasi yang telah buka dan tentu memperbolehkan pengunjung datang dengan aturan Kesehatan. Untuk Anda yang ingin melepas penat dan stres akibat terlalu lama di rumah saja, simak beberapa wisata di Jogja yang mulai buka berikut ini:

 

  1.       Malioboro

Malioboro bisa dibilang sebagai jantung dari kota Jogja. Bagaimana tidak? Wisata yang satu ini selalu menjadi primadona bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Setelah sepi akibat virus yang menguasai banyak tempat, kini Malioboro kembali bergeliat. Anda bisa berkunjung ke Malioboro untuk sekedar jalan-jalan dan duduk menikmati suasana.

Namun, tentu saja ada aturan yang harus Anda ikuti selama berwisata ke Malioboro. Salah satunya mengisi data yang dilengkapi dengan QR Code untuk dipindai di titik yang tersedia. QR Code ini berfungsi untuk mendata para pengunjung yang datang dan masuk dalam area Malioboro.

Anda akan menemukan 5 zona pemindaian QR Code di sini. Yang pertama terletak dari Hotel Grand Inna Malioboro hingga Mall Malioboro.

Kedua bisa Anda temukan di Mall Malioboro hingga Kepatihan. Yang Ketiga bisa ditemukan di Kepatihan hingga Hotel Mutiara

Sedangkan yang keempat berada di Hotel Mutiara hingga Pasar Beringharjo. Serta yang terakhir, zona lima berada di kawasan Pasar Beringharjo hingga Titik Nol Kilometer.

Selama berada di Malioboro, pastikan untuk mengisi QR Code terlebih dahulu, ya! Selain itu, jangan lupa memakai masker, tetap menjaga jarak antar pengunjung serta selalu mencuci tangan.

 

  1.       Taman Pintar

Taman Pintar merupakan wisata dengan wahana sains dan edukasi. Kini akan kembali dibuka di tanggal 8 Juli 2020 lalu. Sama halnya dengan aturan wisata saat pandemic, terdapat pembatasan jam operasional dengan protokol Kesehatan yang harus Anda taati saat berkunjung.

Jam operasional dari Taman Pintar yaitu Rabu – Minggu, mulai pukul 8 pagi hingga 3 sore WIB

Meski tidak semua wahana Taman Pintar bisa Anda coba, masih ada beberapa wahana seru yang akan mewarnai hari Anda. Seperti Gedung Oval Kotak, Kampung Kerajinan, Wahana Bahari, Planetarium, Dino Adventure, serta Teater Tiga Dimensi.

Sebelum memasuki area wisata, Anda akan melewati pengecekan suhu tubuh dengan petugas. Beberapa protokol Kesehatan lainnya seperti menggunakan masker dan mencuci tangan wajib Anda lakukan sebelum masuk pagar Taman Pintar.

Pengunjung juga diminta untuk memindai QR Code yang tersedia dengan tujuan pendataan.

Pembelian tiket bisa dilakukan di loket pembayaran, dimana tersedia pula pilihan pembayaran non tunai dengan memindai QR Code sehingga lebih aman. Terdapat 5 check point dengan petugas yang akan mengatur pengunjung agar tetap menerapkan social distancing.

 

  1.       Kawasan Wisata Keraton

Pengunjung juga dapat berwisata ke 4 destinasi kawasan wisata keraton Yogyakarta, yakni Museum Kereta Keraton, Tamansari, Pagelaran Keraton Yogyakarta dan Area Keben.

4 wisata tersebut menerapkan jam operasional mulai dari 08.30 – 13.00 WIB di hari Sabtu-Kamis, sedangkan pukul 08.30 – 11.00 di hari Jumat.

Sama seperti kedua poin di atas, pengunjung juga harus menaati protocol Kesehatan yang berlaku hingga mengisi data menggunakan QR Code.

Setiap rombongan akan ditemani dengan pemandu wisata sehingga bisa diatur untuk tetap berjaga jarak.

baca juga:

Tempat Wisata Terbaik di Istanbul untuk Menyempurnakan Liburan Pasca Pandemi

 

  1.       Museum Jenderal Sudirman

Museum yang satu ini dapat dikunjungi mulai tanggal 7 Juli 2020. Pengunjung wajib menaati protokol Kesehatan seperti mengukur suhu tubuh, mencuci tangan, menggunakan masker, disemprot disinfektan, tidak menyentuh barang museum, tidak berkerumun hingga tetap menjaga jarak.

Museum menerapkan jam operasional di hari Selasa-Minggu mulai pukul 8 pagi hingga 3 sore. Diharapkan untuk tetap melakukan konfirmasi jika datang berombongan.

Bagaimana? Siap mengeksplor kembali kota Jogja?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.