Wisata Eksotis Pulau Bintan, Kawasan Resort Hingga Laguna Sebening Kristal

Indonesia adalah negara kepulauan. Ada banyak sekali pulau yang bisa disinggahi di Indonesia. Semuanya memiliki ciri khasnya masing-masing.

Salah satunya ialah Pulau Bintan, pulau yang berada di Kepulauan Riau. Apakah Anda pernah mendengar pulau yang satu ini?

Pulau Bintan sendiri merupakan pulau paling luas yang ada di Kepulauan Riau. Di dalamnya terdapat 2 kota, yaitu kota Bintan dan kota Tanjung Pinang.

Pulau Bintan memiliki beragam wisata yang bisa menjadi pilihan Anda untuk liburan selanjutnya. Apa saja? Berikut pembahasannya.

1.    Lagoi

Ketika berkunjung ke Pulau Bintan, salah satu lokasi pertama yang wajib Anda datangia dalah Lagoi. Lagoi adalah kawasan wisata terpadu bahkan paling eksklusif di Pulau Bintan.

Anda dapat menemukan banyak pantai serta resort internasional sehingga mudah untuk mencari lokasi penginapan. Lokasinya cukup dekat, sekitar 60 menit perjalanan dari Kota Tanjungpinang.

Lagoi cukup terkenal di kalangan wisatawan mancanegara. Oleh karena itu, jangan heran jika wisata-wisata di Lagoi dipenuhi oleh turis asing seperti halnya yang ada di Bali.

Kebanyaan wisatawan tersebut datang dari Singapore.

2.    Pantai Lagoi

Selanjutnya adalah Pantai Lagoi yang kini dikenal sebagai miniaturnya Singapore.

Kenapa bisa begitu? Itu karena dulunya, wisatawan yang datang berkunjung ke Pantai Lagoi harus membayar menggunakan mata uang SGD.

Itulah alasannya mengapa pantai ini disebut sebagai miniaturenya Singapore.

Pantai ini masih sangat terjaga alamnya meskipun ramai oleh wisatawan asing. Salah satu daya tariknya adalah batu-batu granit yang menghiasi pantai.

Pantai Lagoi terlihat sangat mirip seperti pantai di Pulau Bali karena memiliki fasilitas yang hampir sama. Anda bisa menemukan berbagai fasilitas mulai dari spa, diskotik, lapangan golf, hingga resort-resort beragam.

Selain itu, pantai ini berhadapan langsung dengan Negara Singapore serta Malaysia, lho!

3.    Pulau Penyengat

Berkunjung ke Pulau Bintan akan terasa kurang jika belum mengunjungi Pulau Penyengat. Lokasinya juga tak jauh dari Kota Tanjungpinang, yaitu hanya 15 menit perjalanan menyebrangi lautan menggunakan pompon atau perahu bermotor.

Menurut sisi sejarah, pulau ini merupakan salah satu saksi dari perjuangan Kerajaan Kesultanan Riau melawan penjajah di abad ke-18 silam.

Ada banyak cerita mengenai beberapa tokoh besar yang berpengaruh dalam sejarah bangsa Indonesia.

Di sini Anda bisa mengunjungi masjid yang pembangunannya memakan waktu hingga 40 tahun. Masjid ini sangat unik dan berbeda dari tempat lainnya.

Uniknya, dinding bangunannya dibuat dengan perekat putih telur, lho! Warna bangunan masjid sangat cerah yaitu kuning dan hijau. Bahkan, masjid ini bisa terlihat dari kejauhan sebelum mendekati pulau.

4.    Pulau Senggarang

Perbedaan dari Pulau Penyengat dan Pulau Senggarang hanya terletak pada culturenya.

Jika Pulau Penyengat kental dengan budaya dan kultur muslim, beda lagi dengan Pulau Senggarang yang merupakan pemukiman keturunan Chinese.

Pulau ini bersebrangan dengan Kota Tanjungpinang dan cocok bagi Anda yang menyukai suasana tenang. Lokasinya juga cukup jauh dari hiruk pikuk perkotaan.

Kebanyakan wisatawan yang singgah ke pulau ini berasal dari Singapore dengan tujuan beribadah.

Ada beragam peninggalan sejarah Tionghoa yang bisa Anda temukan. Mulai dari kelenteng hingga patung-patung dewa.

5.    Pulau Beralas Pasir “White Sands Island”

Menyebrang sedikit saja dari Pulau Bintan, Anda sudah bisa berkunjung ke White Sands Island. Jaraknya hanya sekitar 15-20 menit menggunakan speedboat.

Di sini Anda bisa melakukan beragam aktivitas air seperti snorkeling, diving, atau bersantai di pinggir pantai berpasir putihnya.

baca juga:

Buckit List 2019 Idaman Traveller Jaman Now, Catat ya!

 

6.    Hutan Mangrove

Pulau ini juga memiliki hutan mangrove yang bisa Anda eksplore pemandangannya.

Menyusuri sungai hijau yang berkelok dengan pemandangan hutan mangrove di kanan dan kiri bisa menjadi aktivitas yang tepat untuk menghilangkan penat.

Jika beruntung, Anda bisa bertemu beberapa hewan seperti burung, monyet, bahkan ular yang sesekali muncul di dedaunan.

7.    Crystal Lagoon

Terakhir ada Crystal Lagoon, kolam terbesar yang ada di Asia Tenggara dengan lokasi di tepian pantai.

Luasnya mencapai 6,4 hektar serta memiliki pemandangan lautan yang spektakuler apalagi dilihat dari udara.

Kolam renang ini terisi 115.060.000 liter air, lho! Airnya sendiri merupakan air laut yang telah melalui proses penyulingan sehingga sangat jernih.

Tak hanya berenang, disini juga menyediakan fasilitas water sport seperti Kayak, fly board, boat ride, hingga water sport yang lainnya.

Itulah beberapa wisata menarik yang patut Anda kunjungi di Pulau Bintan. Bagaimana? Tidak kalah dengan pantai di Bali, bukan?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.