6 Wisata Cagar Alam Indonesia yang Membuktikan Pesona Rimba Tak Tertandingi

Keindahan hutan, gunung, lautan dan lingkungan alam di Indonesia sudah terkenal di seluruh dunia. Sudah sepatutnya harta terbesar berupa lingkungan alam yang mempesona tersebut dijaga dan dilestarikan.

Sayangnya, beberapa oknum justru mengabaikan kelestarian hutan demi keuntungan pribadi. Pembantaian hewan langka yang dilindungi pemerintah masih terus terjadi. Kukang, landak, ular, burung rajawali, badak hingga berita terbaru, orangutan masih banyak yang diburu dan diekspor ke luar negeri demi materi.

Kasus yang sangat memprihatinkan tersebut selayaknya menjadi pembelajaran banyak pihak. Kelestarian lingkungan menjadi tanggungjawab bersama. Keindahan cagar alam di Indonesia dapat dijadikan potensi wisata yang besar dan dapat menghidupi masyarakat setempat agar tidak lagi memburu hewan – hewan yang dilindungi.

Nah, demi kemajuan potensi wisata cagar alam di Indonesia, berikut ini adalah 7 cagar alam terbaik di Indonesia yang bisa kamu jadikan destinasi liburan panjang berikutnya:

Cagar Alam Waigeo Barat – Raja Ampat, Papua Barat

gde-fon.com

Terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya. Ternyata, Raja Ampat juga menyimpan destinasi wisata impian para traveller berupa cagar alam yang mengagumkan. Namanya Waigeo Barat.

Cagar alam seluas 95 hektar ini merupakan rumah bagi satwa yang hampir punah seperti burung cenderawasih. Lingkungan yang masih asri dan “perawan” mengharuskan Anda untuk menumpang kapal cepat agar bisa sampai ke lokasi.

Cagar Alam Anak Krakatau – Selat Sunda, Lampung

galuhhandayani.sch.id

Letusan Gunung Krakatau pada abad ke-19 silam bahkan mampu mengguncang dunia. Getarannya terasa sampai di benua Eropa dan sempat menghabisi nyawa 36.000 populasi masyarakat di Nusantara. Letusan tersebut menyisakan banyak cerita pilu. Tapi, juga meninggalkan warisan harta karun pengetahuan alam yang fenomenal sepanjang sejarah. Di sini terdapat lebih dari 200 macam jamur, 13 macam lichenes, 61 tanaman paku – pakuan, dan lebih dari 250 macam spermatophyta.

Cagar Alam Karang Bolong – Nusakambangan, Jawa Tengah

blogspot.com

Disebut sebagai Karang Bolong, karena pesisir di daerah Teluk Penyu Cilacap ini memiliki batu karang yang berlubang di bagian tengahnya untuk benteng pertahanan tentara kolonial di masa lalu. Selain itu, cagar alam seluas setengah hektar juga siap untuk dijelajahi.

Lokasi yang terkenal dengan penjara “Alcatraz” dari Indonesia ini menjadi tempat wisata yang menawan. Tidak hanya pantai, ada goa – goa alami dan hutan rimba yang menantang untuk dieksplorasi lebih dalam.

Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah

twofishtraveling.com

Jika Anda belum pernah ke Tanjung Puting di Kalimantan Tengah, segera persiapkan liburan petualangan berikutnya ke lokasi ini. Pasalnya, sudah banyak wisatawan asing yang menyambangi cagar alam untuk orangutan khas Kalimantan, gajah, badak dan satwa – satwa lainnya. Berada di kawasan konservasi seluas 415 hektar. Tak heran jika taman nasional ini menjadi situs warisan dunia UNESCO. Pengunjung akan diantarkan menikmati nuansa hutan dengan menumpang perahu klotok menyusuri sungai. Tiket masuk seharga Rp 12.0000.

Baca juga:

Wisata Budaya Seru ke Kampung Baduy, Banten

 

Cagar Alam Maninjau – Agam, Sumatera Barat

okeinfo.net

Harimau khas Sumatera masih menjadi perburuan yang menjanjikan keuntungan dari segi ekonomi. Untuk itulah, cagar alam Maninjau berusaha melindungi hewan – hewan langka seperti harimau dari kepunakan. Selain hewan langka seperti harimau Sumatera dan beruang madu, cagar alam ini juga menjadi rumah alami bagi ribuan bunga – bunga langka seperti Rafflesia Arnoldi yang bisa tumbuh hingga 1 meter.

Cagar Alam Kawah Ijen – Banyuwangi, Jawa Timur

blogspot.com

 

Keindahan kawah ijen yang menyala kebiruan di malam hari sudah tersohor hingga ke seluruh penjuru bumi. Saat ini Kawah Ijen menjadi destinasi paling populer dan termasuk obyek wisata cagar alam primadona di Jawa Timur. Cagar alam Kawah Ijen seluas 93 hektar yang menjadi habitat asli untuk elang Jawa dan tanaman langka.

ijentamansari.com

Di sekitar tempat wisata ini banyak terdapat hotel, resort dan fasilitas sarana wisata lainnya yang memudahkan para pengunjung untuk menikmati keindahannya. Sekaligus menambah penghasilan bagi warga sekitar Kawah Ijen.

***

Nah, sudah tahu kan, hendak melancong kemana akhir pekan ini? Segera persiapkan liburan wisata Anda bersama agen travel wisata profesional, Jari Adventure. Kami siap mengakomodir segala kebutuhan perjalanan wisata Anda.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.