Wisata Alam yang Unik di Banten ya ke Rawa Danau!

Rawa DanauPropinsi Banten seakan tidak pernah kehabisan obyek wisata yang menarik banyak pengunjung. Mulai dari wisata religi, budaya, hingga wisata alamnya. Jika selama ini Anda hanya mengenal pantai Sawarna atau Bagedur sebagai tujuan wisata alam yang masih asri dan natural, wisata Rawa Danau juga menyimpan keindahan alam yang belum banyak diketahui orang.

Lokasi Rawa Danau

Wisata alam Rawa Danau ini terletak di Kampung Panenjoan, Desa Luwuk, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Serang. Tempat ini merupakan satu-satunya rawa pegunungan di Pulau Jawa dan menjadi daerah hulu Daerah Aliran Sungai (DAS) Cidanau, sumber air untuk kawasan industry Cilegon. Dulunya, Rawa Danau ini adalah kepundan gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi. Lama-kelamaan, tempat ini berubah menjadi danau dan rawa-rawa.

Karena bukan termasuk kawasan wisata yang dibuka untuk umum, untuk masuk ke Rawa Danau Anda harus mengantungi surat ijin masuk dan didampingi petugas cagar alam. Hal ini dikarenakan lokasinya yang sulit ditemukan dan tidak adanya penunjuk arah, sehingga dapat membuat pengunjung yang datang menjadi tersesat. Untuk mengurus surat ijin dapat dilakukan sehari sebelumnya di Kantor BBKSDA, Jalan H. Tb Suwandi Gang Perintis III Serang, dengan nomer telepon 0254 210968.

Akses transportasi

Untuk mencapai tempat wisata yang satu ini, Anda harus pergi ke Serang terlebih dahulu, kemudian ambil jalur ke Padarincang melalui Ciomas, dengan jarak tempuh sekitar enam puluh kilometer, atau sekitar dua jam perjalanan. Dari tempat parkir di Kampung Sukamaju, Desa Citasuk, Kecamatan/Kabupaten Padarincang, pengunjung harus berjalan kaki kurang lebih dua kilometer melewati persawahan, untuk menuju ke lokasi penjemputan perahu.

Pengunjung diharapkan waspada pada kondisi jalan berlumpur yang lucun dan lintah yang dapat melekat di kaki dan menghisap darah hingga membuat kulit menjadi lecet. Oleh karena itu, disarankan bagi wisatawan yang tertarik pergi ke Rawa Danau untuk menggunakan celana panjang, atau menggunakan sepatu karet untuk meminimalisir risiko tergigit lintah.

Baca juga: Debus, Atraksi Budaya Mengagumkan Asal Banten

Kesulitan mencapai lokasi ini dijamin akan hilang saat Anda tiba di Rawa Danau. Alamnya yang masih asri dan sangat indah akan memanjakan indra penglihatan dengan hijaunya pepohonan yang tumbuh subur. Rawa Danau yang memiliki luas sekitar tiga ribu lima ratus hektar ini memang didominasi air dan pepohonan, yang menjadi rumah bagi aneka satwa.

Pesona Rawa Danau

Menikmati kawasan Rawa Danau ini memang harus menggunakan sampan, sebagai alat transportasi utama. Untuk biaya sewanya, dikenai biaya tiga ratus ribu rupiah per hari, yang dapat menampung empat orang penumpang. Kedalaman air danau yang akan dijelajahi pun beragam, mulai dari empat hingga enam meter, tergantung pada seberapa banyak tumbuhan enceng gondok yang tumbuh di area danau. Anda wajib menyiapkan kondisi fisik yang kuat, tidak hanya harus menempuh perjalanan yang sulit, saat mengayuh sampan pun juga sering tersangkut oleh tumbuhan enceng gondok yang mengapung di permukaan air.

Lupakan sejenak kelelahan yang dirasakan, dan nikmati pemandangan alam di depan Anda. Ada bermacam-macam jenis burung yang mendiami Rawa Danau, bahkan jumlahnya mencapai 250 jenis burung. Tidak hanya itu, ada juga ular, buaya, kera, dan babi hutan yang bisa ditemui di sini.

Keindahan Rawa Danau pun juga dapat dilihat dengan jelas dari kaki bukit. Apalagi jika terkena sinar matahari, maka Anda akan disuguhi pemandangan air danau yang tampak hijau. Saat menjelang sore dan sinar matahari mulai meredup, yang akan terlihat adalah kabut putih mirip kapas yang menyelimuti Rawa Danau.

Tips wisata Rawa Danau

Tidak terasa perjalanan selama dua jam dilakukan untuk menelusuri keindahan alam Rawa Danau. Disarankan bagi para pengunjung untuk menggunakan baju yang nyaman dan menyerap keringat, dan membawa baju ganti apabila pakaian basah terkena air saat berada di atas sampan. Selain itu, jangan lupa membawa topi dan tabir surya, karena kondisi cuaca yang cukup terik. Lengkapi juga perbekalan makanan dan minuman, serta ingatkan diri sendiri untuk tidak membuang sampah di kawasan Rawa Danau ini.

Anda tertarik mengunjungi Rawa Danau yang masih keindahan alamnya masih asri dan alami? Ikuti tips-tips ini agar liburan berjalan lancar dan nyaman. Selamat berlibur! (jari adventure-det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.