Wisata Alam Terbaik di Pacitan, Sungai Maron Hingga Pantai Klanyar!

Siapa yang berencana liburan ke Jawa Timur di liburan kali ini? Jawa Timur adalah salah satu provinsi yang selalu ramai akan wisatawan, terlebih saat musim liburan tiba. Kita pun harus rela antri berjam-jam untuk bisa sampai ke destinasi wisata tersebut.

Bagaimana kalau berkunjung ke Pacitan? Pacitan adalah salah satu kota di Jawa Timur yang menawarkan berbagai destinasi wisata yang menarik, terlebih untuk wisata alam. Berikut adalah beberapa wisata alam terbaik yang bisa kita kunjungi selama berada di Pacitan:

Sungai Maron

Menikmati keindahan sungai tidak perlu jauh sampai ke sungai Amazon karena keindahan Sungai Maron ini juga tidak kalah lho! Pemandangan di sekitar Sungai Maron juga tidak perlu diragukan lagi mengingat banyaknya pepohonan kelapa yang membuat suasana semakin asri dan sejuk.

Tiket masuk Sungai Maron ini hanya Rp.2 ribu dan untuk sewa perahu mulai dari Rp.100 ribu hingga Rp.150 ribu saja. Dengan perahu inilah kita bisa menikmati keindahan Sungai Maron hingga titik muara Pantai Ngiriboyo yang kira-kira berjarak 4,5 kilometer.

Pantai Plengkung

Mau berselancar ketika berlibur di Pacitan? Tentu saja bisa! Pantai Plengkung merupakan salah satu pantai terbaik di Pacitan yang ternyata masih jarang diketahui orang. Justru hal inilah yang membuat keindahan Pantai Plengkung masih terjaga!

Bahkan kita bisa surfing selama di Pantai Plengkung karena ombaknya yang tidak terlalu berbahaya. Bersihnya pasir pantai, air yang hijau serta keindahan pulau karang pun dijamin membuat kita betah berlama-lama di Pantai Plengkung ini.

Goa Song Terus

Keindahan alam Pacitan ini memang tidak afdol apabila kita belum berkunjung ke Goa Song Terus. Goa satu ini dikenal sebagai salah satu goa bersejarah di Pacitan.

Karena  ditemukan kerangka manusia purba yang hidup 10 ribu tahun lalu. Sejak saat itulah Goa Song Terus selalu dikunjungi oleh arkeolog lokal ataupun mancanegara yang membuat goa ini semakin terkenal.

Goa Tabuhan

Goa satu ini cukup unik karena kita bisa mendengar suara yang menyerupai suara gamelan Jawa dari dalam goa. Kedalaman goa ini sekitar 100 meter dan terkenal untuk digunakan orang bertapa sejak jaman dulu.

Hutan Pinus Gemaharjo

Tujuan wisata Hutan pinus adalah salah satu destinasi wisata yang akhir-akhir ini selalu ramai dibicarakan, termasuk di Pacitan. Hutan Pinus Gemaharjo ini berlokasi di kecamatan Tegalombo dan kita hanya perlu membayar Rp.2 ribu untuk menikmati keindahan alam di sekitar hutan ini.

Meskipun termasuk destinasi wisata baru, Hutan Pinus Gemaharjo ini juga menawarkan fasilitas yang cukup lengkap lho! Misalnya saja kita bisa bersantai di hammock, melihat keindahan alam melalui gardu pandang, dan juga bersantai di rumah makannya.

Gua Gong

Mau merasakan keseruan berlibur ke dalam gua selama di Pacitan? Tentu saja bisa! Gua Gong bukan hanya ramai akan wisatawan lokal namun juga wisatawan internasional lho! Gua ini dikenal sebagai gua terindah di Asia Tenggara sekaligus gua yang luas.

Yup, panjang lorong Gua Gong ini sekitar 256 meter dan kita bisa menikmati keindahan stalaktit serta stalakmit. Di ujung Gua Gong kita akan menemukan kubah raksasa dengan panjang sekitar 100 meter dan lebarnya adalah 15 hingga 40 meter.

Untuk bisa menikmati keindahan Gua Gong ini kita hanya perlu merogoh kocek Rp.5 ribu lho! kita juga bisa menggunakan jasa guide yang tarifnya hanya Rp.30 ribu. Menarik bukan menikmati keindahan Gua Gong?

Pantai Klanyar

Destinasi ini merupakan salah satu pantai terbaik di Pacitan yang pastinya sayang untuk dilewatkan begitu saja. Pantai ini juga cukup unik karena adanya gradasi warna putih-cokelat. Dan kita hanya bisa melihat gradasi ini dari ketinggian.

Kita juga bisa naik ke bebatuan karang yang ada di pinggir pantai menggunakan tangga beton yang disediakan pihak pengelola pantai. Perlu diingat kalau kita tidak bisa berenang di Pantai Klanyar karena ombaknya yang cukup besar. Jangan khawatir karena tiket masuk Pantai Klanyar ini terjangkau, yaitu hanya Rp.10 ribu.

Menarik bukan berbagai wisata alam di Pacitan yang disebutkan barusan? Yuk ajak orang tersayang berlibur ke Pacitan!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.