Welcome to the Jungle, Taman Nasional Tanjung Puting Siap Mencuri Hatimu

Berlokasi di Kalimantan Tengah, siapa pun mungkin sedikit mengerutkan dahi jika berbicara tentang Pulau Borneo.

Dikenal dengan belantara yang masih lebat dan ganas, hanya petualang sejati yang mau mencicipi adrenalin di dalam rimba.

Namun, tepat di tengah keindahan provinsi Kalimantan Tengah, adalah Taman Nasional Tanjung Puting. Meski lokasi terpencil di dalam belantara, namun diam – diam keindahannya ini sudah melanglang buana hingga ke luar negeri.

Tak jarang para pecinta lingkungan dari berbagai manca negara datang dan bermalam di wilayah hutan yang sudah disulap menjadi sebuah pondok akomodasi sederhana.

Sensasi petualangan di dalam hutan mungkin hanya segelintir saja yang mengangguk setuju untuk mengunjungi. Tapi, jangan salah! Ada ribuan pengunjung yang datang setiap tahun. Bahkan, Tanjung Puting kini sudah dikenal luas sebagai “Amazon” dari Indonesia.

Berikut beberapa fakta yang menakjubkan yang wajib kamu ketahui sebelum berkemas dan berangkat menuju Taman Nasional Tanjung Puting:

Lokasinya ada di dekat Pangkalan Bun

crossborneotour.com

 

Tak perlu jauh – jauh ke Afrika atau Amerika latin untuk menyaksikan keindahan belantara yang tak terjamah. Di Taman Nasional Tanjung Puting wisatawan akan “tersesat” sejenak dalam kehidupan alam bebas yang meneduhkan hati.

Bagaimana tidak? Tidak ada kebisingan kota, rutinitas yang menjemukan, ataupun email dan telepon kantor yang mengganggu. Sejenak, kamu bakal lupa tentang kehidupan modern dan kembali ke alam seutuhnya.

Untuk mencapai lokasi dibutuhkan waktu sekitar 30 menit dari Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Tak perlu khawatir, sudah banyak warga lokal yang tahu pintu masuk dan bersedia mengantarkan para wisatawan.

Tepatnya di kecamatan Kumi, Kotawaringin Barat, Taman Nasional Tanjung Puting juga berbatasan di sisi lain dengan Kec. Hanau, Kec. Hilir yang masih satu kabupaten di Seruyan Hilir.

Baca juga:

Wakatobi, Pesona Island Hopping di Sultra

 

Menyusuri Sungai Sekoneng

phinemo.com

 

Kapal – kapal atau perahu kayu senantiasa hilir mudik di atas permukaan arus sungai Sekoneng. Maklum saja, sungai ibarat sebagai urat nadi perekonomian masyarakat. Hanya aliran air yang bisa menjadi sarana transportasi sungai karena tidak ada jalan darat yang masuk hingga ke wilayah pedalaman hutan.

Menyusuri sungai Sekoneng bisa dibilang mudah dan kapan saja. Baik itu pagi, siang sore hingga malam. Semuanya menawarkan sensasi yang berbeda.

Di pagi hari, cuaca masih belum terlalu terik dan banyak pemandangan hijau menyegarkan mata. Pepohonan rindang seperti pandan, hipah, dan pohon hutan hujan tropis yang besar membuat diri kita seolah bagaikan kurcaci di tengah hutan.

Satu kapal bisa memuat hingga 4 – 6 penumpang. Kecil memang, karena semakin kecil perahu, maka semakin mudah untuk masuk ke dalam sudut – sudut hutan yang belum terjamah. Kamu bisa menjadi seorang penjelajah permata tersembunyi.

Walaupun ukurannya kecil, jangan remehkan soal fasilitas lho! Di dalam perahu, kamu bisa tidur atau bermalam dengan gratis. Ada tempat tidur, toilet dan colokan listri. Serta menu makan malam yang biasanya lauknya ikan segar hasil tangkapan sungai.

Rute dan tour di Sungai Sekoneng

marrasviaggi.com

 

Tergantung kesepakatan, tapi biasanya kapal akan menyusuri sungai hingga 2 – 3 hari. Di malam hari, kapten dan kru akan singgah sejenak di lokasi yang dirasa aman dan tidak ada hewan buas.

Kemudian, saat pagi buta, perahu kembali melaju menyuguhkan pemandangan alam belantara yang dihiasi suara burung – burung pagi menyambut awal hari yang baru ditemani sang surya yang baru membuka mata.

Matahari terbenam di Sungai Sekoneng

pinimg.com

 

Salah satu pemandangan yang paling ditunggu adalah golden moment di mana matahari terbenam di sela – sela aliran sungai Sekoneng yang mengalir deras. Semburat cahaya merah memantulkan cahaya kemerahan jingga yang indah.

Selepas senja berlalu, kapal akan diterangi pencahayaan seadanya dihiasi hilir mudik kunang – kunang liar dari hutan. Benar – benar menakjubkan dan dramatis!

Bertemu langsung dengan orang utan dan bekantan

twofishtraveling.com

Atraksi wisata lain yang tak akan bisa dijumpai di tempat lain adalah bertemu dengan orang utan atau bekantan liar di habitat aslinya.

Momen seumur hidup ini sangat diawasi oleh para pecinta lingkungan dan petugas hutan yang berwenang. Pengunjung yang beruntung bisa melihat langsung bagaimana tingkah laku orang utan ataupun bekantan yang tinggal di atas pepohonan.

***

Luar biasa bukan? Menikmati keindahan Kalimantan Tengah hanya bisa terwujud jika kamu mempersiapkan perjalanan wisata bersama agen perjalanan wisata Jari Adventure yang berpengalaman. Dari Bandara perlu waktu sekitar 30 menit menuju pelabuhan Kumai dengan sarana yang disediakan oleh agen travel Jari Adventure.

Enjoy liburan luar biasa di Tanjung Puting, Kalimantan Tengah bareng Jari Adventure..

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.