Wayang Jogja Night Carnival 2019, Ada 5 Hal Menarik yang Bisa Dijumpai Turis

Wayang Jogja Night Carnival merupakan event tahunan yang diselenggarakan pemerintah kota Yogyakarta dalam memperingati Hari Jadi Kota Yogyakarta. Acara ini selalu diselenggarakan pada tanggal 7 oktober setiap tahun.

Tentu bagi anda yang selalu mencari hiburan atau travelling pasti akan menantikan moment langka ini dan berbagi pengalaman bersama masyarakat sekitar.

Berikut merupakan 5 hal menarik yang dapat anda temukan dan manfaatkan saat menonton Wayang Jogja Carnival.

1.    Wayang Jogja Night Carnival merupakan seni beredukasi.

Wayang Jogja Night Carnival menjadi event tahunan yang meriah dan paling ditunggu masyarakat. Jika anda berkunjung ke Jogja bertepatan dengan hari lahir kota Yogyakarta tentu anda dapat memanfaatkan moment ini.

Dengan menonton Wayang Jogja Night Carnival sebagai hiburan seni dan sarana edukasi untuk lebih memahami budaya yang ada.

Penampilan seni ini tentu akan memberikan pengetahuan baru kepada anda seputar dunia perwayang dan bagaimana seni dapat menyesuaikan perkembangan dan teknologi terhadap cerita rakyat atau budaya sekitar.

Hal ini ditunjukan oleh pemerintah kota Yogyakarta dengan mendatangkan beberapa senimal profesional untuk Wayang Jogja Night Carnival, tentu anda tidak akan melewati moment berharga ini, bukan?.

2.    Perlombaan berbentuk Street Art.

Pada setiap tahun, Wayang Jogja Night Carnival menjadi ajang perlombaan bagi warga kota Yogyakarta. Terdapat 14 kecamatan yang diikuti dalam perlombaan.

Anda akan menemukan peserta yang dilombakan melalui street art yang biasanya dibagi ke dalam tiga titik, yaitu di Jalan Sudirman, Tugu Pal Putih, dan KR Jalan Margo Utomo.

Anda akan merasakan suasana yang meriah dalam street art ini. Karena penampilan akan diiringi musik sehingga anda akan mendapatkan moment yang sempurna dalam setiap penampilan.

Saat anda berniat untuk menonton, pastikan untuk mengecek rute street art Wayang Jogja Night Carnival karena mungkin akan terjadi perubahan di setiap tahun.

Tentunya, moment yang meriah ini dapat anda abadikan melalui kamera atau handphone.

3.    Display performance wayang yang unik.

Wayang Jogja Night Carnival selalu menampilkan display yang unik. Dengan tema wayang, para peserta mampu menciptakan sebuah kreatifitas baru untuk menghipnotis penonton melalui display perfomance mereka.

Tema yang pernah ditampilkan salah satunya Dewa Wisnu, Rama, Shinta, Drupadi, Puntadewa, Semar, Togo, dan masih banyak lagi pewayangan lainnya.

Display Performance ini ditampilkan oleh kecamatan sebagai peserta lomba dan selalu berbeda di setiap tahunnya.

baca juga:

Maraknya Festival Sekaten di Yogyakarta

Rileksasi Dulu yuk! Mampir ke 5 Yoga Retreat Legendaris di Dunia

Seindah Lukisan, Terbius Panorama Alam 8 Wisata Kalibiru Jogja yang Fotogenik

4.    Ajang Volunteer.

Selain sebagai bentuk pertunjukan seni dan ajang kreatifitas, Wayang Jogja Night Carnival menjadi wadah pengembangan diri bagi masyarakat khususnya para pemuda dan pemudi.

Jika anda berniat untuk liburan sambil memanfaatkan waktu dalam berkegiatan, anda dapat mendaftarkan diri sebagai volunteer atau relawan pada acara Wayang Jogja Night Carnival.

Divisi yang tersedia yaitu Divisi Registrasi dan Konsumsi, Divisi Titik Start, Divisi Daerah Persiapan, Divisi Lintasan, Divisi Fotografi dan Videografi, dan Divisi Titik Finish.

Tentunya selain anda menjadi penikmat seni yang disajikan pada event Wayang Jogja Night Carnival, anda pun akan membantu berjalannya acara dengan baik, menyenangkan bukan?.

5.    Akulturasi Budaya.

Kemasan yang disajikan dalam Wayang Jogja Night Carnival selalu mengalami perubahan seiring berkembangnya teknologi.

Para peserta akan menampilkan setiap display performance atau musik dengan unsur kebudayaan yang modern. Hal ini menunjukan adanya akulturasi budaya yang akan anda temukan dalam berbagai penampilannya.

Misalnya pada tokoh pewayangan yang berperan sebagai tokoh wayang tradisional namun menggunakan media modern dan pengemasan yang modern melalui street art. Sehingga anda akan merasakan akulturasi budaya yang sangat mengagumkan.

Wayang Jogja Night Carnival tentunya menjadi salah satu pilihan anda ketika liburan atau travelling. Anda dapat menikmati berbagai hal yang menarik pada setiap penampilan dalam event Wayang Jogja Night Carnival.

Seperti display performance melalui street art, koerografi, maupun flashmob yang biasa dilakukan untuk memeriahkan acara ini.

Anda dapat membawa keluarga atau teman untuk menonton event ini. Tentunya, tak lupa kamera untuk mengabadikan moment menarik yang akan anda dapatkan. Catat agenda wisata Wayang Jogja Night Carnival 2019. Tanggal: 7 Oktober 2019. Tempat: Tugu, Yogyakarta. Pukul : 06.00 PM

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.