Uniknya Obyek Wisata Pasar Terapung Lok Baintan di Banjar

Pasar Terapung Lok BaintanLiburan bukan hanya sekedar melepaskan diri sejenak dari rutinitas, menikmati ‘Me Time’ ataupun melakukan perjalanan wisata. Bagi sebagian orang liburan merupakan waktu yang paling tepat untuk memperoleh pengalaman-pengalaman baru, yang berkesan dan seru yang nantinya bisa ditorehkan dalam kisah hidup.

Catatan tentang perjalanan ini bisa juga dijadikan sebagai dokumentasi yang menarik bagi kehidupan masing-masing. Omong-omong tentang liburan yang menarik, salah satu obyek wisata yang berada di desa Sungai Pinang (Lok Baintan) ini bisa Anda jadikan alternatif untuk mengisi liburan yang berbeda dari biasanya. Lok Bintan sendiri termasuk dalam wilayah Banjarmasin yang memang akrab dengan julukan Kota Seribu Sungai karena saking banyaknya sungai yang ada di wilayah ini dan sungai inilah yang menjadi salah satu jalur dan urat nadi aktifitas masyarakat. Penasaran dengan obyek wisata yang satu ini dan seperti apa keunikannya? Ayo, ikuti terus penjelasannya dalam artikel berikut ini!

Populer Dengan Iklan TV RCTI

Bila mendengar istilah floating market atau pasar terapung yang terlintas dalam benak sebagian besar orang adalah Pasar Terapung Muara Kuin karena memang obyek wisata ini sangat populer di Banjarmasin. Ketenaran Pasar Terapung Muara Kuin semakin disokong oleh kemunculan pasar tersebut dalam sebuah iklan di salah satu TV swasta di era 1990-an.

Dalam iklan ini terlihat betapa unik dan menariknya pasar terapung yang masih kental nuansa tradsional sekaligus budayanya ini. Seiring berjalannya waktu, Pasar Terapung Lok Baintan yang berada di sepanjang aliran Sungai Tabuk pun mulai dikenal oleh khalayak, di samping Pasar Terapung Muara Kuin, dan mulai banyak pula dikunjungi wisatawan yang ingin melihat dan merasakan secara langsung keunikan sebuah pasar yang aktifitasnya berpusat di atas perahu.

Aktivitas operasional Pasar Terapung Lok Baintan

Di sepanjang pesisir aliran Sungai Martapura Lok Baintan, Anda akan melihat konvoi perahu menuju lokasi pasar terapung. Perahu-perahu ini milik para petani dan juga pedagang yang akan memasarkan hasil kebun mereka di pasar terapung Lok Baintan. Mereka berasal dari berbagai anak Sungai Martapura, seperti Sungai Lenge, Sungai Bakung, Sungai Paku Alam, Sungai Saka Bunut, Sungai Madang, Sungai Tanifah, dan Sungai Lok Baintan.

Hampir sama dengan Muara Kuin, aktivitas jual beli di Pasar Terapung Lok Baintan berlangsung tak terlalu lama, hanya sekitar tiga hingga empat jam saja setiap harinya. Biasanya pasar beroperasi mulai dari pukul 06.00 hingga 09.30 WITA. Jadi, bila Anda benar-benar tak ingin ketinggalan menyaksikan momen-momen unik yang terjadi di obyek wisata pasar terapung ini pastikan untuk tiba di sana tepat waktu ya.

Baca Juga: Obyek Wisata Pulau Maratua – Berau, Kaltim Yang Menawan

Dari atas jukung, para pedangang yang didominasi para perempuan ini menjual beragam dagangan, baik berupa hasil pertanian maupun perkebunan, serta kue-kue radisional dan lain sebagainya. Uniknya, di pasar tradisional yang sudah ada sejak zaman Kesultanan Banjar ini masih berlaku sistem barter, dan uang bukan merupakan alat transaksi utama. Dagangan yang akan dibarter umumnya berupa hasil bumi, seperti sayuran dan buah-buahan, dan mengenai besaran dan keberimbangan jumlah barter tergantung pada kesepakatan antara dua belah pihak. Bila terjadi kesepakatan, maka masing-masing pihak akan mendapatkan barang yang diinginkan dan selanjutnya dipakai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari di rumah.

Akses Lokasi

Tertarik untuk mengunjungi Lok Baintan dan melihat obyek wisata pasar terapung yang unik dan sangat menarik ini? Bila Anda berangkat dari pusat Kota Banjarmasin, berkendaralah menuju jalan Martapura Lama/Jalan Veteran menuju arah Sungai Tabuk. Anda dapat memilih angkutan yang tersedia, seperti taksi, ojek maupun angkot, untuk mengantarkan Anda ke lokasi pasar terapung. Perjalanan darat ini membutuhkan waktu sekitar 60 menit karena medan perjalanan yang cenderung berat dan berliku-liku. Bila bosan dengan jalan darat, Anda bisa menempuh jalur sungai yang membutuhkan waktu lebih singkat yaitu sekitar 30 menit saja dari pusat kota Banjarmasin. Anda dapat menyusuri sungai Martapura dengan menumpangi klotok, sejenis sampan bemesin, untuk sampai ke lokasi pasar terapung.

***

Mengunjungi Pasar Terapung Lok Baintan akan menjadi salah satu pengalaman unik selama liburan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Kenapa begitu? Pasar Terapung Lok Baintan merupakan contoh pasar unik yang tidak mudah dijumpai di daerah-daerah lain. Bahkan, untuk melestarikan keberadaan Pasar Terapung Lok Baintan, pemerintah setempat berencana untuk terus meningkatkan fasilitas bagi para wisatawan, termasuk menolak izin mendirikan pasar di darat. Hal ini agar para pembeli atau pengumpul di pasar-pasar tetap setia untuk membeli di Pasar Terapung Lok Baintan.

 

TIPS BELANJA DI PASAR TERAPUNG LOK BAINTAN UNTUK WISATAWAN

Bagi para wisatawan, tentu saja Pasar Terapung Lok Baintan bisa menambah kekayaan pengalaman bertualang dan liburan. Tidak setiap hari, Anda bisa mencoba untuk berbelanja di atas perahu kecil. Eits… tapi, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan selama bertransaksi di Pasar Terapung Lok Baintan. Apa saja ya? Yuk, simak tips-tips bermanfaat berikut:

Transportasi

 

Perahu Klotok

Para wisatawan biasanya sangat senang mencoba hal baru di tempat yang baru saja mereka singgahi. Termasuk, mencoba naik perahu klotok menuju ke Pasar Terapung Lok Baintan. Rute yang bisa ditempuh antara lain berangkat dari kota Banjarmasin, tepatnya di dermaga depan Kodim dan Kantor Gubernur. Untungnya, perahu kecil di sini sudah beroperasi sejak subuh sekitar jam 04.00. Rata-rata tarif sewa perahu mulai dari Rp 200.000.

Kendaraan motor/mobil pribadi

Akses menuju lokasi dari jalur darat bisa ditempuh dari kota Banjarmasin menuju –Jl. Veteran- lurus ke sungai Tabuk. Ada 2 pilihan, yaitu lewat sungai lulut, lebih baik jika menggunakan sepeda motor karena mobil belum bisa melintas. Kedua, lewat perempatan jalan tol untuk kendaraan roda empat. Jika dilanda kebingungan, Anda bisa memakai GPS atau bertanya langsung ke penduduk setempat.

Perahu klotok dan motor

Jalur lain yang bisa dilewati melalui Sungai Lulut terlebih dahulu, kemudian baru memakai klotok melalui dermaga dengan tarif sewa sekitar Rp 100.000,-

Disarankan para wisatawan untuk memilih transportasi dengan perahu kelotok dari pusat kota Banjarmasin. Pasalnya, melalui jalur sungai akan memberikan sensasi petualangan di depan mata sambil melihat pesona keindahan sungai-sungai di Kalimantan. Terlebih jika Anda sedang berburu obyek foto tentang kegiatan dan aktivitas masyarakat lokal, pasti akan mendapatkan obyek foto menarik sambil menaiki perahu klotok.

2. Datanglah saat subuh

Perjalanan Anda untuk menengok tradisi belanja unik di Pasar Terapung Lok Baintan, tidak akan sia-sia jika  menyempatkan diri untuk bangun lebih pagi sekitar jam 04.00. Hal ini karena Pasar Terapung Lok Baintan mulai beroperasi sejak dini hari hingga pagi sekitar jam 08.00. jangan datang lewat jam itu karena bisa dipastikan Anda akan kecewa lantaran, kondisi Pasar Terapung Lok Baintan telah sepi dan banyak penjual atau pembeli yang sudah pulang ke rumah masing-masing. Sayang kan, jika sudah jauh-jauh datang ke Pasar Terapung Lok Baintan namun hanya menelan kecewa karena terlambat datang atau salah mendapatkan info jam operasional.

3. Melihat dari atas jembatan

Perlu diketahui bahwa Pasar Terapung Lok Baintan akan mengikuti arus aliran sungai. Bisa dikatakan jika saat siang, maka Pasar Terapung Lok Baintan akan makin ramai ke arah hilir. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk melihat aktivitas kesibukan pasar dari atas jembatan gantung yang dekat dengan lokasi. Siapkan mata kamera Anda untuk mengabadikannya.

4. Bernegosiasi untuk naik jukung penjual

Tidak perlu repot untuk menyewa jukung jika ingin merasakan sensasi naik perahu kecil di Pasar Terapung Lok Baintan. Anda bisa mencoba bernegosiasi secara baik-baik dengan penjual yang isi perahu atau dagangannya tidak terlalu banyak, sehingga Anda dapat menaikinya. Berikan uang seikhlasnya meskipun sang penjual terkadang juga tidak mengharap imbalan.

5. Wisata kuliner

Nah, satu aktivitas yang paling ditunggu saat berlibur adalah wisata kuliner. Perlu Anda tahu bahwa wisata kuliner di Pasar Terapung Lok Baintan, adalah makanan khas Banjar yang super lezat yaitu soto Banjar. Lokasi pedagang soto Banjar memang cukup banyak dijumpai, namun salah satu yang paling populer adalah Soto Bang Amat, Soto Yana-Yani, atau Soto bawah Jembatan (SBJ). Dijamin bikin lidah Anda bergoyang!

 

6. Perhatikan keamanan

Jika Anda sering berwisata ke tempat-tempat yang baru, selalu waspada dan mawas diri dengan barang-barang bawaan seperti dompet, tas, handphone atau kamera. Dengan kondisi mobilitas yang tinggi atau Anda nanti berpindah-pindah tempat, jangan sampai ada barang tertinggal atau terjatuh.

7. jaga kebersihan

Hal ini berlaku untuk para wisatawan di mana saja dan kapan saja. Tidak peduli apakah wisata perairan ataupun daratan. Sangat penting untuk menjaga kebersihan lingkungan tempat wisata. Terutama, ketika Anda berwisata di lokasi perairan. Seperti Pasar Terapung Lok Baintan, maka  jenis sampah seperti botol-botol plastik, kemasan/bungkus makanan akan mudah terlihat. Karena mengapung di sekitar jukung. Pasti Anda tidak ingin dicap sebagai wisatawan yang tidak teredukasi dengan baik karena tidak malu membuang sampah sembarangan, kan? Jaga kebersihan.

***

Bagi Anda yang berasal dari luar kota Banjarmasin atau bahkan luar pulau Kalimantan. Anda sebaiknya melakukan reservasi penginapan yang berada di pusat kota. Karena penginapan di sana sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap dan memadai. Atau jika tak mau repot, hubungi saja agen travel wisata.  Selain itu, Anda dapat dengan mudah menemukan obyek wisata lain di siang ataupun malam harinya. Mengingat aktifitas pasar terapung hanya berlangsung singkat saja. Tak kalah menariknya, Anda juga dapat menghabiskan waktu di Banjarmasin dengan menjajal kuliner khas yang ada di sana. Selamat berlibur ke Banjarmasin, kami siap melayani Anda! (jari adventure-det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *