Udaranya Bersih dan Segar, 5 Negara Dengan Hutan Terluas di Muka Bumi

Tahukah Anda bahwa hutan disebut sebagai paru-paru dunia? Biasanya, hutan akan tumbuh subur di tempat yang memiliki iklim dan cuaca yang bagus.

Hutan memberikan udara yang lebih bersih dan segar. Apalagi jika hutan itu memiliki kawasan yang luas. Semakin luas dan subur hutan, maka kebersihan udara dan iklim juga semakin terjaga dengan baik.

Suasana di hutan juga lebih segar dan menenangkan dari pada di kota dengan segala polusinya. Apalagi di era globalisasi ini, hutan sangat berperan penting dalam menyelamatkan udara yang ada di bumi ini.

Seperti yang dikatakan tadi, semakin luas dan subur hutannya maka semakin bersih pula udara dan iklimnya. Maka, kali ini kita akan membahas tentang beberapa negara dengan hutan terluas di dunia. Ini dia pembahasannya.

Rusia

Negara Rusia sudah dinobatkan sebagai negara dengan hutan terluas yang ada di dunia. Bagaimana tidak, hutan di Rusia bahkan mencapai 7.762.602 km2 luasnya.

Hutan ini dikelilingi oleh sungai dan juga air terjun yang menawan. Udara dan iklimnya juga sangat terjaga. Sama sekali tidak ada polusi di kawasan hutan dan di sekitarnya.

Hutan ini juga menjadi habitat dari banyak binatang seperti Harimau Siberia dan juga Macan Tutul Siberia. Kedua hewan tesebut bahkan hanya ada di kawasan hutan ini saja. Hutan di Rusia ini dijadikan sebagai hutan lindung untuk satwa liar.

Brazil

Brazil tentu saja masuk ke dalam beberapa negara dengan hutan terluas di dunia. Ya hutan itu tidak lepas dari kawasan hutan Amazon. Hutan ini memiliki luas sebesar 4.776.980 km2 serta dinobatkan sebagai negara kedua dengan hutan terluas di dunia.

Hutan Amazon merupakan hutan hujan dengan banyak spesies binatang di dalamnya. Satwanya sangat beraneka ragam serta terdapat juga tanaman beragam hingga tanaman terbesar di dunia.

Namun, hutan Amazon terkenal akan keliarannya serta cukup berbahaya. Itu karena beberapa spesies predator ganas dan langka hidup di kawasan hutan ini. Contohnya adalah ikan Piranha dan ular Anakonda.

Kanada

Hutan yang ada di negara Kanada memiliki luas mencapai 3.101.340 km2 dan menempati urutan ketiga dari negara dengan hutan terluas di dunia.

Kanada merupakan negara dengan lingkungan yang maju, namun hutannya masih sangat terjaga kelestariannya. Kanada bahkan menerapkan sebuah system perlindungan hutan dan juga taman nasional dengan sangat rapi.

Kebih dari 96 persen dari luas hutannya merupakan milik public, sedangkan sisanya adalah pengelolaan pihak swasta. Negara ini wajib untuk kita contoh di negara Indonesia.

Amerika Serikat

Meskipun merupakan negara yang sangat maju, negara Amerika Serikat ternyata juga memiliki kawasan hutan yang luas dan masih terjaga keindahannya.

Luasnya adalah 3.030.890 km2 dan menjadi negara keempat dengan hutan terluas di dunia. Namun, negara ini sempat terjadi kejadian pembabatan besar-besaran yang digunakan untuk pemukiman penduduk serta lahan pertanian.

Kegiatan ini memberikan dampak besar terhadap keanekaragaman hayati. Beberapa spesies mulai langka dan punah.

Meskipun begitu, pemerintah Amerika Serikat masih tetap menjaga sisa hutan yang masih ada untuk tetap lestari dan juga berusaha memperbaiki keseimbangan hayati yang rusak.

Baca juga:

5 Destinasi Ramah Muslim di Dunia Untuk Travelling di Bulan Ramadhan

 

Tiongkok

Tiongkok dikabarkan memiliki hutan yang selalu mengalami peningkatan di beberapa tahunnya.

Food and Agriculture Organization atau biasa disebut dengan FAO menyatakan bahwa hutan di Tiongkok mengalami kenaikan di tahun 1990 dengan luas 157.000.000 hektar menjadi 197.000.000 hektar di tahun 2005.

Cukup mencengangkan bukan? Inilah hutan yang patut dicontoh karena bukannya semakin sedikit dan menipis, namun semakin lebih banyak dan luas. Itu sangat berpengaruh dengan negara itu sendiri agar jauh dari polusi dan terjaga iklimnya.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.