Cari Oleh-oleh Liburan? Ini 6 Makanan khas Turki yang Populer Sepanjang Masa

Selain tempat wisata dan budayanya yang kental, Turki juga terkenal akan kuliner khasnya yang telah mendunia. Meskipun populer dan bisa dinikmati di negara lain, rasanya pasti akan berbeda jika Anda menikmati kuliner ini langsung di negara asalnya.

Banyak wisatawan yang memburu makanan khas Turki yang terkenal akan rasanya yang unik. Makanan khas Turki bisa Anda temukan dengan mudah di area pasar, tempat wisata, kawasan perbelanjaan, serta warung pinggir jalan.

Pastikan Anda mencoba beberapa kuliner terkenal di Turki ketika berkunjung ke sana. Apa saja kuliner Turki yang terkenal itu?

1. Kebab Turki

Siapa yang belum pernah mencoba kebab turki? Ya! Kebab turki memang sudah ada di Indonesia mulai dari yang sama persis hingga yang paling jauh dari versi asli di Turki.

Bagi Anda yang belum tahu, kebab adalah daging kambing, sapi, atau ayam yang diiris tipis dari pemanggang daging besar berbetuk vertical berputar.

Daging itu disajikan dengan roti pita, tortilla, sandwich atau burger. Di dalamnya terdapat tambahan sayuran seperti bawang bombay dan mentimun serta diberi saus sambal atau mayonnaise.

Kebab paling populer di Turki adalah doner kebap, sis kebap, dan iskender kebab. Semua jenis kebab itu dibedakan berdasarkan roti, penyajian, dan tambahan lainnya.

2. Turkish Delight

Makanan yang satu ini tidak kalah populernya dengan kebab turki. Makanan ini terkenal hampir ke seluruh dunia mulai dari Yunani, Romania, Amerika, dan yang lainnya.

Turkish delight bahkan pernah masuk dalam novel terkenal ‘The Chronicles of Narnia : The Lion, the Witch, and the Wardrobe’.

Jika Anda pernah melihat cerita itu dalam film, Anda pasti tahu manisan dengan bermacam-macam warna dalam bentuk potongan kecil yang diberikan dari penyihir ke anak laki-laki dalam cerita. Potongan manisan itu ditaburi oleh bubuk gula agar tidak lengket dan menempel.

3. Dondurma

Anda pasti tau es krim yang dijual di kios pinggir jalan dengan penjual yang menggunakan rompi dan peci khas sambil melakukan atraksi di depan pelanggannya.

Es krim ini sempat viral dan populer di social media karena atraksinya untuk menarik pembeli. Ya, es krim ini bernama dondurma, es krim dengan tekstur liat dan lengket khas Turki.

Jika Anda membeli es krim ini, maka Anda harus bersiap-siap untuk tertawa karena atraksi unik dari penjual. Penjual akan memberikan es krim lalu menariknya kembali saat cone nya sudah ada di tangan pembeli. Cukup menarik, bukan?

4. Kunefe dan Kadaif

Kedua makanan khas ini merupakan varian dari kanafeh yang merupakan makanan khas negara-negara kekuasaan kekaisaran Ottoman.

Makanan ini sempat populer di social media karena bentuk dan tampilannya yang unik. Kanafeh terbuat dari tumbukan helaian kadayif dengan isian kacang atau keju. Kunefe disajikan dengan siraman sirup atau madu yang membuat rasanya lebih nikmat.

Biasanya makanan ini juga diberi taburan kacang pistachio yang sudah digiling. Sedangkan kadaif menggunakan isian keju atau kacang cincang dan biasanya dimasak dalam jumlah banyak. Kadaif disajikan dengan dipotong terlebih dulu lalu disiram dengan sirup atau madu.

5. Pide

Makanan khas Turki yang terkenal lainnya adalah pide atau biasa kita sebut sebagai pizza Turki. Pizza ini menggunakan roti pita yang diberi topping daging sapi, tuna cincang, atau kambing serta tomat, paprika, bawang bombay, keju atau telur.

Pizza ini sangat unik karena dibentuk layaknya perahu dan dipotong menjadi beberapa bagian. Makanan ini sangat sering ditemui di beberapa restoran Turki yang tersebar di seluruh dunia.

Baca juga:

Kerak Telor Khas Betawi Nan Istimewa

 

6. Kofte

Kofte adalah makanan khas Turki yang sekilas terlihat seperti bakso, namun disajikan dengan cara berbeda. Daging yang digunakan berupa daging giling sapi, kambing, atau ayam yang dicampur dengan bumbu serta bahan tambahan lainnya.

Makanan ini bisa diolah dengan cara dipanggang, digoreng, atau dikukus sesuai dengan yang diinginkan. Kofte terkenal hingga ke negara lainnya seperti India dan Arab. Kofte mudah ditemukan di restaurant Turki dengan sajian tambahan berupa nasi, saus, dan salad.

***

Itulah beberapa makanan khas Turki yang terkenal ke seluruh dunia. Beberapa di antaranya memang sudah banyak dijumpai di Indonesia, namun mencobanya langsung di negara Turki mungkin akan berbeda rasanya.

Pastikan untuk memburu semua makanan di atas ketika berwisata ke Turki. Jangan lupa untuk  menggunakan jasa agen tour and travel profesional saat liburan ke berbagai destinasi di Indonesia dan mancanegara. Gunakan Jari Adventure, mitra terbaik perjalanan wisata Anda.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.