Tugu Timah, Kejayaan Masa Lampau Yang Meredup Dimakan Zaman

Tugu Timah –  Tercatat dalam sejarah Pulau Singkep sebagai pulau penghasil timah yang masih memiliki bukti sejarah mengenai masa kejayaannya. Salah satunya ialah Tugu Timah yang sekarang masih berdiri kokoh di kawasan Bangka Selatan, Kepulauan Bangka Belitung.

Hanya satu hal yang disayangkan, keberadaan tugu tersebut kini sangat memprihatinkan. Bahkan banyak generasi muda kini tidak mengerti dengan keberadaan tugu tersebut.

Dijelaskan pada tanggal 24 Februari 2016 oleh salah seorang tokohmuda di singkep, “Kita berharap keberadaan Tugu Timah menjadi perhatian. Tugu tersebut memiliki nilai sejarah yang harus diketahui generasi muda.”

Lokasi tugu timah

Berada di titik 0 (nol) Kota Dabo tepatnya di samping Gedung Islamic Center, tugu ini menjadi saksi kejayaannya di masa lampau. Keberadaannya sekarang cukup memprihatinkan dan fakta yang menyedihkan ini berkata bahwa beberapa generasi muda justru bahkan tidak mengerti latar belakang sejarah adanya tugu timah tersebut.

Tugu timah memiliki tinggi sekitar 3 meter. Di puncaknya terdapat mangkuk pengeruk, mangkuk tersebut merupakan pengeruk yang dipergunakan oleh kapal keruk dalam melakukan pengerukan biji timah di sekitar Tanah Singkep.

Ada satu hal yang sangat disayangkan, satu dari sekian prasasti yang terbuat dari tembaga di tugu tersebut kini hilang. Terdapat tulisan latar belakang sejarah penambangan timah yang pernah dilakukan di Singkep di tugu tersebut, yang dimulai oleh kesultanan Lingga.

Baca juga; Nikmati dan Kunjungi Kemewahan 4 Resort di Bintan Ini

Perlu perhatian pemerintah

Salah satu pengurus Tugu Timah menjelaskan, “Sungguh disayangkan, prasasti yang merupakan elemen penting di tugu timah kini sudah hilang akibat oknum asing yang tidak bertanggung jawab. Suatu saat kita juga menginginkan replika prasasti kembali dibuat pada Tugu Timah itu, agar menjadi pencerahan bagi anak cucu mengenai sejarah penambangan timah yang pernah dilakukan khususnya di Pulau Singkep.”

Beberapa wacana mengusulkan untuk memindahkan tugu tersebut ke tempat yang lebih baik. Sehingga dapat lebih diketahui masyarakat atau wisatawan. Namun hingga saat ini wacana tersebut masih belum dilaksanakan.

Menurut salah satu tokoh, adanya keinginan Bupati Lingga untuk menjadikan eks Implasment PT Timah menjadi Bisnis Center merupakan hal yang tepat. Dalam perencanaannya ini juga terdapat taman di kawasan tersebut.

“Tugu Timah yang nantinya dipindahkan dan menempati taman yang ada di Bisnis Center adalah pilihan yang tepat,” ungkapnya.

Saksi bisu kejayaan singkep

Hal ini disebabkan selain menjadi pusat keramaian. Lokasi tersebut juga merupakan satu kesatuan yang memiliki nilai sejarah. Dimana kejayaan Singkep pada masanya ada pada tugu timah tersebut.

Seharusnya ini bisa dijadikan suatu semangat baru. Bahwa sebenarnya kita pernah mengalami kejayaan dan akan mengulangi masa kejayaan tersebut dengan cara yang berbeda.

“Saya sendiri pernah berdiskusi bersama Bupati Lingga Alias Wello, dan beliau juga menyetujui dan sudah merencanakan hal itu,” ungkapnya.

Sungguh sangat disayangkan. Selain tidak terawat bahkan tidak terurus, posisi tugu ini pun kini terisolir  dan tersembunyi. Hal ini disebabkan karena berada  tepat di belakang Gedung Islamic Centre Dabo Singkep.

Lokasi tugu kurang strategis

Tugu ini berada di samping Mesjid Raya Al-Zulf. Jika dipandang dari jalan utama, yang terlihat hanyalah bangunan Islamic Centre. Barulah tugu ini dapat dilihat setelah masuk pertigaan arah ke bukit timah.

Dengan memberlakukan Undang-undang Nomor 9 Tahun 1969 dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 1969, pada tahun 1976 status PN Tambang Timah dan Proyek Peleburan Timah Mentok yang seluruh sahamnya dimiliki oleh Negara Republik Indonesia diubah menjadi bentuk Perusahaan Perseroan, begitu pula dengan namanya diubah menjadi PT Tambang Timah atau biasa disebut Persero.

Fakta mengungkapkan bahwa tugu timah lebih dahulu dibuat, masa berikutnya barulah dibangun gedung Islamic Centre, hal ini juga terbukti dari informasi masyarakat dan fakta di lapangan.

Salah seorang warga di daerah tugu timah, mengungkapkan bahwa seharusnya pihak–pihak terkait sebelum melaksanakan pembangunan gedung islamic centre, terlebih dahulu harus memindahkan Tugu PT Timah tersebut ke lokasi yang strategis juga.

“Tugu timah ini adalah salah satu monumen sejarah,” tegas Edward kepada salah satu wartawan.

Edward menambahkan, hal ini harus jadi perhatian semua pihak karena merupakan satu bukti sejarah akan keberadaan PT Tambang Timah di antara sekian banyak gedung dan bangunan eks PT Timah lainnya. Semoga dalam waktu dekat monument tugu timah mendapatkan perhatian.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *