Tugu Proklamasi, Sajikan Wisata Sejarah di Ibukota

Tugu ProklamasiBerwisata ke Jakarta tidak harus selalu ke pusat perbelanjaan karena ibukota menawarkan banyak sekali tempat wisata yang menarik selain mal. Terdapat puluhan museum yang tersebar di seluruh wilayah Jakarta dan juga Kepulauan Seribu yang bisa Anda kunjungi bila menginginkan liburan yang sarat akan ilmu pengetahuan. Atau, Anda juga dapat mengajak serta buah hati untuk having fun sekaligus wisata  sejarah dengan mengunjungi tugu atau monumen bersejarah yang terdapat di Ibukota. Salah satu tugu atau monumen bersejarah yang patut dikunjungi adalah Tugu Proklamasi.

Sudah pernah berwisata sejarah ke sana? Bila Anda termasuk salah satu dari sekian banyak warga Jakarta atau mungkin pelancong yang belum mengetahui keberadaan tugu atau monumen yang menjadi saksi peristiwa Proklamasi Kemerdekaan RI ini, sebaiknya simak sedikit ulasan tentang Tugu Proklamasi berikut ini!

Sejarah Tugu Proklamasi

Tugu Proklamasi merupakan sebuah tugu peringatan proklamasi kemerdekaan RI. Tugu Proklamasi berdiri di tanah lapang kompleks Taman Proklamasi di Jl. Proklamasi, yang dulunya dikenal sebagai Jl. Pegangsan Timur No. 56, Jakarta Pusat. Di lokasi inilah tepatnya naskah Proklamasi Kemerdekaan RI pertamakalinya dibacakan oleh Ir. Soekarno yang kemudian menjadi Presiden RI dan didampingi oleh Drs. Mohammad Hatta, yang kemudian menjadi wakil Presiden RI pertama, pada 17 Agustus 1945. Namun sayangnya, rumah bersejarah bekas kediaman Sang Proklamator, yang dulu dikenal dengan nama “Gedung Proklamasi,” telah musnah sejak 1960. Pada waktu itu, Bung Karno menyetujui rumahnya untuk direnovasi tapi proyek tersebut ternyata tak pernah terwujud. Rumah bersejarah itu kini menjelma menjadi kawasan monumen seluas empat hekta dengan tiga monumen, yaitu Tugu Petir, patung perunggu Soekarno-Hatta dengan naskah proklamasi diatas marmer hitam, dan tugu wanita.

Wisata Heroik

Tugu Proklamasi atau juga dikenal dengan sebutan Tugu Petir mempunyai bentuk berupa bulatan tinggi dengan kepala menyerupai lambang petir, seperti lambang Perusahaan Listrik Negara (PLN). Tercantum pula tulisan “Disinilah Dibatjakan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada Tanggal 17 Agustus 1945 djam 10.00 pagi oleh Bung Karno dan Bung Hatta”.

Baca juga: Museum Wayang, Obyek Wisata Unik di Kawasan Kota Tua Jakarta

Tugu atau Monumen Proklamasi terdiri dari 17 pilar yang menggambarkan tonggak lahirnya Bangsa Indonesia yaitu 17 Agustus 1945. Di depan pilar-pilar ini terdapat monumen dua patung Soekarno-Hatta berukuran besar yang berdiri berdampingan, hampir sama dengan dokumentasi foto ketika naskah proklamasi dibacakan. Di tengah-tengah dua patung ini terdapat patung naskah proklamasi yang terbuat dari lempengan batu marmer hitam dengan bentuk dan susunan tulisan serupa dengan naskah ketikan aslinya. Tepat di bawah batu marmer, terdapat piagam peresmian monumen proklamator oleh Presiden ke-2 RI Soeharto yang berupa marmer putih.

Apa saja yang tersimpan di dalam Tugu Proklamasi?

Selain itu, dalam komleks ini juga terdapat tugu berbentuk obelisk yang bernama Tugu Peringatan Satoe Tahoen Repoeblik Indonesia.  Tugu ini dibangun tepat satu tahun setelah kemerdekaan Indonesia, tepatnya pada 17 Agustus 1946. Pada saat itu, Indonesia sedang dikuasai oleh Sekutu. Di sisi tugu terpahat tulisan di atas marmer yang berbunyi “Atas oesaha wanita Djakarta.” Kutipan naskah proklamasi dan juga peta Indonesia yang terbuat dari marmer dapat ditemukan dibagian sisi lain dinding tugu.    

Setiap tahunnya, kawasan Tugu Proklamasi dipergunakan sebagai tempat peringatan Hari Kemerdekaan. Selain itu, tempat ini juga dipilih sebagai tempat berkumpulnya para demonstran untuk menyuarakan pendapat mereka. Bagi penduduk yang tinggal di sekitar kawasan Tugu Proklamasi, tempat ini mempunyai arti tersendiri. Pada hari-hari biasa, terutama saat sore menjelang, mereka biasanya berkumpul di area taman untuk melakukan beragam aktifitas. Sebagian dari warga ada yang berolahraga ataupun duduk-duduk santai sambil menunggu senja datang. Sebagian lagi ada yang menjadikan lokasi ini sebagai tempat bertemu atau berkumpul. Bagi anak-anak, kawasan Tugu Proklamasi ini menjadi tempat favorit mereka untuk bermain.      

Tips dan trik wisata ke Tugu Proklamasi

Berikut ini adalah beberapa saran dan tips sederhana jika ingin berlibur ke Tugu Proklamasi agar semakin menyenangkan:

  1. Akhir pekan bisa dibilang kondisi akan sedikit ramai, jika Anda ingin kondisi yang agak lengang, bisa memilih waktu libur di luar akhir pekan. Wisata sejarah memang umumnya ditujukan untuk kalangan pelajar atau umum, namun bukan berarti di luar kalangan itu dilarang, hanya saja si Kecil akan lebih mudah bosan berada di wisata sejarah dengan patung atau benda-benda yang diam.
  2. Datanglah mulai pagi hari, karena kondisi relatif lebih lengang sehingga berkeliling membawa anak-anak pun akan terasa lebih nyaman.
  3. Lokasi parkir, berada di sekitar kawasan Tugu Proklamasi. Jika mungkin carilah tempat parkir yang aman dengan penjaga/petugas parkir.
  4. Memasuki areal Tugu Proklamasi, terdapat sebuah taman dengan Sang Proklamator sedang membacakan pidato sebagai monumen untuk mengenang momen pembacaan naskah Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945.

**

  1. Taman Tugu Proklamasi relatif akan lebih ramai pada saat sore hari. Di sini banyak pemuda atau masyarakat sekitar yang bermain bola dan beraktivitas untuk mengisi waktu luang di sore hari.
  2. Tidak perlu membawa bekal makanan dan minuman yang berlebihan. Karena di sekitar taman Tugu Proklamasi banyak terdapat penjaja makanan dan minuman yang bisa mengisi perut sementara waktu.
  3. Jika ingin membeli oleh-oleh atau cinderamata, di sini juga terdapat beberapa kios penjual suvenir.
  4. Jangan lupa bawa kamera hp atau kamera digital untuk mengabadikan momen indah di Tugu Proklamasi bersama keluarga.
  5. Areal Tugu Proklamasi mulai beroperasi sejak jam 06.00 hingga sektar 21.00 malam. Anda bisa memilih waktu yang tepat untuk berkunjung dengan bebas karena untuk memasuki area taman ini tidak dipungut biaya masuk atau tiket masuk.

**

Bagi mereka yang gemar menikmati wisata sejarah, Tugu Proklamasi ini merupakan tujuan wisata yang pas bagi Anda. Dengan keberadaan tugu beserta patung sang Proklamator, Anda akan serasa dibawa ke masa-masa pembacaan Proklamasi kemerdekaan RI. Tertarik melakukan wisata sejarah di Tugu Proklamasi? Segera merapat ke lokasi ya… (jari adventure-det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.