Tugu Pensil Tanjungpinang, Bertemunya Panorama Sungai dan Laut

Lokasi Tugu Pensil

Menjadi tempat wisata yang ikonik dari Kota Tanjungpinang, Tugu Pensil mungkin bisa menjadi rekomendasi untuk anda ketika ingin melepas penat sejenak. Tugu Pensil ini terletak di Jalan Haji Agus Salim, Tanjungpinang, Kepulauan Riau. Yang membuat pengunjung betah berlama-lama karena lokasinya yang bersebelahan dengan sungai dan tepian pantai, sehingga cocok bagi anda yang ingin menyegarkan pikiran.

Yang Ditawarkan Oleh Tugu Pensil

Tugu tersebut dinamakan Tugu Pensil karena memiliki bentuk tugu putih tegak berdiri dengan ujung tugu seperti ujung pensil yang runcing dan disertai bagian bawah yang tidak langsung menyentuh tanah, namun diberi alas seperti segitiga terbalik.

Tujuan dari dibangunnya tugu ini adalah sebagai simbol pemberantasan buta huruf dan penghargaan buta huruf bagi Kepulauan Riau yang dapat membebaskan daerahnya dari buta huruf melalui program Pemberantasan Buta Huruf ketika tahun 1960. Tugu ini dirancang oleh salah seorang putra daerah bernama Ir. Nizar Nasir. Peletakan batu pertamanya dilakukan pada pertengahan tahun 1962 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia kala itu, yakni Prof. Prijono.

Taman kota

Di dekat tugu ada sebuah taman kota yang menjadi spot favorit karena tempatnya  yang rindang sehingga membuat hawa di sekitarnya menjadi sejuk. Taman kota tersebut sekaligus menjadi tempat berolahraga masyarakat, misalnya untuk bermain boli, jogging, maupun fitness dengan beberapa alat yang telah disiapkan.

Tak hanya itu, juga terdapat rumah makan, kios-kios kecil, gazebo, area bermain anak, dermaga kecil, bahkan akses langsung menuju pantai. Bila ingin menikmati jajanan yang ramah di kantong, disana juga terdapat pedagang keliling yang menjajakan makanan seperti siomay atau sosis.

Tempatnya yang nyaman, membuat Tugu Pensil ramai dikunjungi saat akhir pekan utamanya. Biasanya area sekitaran tugu menjadi tempat bersantai keluarga di pagi dan sore hari.

Baca juga: Serunya Bermain dan Belajar di Taman Wisata Mekarsari

Selain bersantai, anda juga dapat menikmati senja sembari menunggu matahari tenggelam. Jaraknya yang tidak jauh dari pantai, membuat pengunjung bisa melihat indahnya deburan ombak dan kapal feri yang berlalu lalang. Jika beruntung, anda dapat berjumpa langsung dengan lumba-lumba yang melompat-lompat ke permukaan sesekali.

Tips Untuk Anda Yang Ingin Berkunjung :

Ketahui Akses Menuju Kesana

Untuk anda yang ingin ke Tugu Pensil, ketahui dulu aksesnya. Menuju Tugu Pensil bisa ditempuh dengan kendaraan umum seperti angkot atau ojek, bisa juga menggunakan kendaraan pribadi karena tempatnya yang mudah dijangkau.

Datang Bersama Keluarga

Datang ke Tugu Pensil memang paling pas bila bersama teman-teman maupun keluarga karena suasana akan semakin meriah. Anda bisa menikmati keindahan alam sekitar Tanjungpinang berupa pantainya yang eksotis, sambil berfoto ria bersama orang-orang tercinta.

Bersantai Sambil Olahraga

Memiliki arena olahraga dan jogging track, pengunjung bisa menikmati udara segar sekitar tugu sambil berolahraga. Biasanya warga lokal yang berolahraga datang ketika pagi dan sore hari.

Tetap Jaga Kebersihan

Sebagai salah satu tempat wisata di Kota Tanjungpinang, Dinas Tata Kota Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DTKPP) Pemko Tanjungpinang menjadi pihak yang  menangani kebersihan Tugu Pensil. Meski begitu, sebagai wisatawan yang berkunjung kita juga memiliki tanggung jawab untuk menjaga kebersihan agar anda maupun pengunjung lain yang datang kesini tetap merasa nyaman.

Datang saat minggu pagi

Menghabiskan waktu luang di hari minggu atau akhir pekan. Ajak keluarga ke kawasan Tugu Pensil. Lebih baik jika datang saat pagi – pagi untuk berolahraga seperti jogging atau berjalan – jalan. Panorama sungai yang indah serta kawasan di sekitar area sangat menyenangkan. Terutama, ketika akhir pekan, banyak keluarga – keluarga yang membawa anak – anak untuk bersama merajut kembali waktu yang berkualitas atau quality time.

Berfoto – foto

Liburan jauh – jauh ke kota Tanjung pinang, tak lengkap rasanya apabila mengunjungi Tugu Pensil tanpa mengabadikan gambar alias berfoto. Spot yang paling bagus adalah di depan Tugu Pensil atau mengambil Tugu Pensil dan sungai sebagai latar belakang. Bisa memakai tongsis atau pun kamera SLR agar foto yang diambil terlihat lebih menawan.

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.