Travel Wisata Pulau Bangka – Pantai Parai Tenggiri

Selain penghasil timah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terdapat begitu banyak kawasan wisata pantai. Salah satu objek wisata pantai di tujuan travel wisata Pulau Bangka ialah Pantai Parai Tenggiri. Kawasan Pantai ini berjarak kurang lebih 40 kilometer dari Pusat Ibukota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Tepatnya berada di Kabupaten Bangka Induk, Sungai Liat. Objek wisata Pantai ini memiliki tekstur tanah yang landai dengan ombak yang relatif kecil. Tak sedikit wisatawan yang datang berkunjung ke pantai ini dapat melakukan aktivitas berenang sama hal pada dasarnya yang dilakukan oleh pengunjung pada umumnya.

Sama dengan seperti pantai-pantai lainnya, pantai ini juga memiliki hamparan pasir putih yang sangat indah dilihat. Namun, yang sedikit membedakannya adalah air laut pantai yang berwarna hijau tosca yang menambah kawasan objek wisata Pantai Parai Tenggiri terlihat eksotik. Dulunya pantai wisata ini dikelola oleh pemerintah setempat, namun sekarang ini dikelola oleh pihak swasta. Kawasan travel wisata pantai ini merupakan kawasan wisata hijau yang atau disebut dengan Parai Green Resort  sebagai bentuk penyelamatan bagi lingkungan. Oleh karena itu Pantai Parai Tenggiri adalah pusatnya pantai yang ada di Kabupaten Bangka Induk Provinsi Kepulauan Bangka Belitung saat wisatawan luar yang datang ke Pulau Bangka.

Selain memiliki pesona keindahan air lautnya yang berwarna hijau dan kebersihan pantainya yang terkelola, objek wisata pantai ini memiliki nilai daya tarik tersendiri di dalamnya. Hamparan bebatuan yang berserakan di sepanjang area pantai dengan berbagai bentuk dan ukuran juga menambah nilai keindahan dari Pantai Parai Tenggiri. Selain itu juga kita bisa menikmati keindahan alam pantai ini dengan cara duduk-duduk di atas bebatuan dan mengabadikan moment yang indah bersama kerabat atau keluarga.

Begitu banyak keindahan yang dapat dinikmati di area kawasan pantai ini, karena selain memiliki panorama pantai yang indah, laut yang jernih kehijauan, pasir putih nan lembut, disertai deburan ombak yang melambai-lambai. Di pantai ini juga terdapat pulau yang sangat eksotis, yaitu pulau batu atau biasa yang disebut dengan rock Island, yang dikelilingi oleh banyak bebatuan granit unik dan besar dengan warna menggoda dan ukuran yang beragam, batu yang besar bervariasi dan ombak kecil memantul indah di pantai dan sekitar bebatuan kecil lainnya. Selain itu juga, para pengunjung juga bisa melakukan aktivitas seperti memancing dan snorkling. Dan jika ingin menikmati keindahan alam bawah laut, para pengunjung juga bisa menyelam untuk menikmati penghuni bawah laut pantai ini. Yang pastinya didukung oleh prasarana dan fasilitas peralatan yang dapat disewakan secara lengkap dengan perahu dan pemandunya secara langsung. Selain aktivitas tersebut, masih ada lagi olahraga air yang tersedia dalam kawasan pantai ini, diantaranya seperti jet ski, dan banana boat yang dapat memacu adrenalin pengunjung pantai.

Dan bagi wisatawan yang pernah berkunjung ke Pulau Bangka Belitung, pantai Parai Tenggiri tentu sudah tak asing lagi tentunya. Apalagi dikalangan masyarakat Bangka sendiri. Objek wisata ini dikenal luas sebagai ikon pariwisata Kabupaten Bangka tepatnya. Namun demikian hingga sekarang begitu banyak pengunjung yang datang sebagai tempat destinasi yang tepat untuk berwisata maupun aktifitas lainnya baik sendiri maupun bersama rekan atau keluarga pastinya.

Objek wisata Pantai Parai bisa dikatakan sebagai kawasan pantai termahal dan tercantik di deretan timur Pulau Bangka. Kalau wisata pantai lainnya, pengunjung bebas masuk kapan saja tanpa harus membayar di pantai Bangka pada umumnya, lain halnya dengan Objek wisata cantik Parai. Sang primadona ini pantas disebut sebagai salah satu pusat kunjungan travel wisata Pulau Bangka.

Kawasan travel wisata Pulau Bangka menjadi favorit para pelancong ini sudah dilengkapi dengan resort dan termasuk kawasan hotel bintang empat, yang bisa dijadikan tempat penginapan yang nyaman dikelilingi panorama alam nan indah. Saat wisatawan sedang berlibur di Pulau Bangka, tepatnya Kabupaten Bangka Induk, Sungailiat, resort di Pantai Parai sudah termasuk hotel bertaraf internasional yang biasanya bisa menjadi pilihan yang pas untuk menginap. Apalagi ditambah dengan objek fotografi yang sangat indah, membuat para pengunjung tidak mau lagi beranjak ke kawasan objek wisata lainnya.(Jariadventure/Sari Agustika)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

One thought on “Travel Wisata Pulau Bangka – Pantai Parai Tenggiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.