Travel Wisata Gunung Kidul – Pesona 6 Pantai Indah

travel-wisata-gunung-kidul

Melepas segala penat dan stres karena rutinitas, ada baiknya Anda melipir ke pantai. Pantai di daerah Gunung Kidul menurut sebagian orang memiliki daya magis dan entah mengapa bisa seakan membawa pergi segala stres ataupun kesedihan seiring dengan perginya gulungan ombak kembali ke tengah laut.

Berlibur di pantai sambil memandang lautan tak bertepi, seringkali mampu menyegarkan pikiran yang sedang suntuk. Sepulang dari pantai, maka bisa dipastikan pikiran kembali segar dan ide-ide baru siap berdatangan untuk menaklukkan segala tantangan kerja esok hari.

Nah, bicara tentang liburan ke pantai, tak terlalu jauh dari kota Yogyakarta, travel agen wisata biasanya akan merekomendasikan travel wisata Gunung Kidul. Tidak terlalu mengherankan, pasalnya Gunung Kidul memiliki “harta karun” berupa pesona pantai-pantai bertebing curam yang tiada duanya. Selain, panorama indah lautan lepas yang bertemu langsung dengan Samudera Hindia, gulungan ombak yang tinggi dan besar kerap menjadi langganan para turis asing atau domestik yang ingin berselancar atau menunggangi ombak.

Tak cukup itu, tebing-tebing curam berbahan batu karang, mampu menuntaskan hasrat para petualang nyali dalam kegiatan panjat tebing. Kalau ini kurang menantang, jangan lupa bahwa dasar tebing berbatasan langsung dengan perairan laut yang seakan-akan siap menelan siapa saja yang jatuh ke dalamnya. Wah, bisa dipastikan kalau persediaan nyali Anda tidak banyak, kegiatan panjat tebing akan membuat kaki lemas sebelum pijakan kaki pertama.

Baiklah, bagi para pecinta pelesiran ke pesisir alias pantai, coba cek daftar tujuan wisata pantai ketika Anda mengambil paket travel wisata Gunung Kidul berikut ya:

1. Pantai Baron

Pantai Baron berada dalam daftar teratas travel wisata Gunung Kidul bukan tanpa alasan. Pantai Baron termasuk dalam obyek wisata pantai yang masih asri. Dibutuhkan waktu kurang lebih 2 jam untuk sampai ke Pantai Baron di Gunung Kidul dari pusat kota Yogyakarta.

Sesampainya di Pantai Baron, panorama indah lautan lepas dengan pasir putih langsung tersaji di depan mata. Tak perlu khawatir jika Anda membawa anak-anak kecil, lantaran pihak pengelola pantai sudah menyediakan lifeguard atau penjaga pantai sekadar berjaga-jaga jika ada pengunjung yang melewati batas keamanan bermain di tepi pantai. Di sisi lain, bagi para pecinta selancar ombak pun tak perlu risau, inilah lokasi yang tepat untuk menunggangi gulungan ombak yang berada di sisi berbeda Pantai Baron. Pokoknya, dijamin gak rugi kalau Anda menyempatkan diri ke Pantai Baron!

2. Pantai Drini

Masih berada di Gunung Kidul, tepatnya di Desa Banjarejo, Tanjungsari. Adalah Pantai Drini yang mempesonakan siapa saja yang sudi mampir. Yang paling menarik, terdapat sebuah daratan kecil di tengah pantai. Jika Anda sering melihat film bajak laut dengan sebuah pulau misterius di tengah laut, seperti itulah perumpamaan Pantai Drini. Uniknya lagi, pulau ini seolah membagi Pantai Drini menjadi 2 bagian. Para pengunjung menjadi lebih leluasa untuk bersantai atau hanya bermain-main dan berenang. Pemandangan alam Pantai Drini sangat mudah membuat para pelancong jatuh hati. Bagaimana tidak? Pantai ini dikelilingi oleh tebing-tebing batu karang yang tampak menjulang bagai raksasa bertindak sebagai pelindung alami dari terjangan ombak. Belum lagi, pohon-pohon dan lingkungan asri membuat mata terasa sejuk memandang yang hijau-hijau.

Tidak hanya itu saja, wisatawan juga bisa melihat pemandangan aktivitas para nelayan yang bekerja mencari ikan dengan perahu bercadik dan berlayar warna-warni. Sungguh pemandangan yang tidak akan mudah Anda jumpai di perkotaan. Lebih mirip seperti lukisan.

3. Pantai Sadranan

Beda pantai, beda pula atraksi wisata yang melengkapinya. Sebagai salah satu tujuan travel wisata Gunung Kidul, Pantai Sadranan memiliki keunikan untuk pecinta snorkeling. Snorkeling atau menyelam di perairan dangkal memang sangat mungkin di Pantai Sadranan. Terumbu karang yang dijadikan tempat tinggal spesies ikan dan satwa laut berwarna-warni sangat mudah dilihat dengan hanya berenang di perairan dangkal. Perairan laut di Pantai Sadranan sangat jernih dan bening, sehingga dasar laut di perairan dangkal bisa dilihat langsung maupun memakai kacamata renang. Peralatan untuk snorkeling juga cukup banyak tersedia di lokasi, salah satunya yang populer adalah Sadranan Snorkeling. Agar bisa lebih nyaman melihat berbagai jenis ikan dan terumbu karang ketika snorkeling, pilih waktu terbaik untuk melakukannya yaitu pagi hari atau sore hari.

4. Pantai Ngobaran

Kendari sangat cantik dari segi pemandangan alamnya, usut diusut ternyata Pantai Ngobaran menyimpan sebuah mitos yang didengungkan turun-temurun oleh masyarakat setempat. Yaitu kisah tentang Prabu Brawijaya ke-5 yang menjadikan Pantai Ngobaran sebagai tempat bersemedi atau bertapa. Tidak ada yang tahu pasti mengenai kebenaran mitos ini, namun yang jelas masyarakat lokal menjadikan Pantai Ngobaran sebagai tempat dihelatnya berbagai upacara adat keagamaan sarat aroma mistis. Bahkan, terdapat sebuah candi untuk pemujaan dan patung dewa. Jangan khawatir, itu merupakan salah satu kearifan budaya lokal yang patut kita hormati. Apabila Anda menyempatkan diri ke Pantai Ngobaran, tak akan afdol tanpa mencicipi sate landak yang sangat unik. Terbuat dari daging hewan landak dengan perpaduan saus kacang sebagai sambal atau bumbu. Rasanya sangat lezat dan cocok dinikmati ketika Anda melepas lelah usai bermain atau berenang di Pantai Ngobaran.

5. Pantai Siung

Nama Pantai Siung sudah tak begitu asing bagi para olahragawan yang menyukai panjat tebing alam. Tebing pantai yang berada di sekitar travel wisata Gunung Kidul memang tinggi-tinggi. Sangat cocok dijadikan sebagai sarana olahraga yang menunjang kemampuan agar cepat mahir menguasai teknik panjat tebing. Di sisi timur dan barat adalah spot utama untuk olahraga panjat tebing. Konon, hingga sekarang total ada lebih dari 200-an jalur pemanjatan yang memiliki level kesulitan berbeda demi menguji kemampuan para atlit panjat tebing. Singkatnya, panjat tebing di Gunung Kidul, ya Pantai Siung-lah jawabannya. Semua rasa penat dan deg-degan ketika melakukan aksi memanjat tebing seolah sirna dengan panorama lautan luas berpadu perbukitan dan tebing hijau yang bisa dipandang 360 derajat dari puncak tebing. Wow… keindahannya tak bisa dilukiskan dengan kata-kata.

6. Pantai Jogan

Semua pantai-pantai yang ada di dalam daftar obyek travel wisata Gunung Kidul memang memiliki ciri khas masing-masing. Tak terkecuali, Pantai Jogan. Apa keunikan Pantai Jogan? Ada sebuah air terjun cantik yang ada di tepi pantai. Wah, kapan lagi Anda bisa menikmati dua keindahan ala sekaligus dalam satu spot obyek wisata. Pantai dan air terjun. Pantai Jogan pun memiliki ciri umum perbukitan di travel wisata Gunung Kidul yaitu terbuat dari tanah kapur. Meski demikian, terdapat sumber air yang jernih dan bersih serta air terjun yang airnya langsung jatuh langsung ke laut. Para wisatawan yang berkunjung ke Pantai Jogan bisa menikmati berbagai atraksi wisata seperti bermain-main di tepian pantai atau mandi di sekitar air terjun. Kapan pun Anda memiliki rencana liburan travel wisata Gunung Kidul, tak akan rugi rasanya memasukkan Pantai Jogan ke dalam daftar kunjungan Anda.

Jika Anda bosan berkeliling kota Yogyakarta, silakan memutar kemudi ke arah daerah travel wisata Gunung Kidul. Ada banyak obyek wisata pantai yang sanggup melenyapkan segala stres dan penat karena tekanan kerja atau kejemuan rutinitas sehari-hari. Call us for your happy beach holiday… (Jari Adventure-Detty)

Baca juga : Travel Wisata Yogyakarta – 7 Spot Wajib dikunjungi

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

One thought on “Travel Wisata Gunung Kidul – Pesona 6 Pantai Indah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *