Travel wisata Garut, Daya Tarik Kawah Kamojang Secantik Mojang Priangan

Apakah Anda pernah menikmati mandi sauna? Itu lho, menyegarkan tubuh dengan uap air hangat di dalam sebuah ruangan khusus. Yap, uap air hangat memang sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Terutamanya untuk menyegarkan pernapasan, mengangkat sel-sel kulit mati serta mendetoksifikasi tubuh lewat keringat.

Itulah sauna buatan yang dirancang khusus oleh manusia. Jika Anda tertarik melakukan hal yang sama, ambilah travel wisata Garut di Jawa Barat. Di sini terdapat Kawah Kamojang yang sangat populer dengan mandi uap alamiah. Siapa saja yang datang, boleh mencoba kehangatan uap air yang berasal dari sumber panas bumi sepuas hati. Jika mandi sauna di hotel atau tempat spa Anda dipatok tarif per jam, maka disini memiliki uap air hangat yang melimpah. Tentu saja gratis pula.

Kawah Kamojang sebagai pembangkit listrik tenaga uap

Jangan heran apabila daerah ini menjadi salah satu sumber daya listrik alamiah yang ramah lingkungan. Sumber panas bumi yang dihasilkan dari perut bumi dikelola oleh pemerintah menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Uap. Kawah Kamojang adalah salah satu obyek wisata yang serbaguna. Bagi masyarakat setempat, potensi ini turut mendatangkan keuntungan ekonomis. Selain, bisa menambah pemasukan dari kehadiran wisatawan yang berkunjung, juga memberikan hadiah berupa sumber listrik yang ramah lingkungan. Beberapa masyarakat sekitar juga menjadi pekerja di lokasi PLTU, sehingga mampu meningkatkan taraf kehidupan keluarga yang lebih baik.

Uap air Kawah Kamojang bagus untuk kesehatan

Kawah Kamojang menyemburkan serupa kabut tipis yang mengandung belerang serta mineral dari dalam bumi. Menurut beberapa penelitian, sulfur atau belerang sangat bagus untuk menyembuhkan penyakit kulit karena dapat membunuh kuman atau bakteri. Penyakit kulit secara umum memang dipicu oleh kuman atau bakteri yang bersarang di pori-pori kulit. Nah, dengan mengusapkan air yang terdapat  di kawasan ini, wisatawan yang ingin meyembuhkan sakit kulit seperti gatal-gatal, alergi atau penyakit kulit lainnya bisa sembuh dengan pengawasan dari sang juru kunci Kawah Kamojang. Maklum saja, suhu air dari mata air ini cukup panas. Jika tidak mendapat pengawasan, para wisatawan yang masih awam kulitnya bisa melepuh. Sekadar menguji suhu air dari Kawah Kamojang, telur yang dimasukkan dalam mata air, dalam tempo satu menit telur bisa langsung matang. Bisa dibayangkan sendiri berapa kira-kira suhu air panas yang bisa membuat telur matang dalam hitungan menit tersebut.

Lokasi dan jalan akses

Kawasan ini menjadi salah satu travel wisata Garut yang sangat memikat. Bagaimana tidak? Lokasi pegunungan dengan pemandangan yang masih asri membuat mata seolah tak ingin berhenti memandang. Udaranya pun sangat sejuk dan menyegarkan pernapasan. Untuk menuju lokasi Kawah Kamojang para pelancong dapat menuju Kecamatan Ibun yang berada di perbatasan Bandung dan Garut. Adapun jalur yang bisa ditempuh dari kota Garut adalah:

Jalur 1: Lewat tol Cileunyi, ke arah Cicalengka, kota Garut – Samarang

Jalur 2: Lewat tol. Cileunyi, Rancaekek, Majalaya, Paseh – Kamojang

Jalur 3: Lewat tol Moh. Toha atau tol Buah Batu, Baleendah, Ciparay, Majalaya, Paseh-Kamojang

Hanya saja para wisatawan atau pecinta petualangan yang ingin singgah, disarankan untuk mengecek kondisi kendaraan lebih teliti agar tidak mengalami kerusakan di tengah perjalanan menuju Kawah Kamojang yang terjal dan berliku.

Tidak perlu kaget, obyek wisata di daerah pegunungan memang sangat menantang. Jalanan terjal berliku mendaki gunung membuat kualitas ban mobil atau sepeda motor Anda dipertaruhkan. Kalau Anda memilih paket travel wisata Garut, biasanya travel agen wisata akan mengatur rencana liburan ke Kawah Kamojang dengan lebih baik. Termasuk soal moda transportasi. Jadi, Anda tak perlu berpikir dua kali untuk berkunjung ke Kawah Kamojang. Enggak bakal rugi deh!

 

Baca Juga : http://jariadventure.co.id/travel-news/travel-wisata-garut-3-tempat-wajib-dikunjungi/

 

Destinasi wisata yang bisa dikunjungi di kawasan Kawah Kamojang

Selain Kawah Kamojang sendiri, para wisatawan dapat berkunjung ke beberapa spot wisata yang menarik. Lumayan kan bisa berkunjung ke beberapa tempat wisata yang searah dengan Kawah Kamojang? Ini dia beberapa atraksi wisata yang bisa dituju:

Curug Madi

Di Jawa Barat, orang lebih mengenal curug ketimbang air terjun. Kalau di Jawa Timur ada coban, maka di Jawa Barat istilah curug lebih populer untuk menyebut air terjun. Masih dalam kawasan menuju Kawah Kamojang, adalah Curug Madi yang sangat memikat. Curug Madi merupakan air terjun alami yang sumber airnya sangat jernih dan menyegarkan.

Danau Ciharus

Uniknya Kawah Kamojang tidak hanya memiliki atraksi wisata berupa mandi uap atau sumber mata air panas semata. Di kawasan ini juga terdapat danau yang masih asri dengan track hutan lebat untuk para pecinta alam. Danau Ciharus berada di tengah hutan seolah menyembunyikan kecantikannya agar tak tersentuh oleh tangan-tangan tak bertanggung jawab. Setiap pengunjung bisa menaiki motocross yang pasti seru dan lebih menantang. Jika tidak, jogging atau tracking pun tak masalah sembari berolahraga mengeluarkan keringat.

Mana mungkin wisata semenarik dan seunik Kawah Kamojang bisa Anda lewatkan. Sungguh sayang apabila melakukan travel wisata Garut, Anda tidak sempat menyaksikan keindahan kawah berfasilitas mandi sauna alami tersebut. Singkatnya, belum lengkap perjalanan travel wisata Garut, tanpa mengunjungi pesona unik Kawah Kamojang. Nah, sudah siap untuk berlibur ke Garut? Jangan lupa singgah di Kawah Kamojang ya. Hubungi travel agen wisata kami untuk mendapatkan penawaran menarik sekarang juga. Sampai jumpa di Kawah Kamojang dan travel wisata Garut lainnya bersama travel agen wisata Jari Adventure ya. (Jari Adventure-Detty).

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

One thought on “Travel wisata Garut, Daya Tarik Kawah Kamojang Secantik Mojang Priangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *