Travel Wisata Dieng – Spot-spot Menarik di Dieng

Kebanyakan orang yang menganut gaya hidup modern ingin mendapatkan sensasi liburan yang jauh dari hiruk-pikuk perkotaan. Setiap hari sudah menghadapi kemacetan lalu lintas dan tumpukan pekerjaan yang menggunung. Untuk itu, di momen liburan pasti Anda ingin sesuatu yang berbeda dari keseharian. Ingin rasanya sejenak menghilang dari rutinitas yang membuat stres  dan membebani pikiran.

Kedamaian khas pegunungan yang jauh dari keramaian perkotaan adalah salah satu sensasi liburan yang ditawarkan oleh travel wisata Dieng. Bukan hanya sekedar melepas lelah, namun Anda juga bisa melihat keunikan lokasi berjuluk “Khayangan di atas awan” ini.

Berjarak sekitar 3 jam dari pusat kota Magelang, Jawa Tengah, Anda bisa mengarahkan kendaraan atau menaiki bus ke kota Wonosobo. Travel wisata Dieng merupakan salah satu ikon utama pariwisata di propinsi Jawa Tengah. Meskipun Anda mau naik kendaraan pribadi ataupun bus umum, pasti akan mudah menemukan lokasinya. Dikarenakan banyak papan petunjuk yang disediakan oleh pemerintah setempat. Jika Anda mengendari bus umum, travel wisata Dieng bisa ditempuh selama kurang lebih 1 jam perjalanan dari terminal bus Wonosobo.

Wisata Dieng mendapat julukan sebagai khayangan di atas awan lantaran memang terletak di posisi yang sangat tinggi. Tepatnya di dataran tinggi Dieng yang berada di sekitar 2000 meter di atas permukaan laut. Bisa ditebak dengan mudah, jika Anda masih ingat pelajaran fisika tentang kerapatan udara, maka semakin tinggi suatu tempat semakin dingin pula hawanya. Terbukti, ketika para pelancong datang ke travel wisata Dieng, bak langsung disambut oleh pelukan kabut serupa awan putih yang sangat dingin. Rata-rata suhu di lokasi travel wisata Dieng, seperti dilansir dari situs Wikipedia, berkisar antara  12-20 derajat Celcius di siang hari dan 6-10 derajat Celcius di malam hari. Mau tak mau, para wisatawan wajib membawa selimut tebal atau jaket tebal untuk mengusir hawa dingin yang menusuk hingga tulang itu.

Tampaknya, urusan hawa dingin seolah-olah tidak membuat para wisatawan kapok berkunjung. Bahkan, semakin tahun, pecinta travel wisata Dieng kian bertambah. Tak ayal, fasilitas umum seperti penginapan, hotel, restoran dan fasilitas umum wisata lainnya tumbuh subur dan berkembang. Tak terkecuali, travel agen wisata yang menjamur. Membuat para wisatawan yang ingin berlibur ke wisata Dieng makin dimanjakan dengan segala kemudahan dan pelayanan yang diberikan.

Terdapat banyak tempat menarik untuk disinggahi jika Anda berlibur ke wisata Dieng. Umumnya, merupakan wisata alam yang menawarkan keindahan pesona dataran tinggi Dieng beserta keramahan penduduk lokal Dieng. Di antara spot menarik yang bisa Anda kunjungi sebagai berikut:

1. Telaga Warna

Serupa dengan namanya, telaga ini memang memiliki warna unik. Dilihat kejauhan dari atas bukit, Telaga Warna menyilaukan mata dengan warna hijau zamrud atau biru kehijauan yang sangat memikat. Bak kalung permata zamrud gadis cantik yang berkilau di terpa sinar mentari. Siapa  saja yang bisa mendaki ke atas bukit lalu memandang panorama Telaga Warna di bawahnya, seketika akan jatuh cinta pada lokasi ini dan tak bisa berpaling lagi. Ada pula Telaga Pangilon yang letaknya tidak jauh. Menawarkan panorama telaga berair jernih seperti kaca atau pangilon (kaca dalam bahasa Jawa).

2. Dieng Plateau Theater

Kalau Anda pernah travel wisata ke luar negeri, di Australia ada Sydney Opera House, maka di Indonesia ada Dieng Plateau Theater. Secara berkala, teater yang berada di dataran tinggi Dieng ini menampilkan lakon singkat tentang asal-usul peradaban di dataran tinggi Dieng. Suku asli yang mendiami Dieng memiliki kisah unik hingga mereka mendapat “kutukan” yang membawa berkah yaitu keturunan berambut gimbal. Menariknya, apabila ada yang mencoba memotong rambut gimbal ini maka akan terkena penyakit dan belum diketahui apa penyebabnya. Sungguh unik, kan? Dijamin pesona cerita kisah film dokumenter Dieng Plateau Theater, akan membuat pengunjung terkesan hingga terbawa mimpi.

3. Kompleks Candi Arjuna

Nah, kalau kompleks Candi Arjuna, sangat pas dijadikan lokasi hunting foto pre-wedding favorit setiap pasangan yang akan melangsungkan pesta pernikahan. Di sinilah fotografer biasa berburu potret-potret menarik yang memadukan keromantisan dan kecantikan sebagai lambang tokoh pewayangan Arjuna itu sendiri. Kawasan kompleks Candi Arjuna yang sejuk dan berada di dataran tinggi, membuat mata pengunjung terpesona akan keindahan panorama yang terhampar di depan mata. Bukit-bukit menghijau, serta rumah-rumah penduduk yang berjajar tampak bagaikan miniatur. Di kala cuaca cerah, keindahannya dijamin membuat mulut ternganga hingga tak sanggup berkata-kata. Luar biasa indah…!

4. Bukit Sikunir dan Telaga Cebong

Perjalanan travel wisata Dieng Anda belum komplit jika melewatkan berwisata ke Bukit Sikunir. Bukit ini akan menantang daya tahan fisik serta stamina Anda karena tubuh akan “dipaksa” berolahraga mendaki bukit atau hiking menempuh jalur pendakian sekitar 8 km. Jangan menyerah dahulu! Perjuangan Anda akan terbayar seketika saat melihat keindahan sang surya mulai muncul di ufuk timur. Tubuh lelah akan sepadan tatkala mata memandang mentari perlahan-lahan naik dengan semburat warna keemasan yang sangat indah. Menjelang waktu siang, segera turuni Bukit Sikunir untuk singgah sejenak di lokasi Telaga Cebong. Di sini Anda bisa melepas lelah dengan sejuknya mata air yang bening sambil menghirup udara segar di pagi hari.

Puas berolahraga sambil berjalan-jalan di dataran tinggi Dieng, segera nikmati sarapan dan tidur nyenyak di hotel. Tak sabar ingin pergi ke wisata Dieng? Hubungi segera travel agen wisata kami yuk… (Jari Adventure/Detty Risetya)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *