Travel ke Yogyakarta – Candi Prambanan Harus Masuk Destinasi Liburan Anda

Travel ke Yogyakarta menjadi salah satu pilihan perjalanan wisata favorit bagi kebanyakan pecinta plesiran di tanah air. Bagaimana enggak? Di Yogyakarta banyak spot-spot wisata legendaris yang beraroma sejarah warisan nenek moyang leluhur kita.
Salah satu yang tak bisa dilewatkan begitu saja ketika travel ke Yogyakarta adalah Candi Prambanan. Kawasan candi yang berada di Desa Prambanan ini ditata cantik untuk menyambut kedatangan para wisatawan. Selain, atraksi wisata berupa bangunan bersejarah dan memiliki nilai budaya tinggi, Anda dapat menjumpai fasilitas wisata seperti restoran atau hotel-hotel murah di sekitar kawasan Candi Prambanan. Membuat perjalanan travel ke Yogyakarta semakin menyenangkan dan tidak membuat dompet jebol.

Pada umumnya, candi merupakan tempat pemujaan kepada dewa bagi umat Buddha atau Hindu. Tak terkecuali, Candi Prambanan. Apabila di Borobudur, wisatawan dapat menikmati kemegahan candi bagi umat Buddha yang terbesar di Indonesia, maka di Candi Prambanan inilah Anda bisa menjumpai kemegahan candi bagi umat Hindu yang terbesar se-Asia Tenggara. Mari, telusuri pesona Candi Prambanan satu per satu:

Toleransi agama di Jawa Tengah

Agama boleh saja berbeda, namun coba Anda bayangkan kembali beberapa abad silam. Sudah ada dua candi megah yang dibangun dalam area yang sama yaitu di Jawa Tengah. Bukankah hal ini menunjukkan bahwa pada zaman dahulu antara umat beragama telah menunjukkan sikap toleransi dan bisa hidup damai? Jika di zaman dahulu saja masyarakat beda agama bisa hidup rukun berdampingan, kenapa sekarang manusia modern justru saling bertikai? Sungguh ironis bukan?

 Kompleks Candi Prambanan

Jika pada beberapa candi di daerah lain hanya dibangun satu candi, maka keunikan yang tiada duanya bisa Anda jumpai di Candi Prambanan. Candi Prambanan dibangun dalam sebuah kompleks yang memiliki candi-candi kecil di sekitar kawasan mengelilingi candi utama yang megah. Semua candi berjumlah 240 buah.

Kompleks candi membentuk sebuah segi empat dengan masing-masing menghadap empat penjuru mata angin, yakni timur, barat, utara dan selatan. Keempat sisi ini memiliki pintu gerbang. Satu pintu gerbang utama yang terbesar adalah yang menghadap ke arah timur.

Arsitektur Candi Prambanan

Candi bisa dikatakan susunan batu yang ditumpuk dan disusun sedemikian rupa hingga membentuk suatu rancangan bangunan yang diinginkan dan biasanya mengerucut di bagian atas. Namun, susunan candi ternyata tidak sembarangan. Dibutuhkan ketelitian dalam menyusun batu hingga bisa membentuk sebuah candi yang kokoh dan tak lekang dimakan waktu.

Sangat mungkin bahwa pada zaman itu, di mana tidak ada traktor atau ekscavator yang mengangkut batu-batu raksasa maupun tanah, sehingga semua dilakukan secara manual dengan tenaga puluhan bahkan mungkin ratusan ribu manusia untuk membangun sebuah candi yang megah dan menjulang dengan arsitektur berseni kelas dunia.

Fungsi Candi Prambanan

Candi Prambanan dibangun atas dasar pemujaan kepada Dewa Siwa sebagai Dewa Penghancur dalam agama Hindu. Buktinya, dalam sebuah prasasti yang ditemukan dan sekarang diarsipkan dalam Museum Nasional Indonesia, Candi Prambanan dikatakan sebagai rumah Siwa.

Tak heran apabila candi terbesar di dalam kompleks candi Prambanan adalah Candi Siwa setinggi 47 meter, yang diapit oleh dua candi lainnya Candi Brahma dan Candi Wishnu yang setinggi 33 meter. Uniknya, di depan setiap candi terdapat simbol kendaraan para dewa-dewa tersebut, yaitu Nandi kendaraan Dewa Siwa, Angsa kendaraan milik Dewa Wishnu dan Garuda merupakan kendaraan Dewa Brahma.

Atraksi wisata

Candi Prambanan yang menyimpan sejuta misteri tentang bagaimana cara pembangunan dan siapa arsitek yang telah merancang bangunan megah ini, sangat menarik untuk dikunjungi. Disediakan moda transportasi serupa kereta api mini agar memudahkan para pengunjung mengelilingi seluruh kompleks tanpa perlu berjalan kaki.

Yuk, kita tengok atraksi wisata apa saja yang bisa Anda lakukan di Candi Hindu terbesar se-Asia Tenggara ini:

 Belajar seni dan sejarah peradaban leluhur

Mengelilingi Candi Prambanan terkadang membuat para wisatawan penasaran tentang bagaimana kisah dibalik pembangunan candi yaitu Roro Jonggrang serta cara pembuatan candi. Anda tak perlu bingung, travel agen wisata atau pemandu wisata yang mendampingi akan menjelaskan dengan rinci sambil mengajak Anda berkelilingi kawasan kompleks.

Di area kompleks juga terdapat museum yang menyimpan beberapa patung, prasasti serta benda-benda purbakala yang ditemukan di dalam kawasan kompleks candi.

 Menyalurkan hobi fotografi

Candi Prambanan yang megah dan elok tak boleh luput dari bidikan mata kamera kesayangan Anda. Ada seribu spot terbaik yang bisa Anda ambil dan menempatkan dalam bingkai foto yang manis. Foto-foto ketika matahari terbenam mengintip di balik candi juga tampak mengesankan, ditambah mungkin beberapa sesi foto dengan model yang bernuansa sejarah. Tidak peduli siang atau malam, hunting foto di kawasan candi tetap memberikan daya pikat yang eksotis. Di malam hari, para pengunjung dapat menikmati suasana berbeda seperti sebuah kota mati yang diterangi lampu-lampu menghadap ke arah candi.

 Naik kereta mini/berjalan kaki

Sesekali di kala berkunjung ke Candi Prambanan, mungkin Anda akan tampak dari kejauhan beberapa orang atau rombongan orang yang berjalan berbaris mengelilingi kawasan kompleks candi. Maklum saja, kawasan Candi Prambanan begitu luas, berukuran hampir 40 hektar. Berwisata di pagi hari, akan memberi Anda keuntungan sembari berolahraga atau berjalan-jalan pagi. Tidak perlu takut kepanasan, kawasan candi memiliki lingkungan yang asri dengan pepohonan rindang serta taman-taman yang luas. Bagi Anda yang tak mau capek-capek berjalan kaki, telah tersedia kereta mini yang mengantarkan para wisatawan berkeliling kompleks selama kurang lebih 30-60 menit.

Belanja cinderamata/oleh-oleh

Travel ke Yogyakarta, tepatnya di Candi Prambanan, mana mungkin komplit tanpa membeli oleh-oleh khas daerah Candi Prambanan. Biasanya di sekitar candi terdapat pasar mini yang menjual berbagai oleh-oleh berkaitan dengan candi. Sangat mudah menjumpai oleh-oleh seperti kaos bergambar Candi Prambanan, gantungan kunci candi, topi lebar, kipas tangan, miniatur candi dan tas anyaman bambu yang unik.

Sendratari Ramayana

Satu lagi yang menarik dari Candi Prambanan, yaitu pertunjukan seni tari Ramayana. Sendratari Ramayana sudah sangat terkenal di mancanegara, biasanya digelar pada waktu-waktu khusus atau jika ada permintaan dari para turis.

Yang paling istimewa apabila Anda datang pada tanggal khusus ketika bulan purnama, atau sekitar tanggal 15 di musim kemarau. Pasalnya, sendratari Ramayana akan digelar di pelataran candi trimurti. Ini artinya, tarian Ramayana dipentaskan dengan latar belakang ketiga candi, yaitu Candi Siwa, Candi Wishnu dan Candi Brahma. Tari digelar pada jam 8 malam hingga 10 malam. Mengisahkan tentang perjuangan Rama demi menolong Shinta yang diculik oleh Raksasa Rahwana. Pertunjukkan tari akan terasa spektakuler dengan perpaduan antara lampu sorot serta cahaya sang rembulan. Di musim hujan, sendratari tidak memungkinkan untuk digelar di luar ruangan sehingga biasanya dipindahkan ke dalam gedung.

Tiket dan jam operasional Candi Prambanan

Jika Anda hobi travel ke Yogyakarta, jangan segan untuk mampir ke Candi Prambanan. Candi Prambanan beroperasi setiap hari mulai pukul 06.00 sampai jam 17.00. Khusus bagi para pengunjung yang akan menonton pertunjukkan tari di malam hari, dapat menunjukkan tiket masuk kepada petugas loket dan menuju ke pelataran Candi Trimurti untuk melihat pertunjukkan tari Ramayana secara langsung.

Hampir-hampir tidak bisa dibayangkan bagaimana manusia pada masa itu dapat membuat bangunan semegah dan sebesar 40 hektar yang sangat berseni tinggi. Anda harus menyaksikan dengan mata kepala sendiri kemegahan Candi Prambanan di Desa Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Hanya satu jam saja kok dari pusat kota Yogyakarta. Jangan ragu, kami siap membantu perjalanan liburan dan travel Anda ke Yogyakarta. (Jari Adventure-Detty Risetya)

 Baca juga : Travel Wisata di Yogyakarta untuk Backpacker

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.