Touring Mobil atau Motor di era New Normal, Simak Panduan Ini

Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangan untuk merencanakan perjalanan liburan dengan kendaraan bermotor. Anda tidak boleh hanya sekadar mengemas koper atau barang bawaan, dan berangkat!

Sebab,  kalau mau perjalanan berhasil dan menciptakan memori yang menyenangkan, Anda harus punya persiapan dan terorganisir.

Jadi, apakah Anda mau bepergian ke luar kota? Ikuti jalur rute tol yang panoramanya indah? Atau menjelajahi jalan-jalan pedesaan untuk touring yang mengesankan?

Apapun pilihan Anda, simak dulu beberapa tips bermanfaat untuk merancang perjalanan dengan mobil atau motor berikut ini.

 

1. Perawatan Kendaraan

Salah satu kiat penting untuk merancang perjalanan adalah perawatan kendaraan sebelum berangkat.

Coba cek penawaran terbaik di bengkel-bengkel terdekat tempat tinggal Anda. Atau mungkin mereka memberikan dukungan perbaikan di beberapa kota lain, untuk berjaga-jaga jika nanti ada kendala ketika berkendara di luar kota.

Pada dasarnya, selama berkendara, mobil atau motor harus diperiksa secara rutin. Jadi, dengan memiliki pengetahuan dasar untuk memeriksa kondisi kendaraan, tentunya akan sangat membantu perjalanan semakin lancar dan nyaman.

 

2. Tujuan perjalanan

Ada banyak orang yang melakukan perjalanan, tapi tidak memiliki satu tujuan pasti arah yang akan dituju. Wah, kalau sudah begini, Anda sendiri yang bakal repot setibanya di tempat destinasi.

Bisa-bisa, ketika liburan akhir pekan, Anda malah tidak mendapatkan hotel atau tempat menginap karena full-booked.

Baik, bagaimana solusinya? Terlepas dari apakah Anda suka merencanakan perjalanan secara detail atau tidak, sebaiknya susun rencana perjalanan terlebih dahulu. Misalnya, pilih satu atau dua tempat wisata utama yang akan dikunjungi. Kemudian, pesan tempat penginapan sebelumnya. Semua ini untuk berjaga-jaga agar liburan terasa lebih terorganisir dan bebas stres.

 

3. Teman perjalanan

Kecuali, Anda suka bepergian sendirian, tetapi teman perjalanan akan membuat momen yang berlalu terasa lebih seru dan ceria.

Bersama teman perjalanan, Anda bisa mengobrol selama berjam-jam di perjalanan, membawa barang, hingga mungkin bergantian menyetir. Asyik, kan!

Pastikan, Anda memilih teman perjalanan yang tepat. Karena jika tidak, perjalanan malah seperti mimpi buruk.

 

4. Dana

Selanjutnya, yang tak kalah penting dipikirkan adalah masalah keuangan. Anda mungkin hanya memiliki budget terbatas dan tidak ingin terlalu boros.

Maka itu, Anda harus mempersiapkan dana yang memadai. Pertimbangkan beberapa hal berikut:

  • Apakah Anda ingin bermalam di tempat penginapan, atau tidur di dalam mobil? Jangan ragu mencari penawaran terbaik. Terkadang ada banyak hotel yang menawarkan diskon dengan aplikasi booking agar Anda bisa menghemat uang perjalanan.
  • Tentu saja uang makan juga harus dipertimbangkan. Membawa bekal sendiri seperti makanan instan juga menjadi ide yang bagus.
  • Bahan bakar. Tergantung jarak tempuh, bahan bakar harus menjadi prioritas utama agar Anda bisa sampai di tempat tujuan dengan mulus.

baca juga:

Segera Dibuka! 6 Prediksi Liburan Musim Panas Setelah Pandemi

 

5. Keamanan

Tips utama untuk merencanakan perjalanan berkendara atau touring adalah selalu memprioritaskan keselamatan atau keamanan Anda. Jangan mengemudi jika merasa sudah lelah atau mengantuk.

Lebih baik berhenti sejenak, ketimbang memaksakan diri yang berisiko pada keselamatan. Langsung menepi, dan beristirahat di tempat yang aman seperti SPBU, atau rest area.

 

6. Petualang

Perjalanan adalah semua tentang petualangan. Jadi, jangan ragu untuk sedikit melesat dari zona nyaman Anda.

Jika Anda melihat tanda suatu tempat wisata yang kelihatan menarik dan belum pernah dikunjungi, kenapa tidak? Segera arahkan kemudi kesana. Toh nanti Anda masih bisa selalu kembali ke rute awal.

Atau apabila nanti tiba-tiba Anda berubah pikiran dan memutuskan pergi ke pegunungan tampaknya lebih menarik ketimbang pantai, ikuti saja kata hati Anda.

 

7. Cari informasi

Sebelum berangkat, carilah informasi sebanyak-banyaknya. Terutama jika mungkin tujuan yang akan didatangi terpencil dan tidak terlalu popular. Apakah ada area berbahaya? Atau apakah aman untuk pendatang?

Bagaimana dengan pom bensin atau fasilitas SPBU, apakah tersedia? Bagaimana dengan sinyal untuk jaringan komunikasinya?

Tak bisa dipungkiri, bertualang ke tempat-tempat jauh dan belum pernah Anda kunjungi akan sangat menyenangkan. Namun, pastikan pula Anda selalu aman dan mengutamakan keselamatan saat berkendara.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.