Toilet, Ramen, Hingga Parasit, Inilah 3 Museum Unik di Jepang yang Patut Dikunjungi

Bicara tentang yang unik – unik dan nyeleneh kamu wajib berkunjung ke negeri sakura ini. Di Jepang tidak hanya orang – orangnya yang unik, tetapi budaya, teknologi, serta semua yang kamu jumpai bakal bikin mata terpana dan mulut melongo karena keajaibannya.

Seperti beberapa museum berikut. Alih – alih menyimpan benda – benda purbakala atau pusaka yang bersejarah, justru Museum di Jepang ini malah menyimpan “koleksi” yang eksentrik dan tidak akan kamu jumpai di tempat manapun.

Apa saja ya koleksi yang ada di museum – museum unik tersebut? Wajib baca terus biar gak penasaran…

Museum Parasit Meguro

Plimbi.com

Bagi anda penyuka sains atau ilmu pengetahuan, Museum Parasit yang ada di Jepang bisa  masuk ke dalam list tempat yang harus anda kunjungi ketika berpelancong ke negeri matahari terbit ini. Terletak di Meguro, Tokyo, Jepang, tak hanya beragam jenis parasit manusia yang dipamerkan, ada pula parasit yang hidup pada organisme lainnya seperti hewan.

Tak tanggung – tanggung, ada sekitar 60 ribu sampel parasit yang ada di museum ini dan dipajang dalam botol kaca transparan. Ketika menuju ke lantai dua, ada jenis parasit yang akan membuat anda tak habis pikir, yakni “Human and Zoonotic Parasites” yang menampilkan raturan parasit yang hidup dalam tubuh manusia dan telah diawetkan di sebuah toples. Wah, bagaimana rupanya ya?

Agar pengunjung tak jenuh, sarana edukasi lainnya yang bisa anda nikmati adalah pemutaran film yang informasinya berisi mengenai parasit pula. Untuk memperkaya ilmu disini, anda tak dikenakan biaya sepeserpun, namun jika ingin membeli oleh – oleh sebagai kenang – kenangan, maka anda juga bisa berbelanja di gerai souvenir yang telah tersedia disana. Seperti menyenangkan ya, karena tidak hanya sekedar jalan – jalan, tetapi sembari belajar.

Museum Ramen Shin – Yokohama

The Telegraph

Siapa yang tak kenal ramen? Mie asal Jepang yang telah mendunia ini rupanya juga memiliki museum di negara asalnya, lho. Namanya adalah Museum Ramen Shin – Yokohama, sesuai dengan namanya, museum ini memang terletak di Yokohama, Jepang. Bukan sekedar melihat beragam jenis varian ramen, disini kita juga diberikan informasi mengenai sejarah perkembangan ramen. Yang tak kalah unik, ada tempat makan ramen ala Jepang jaman dahulu. Jika perut sudah keroncongan selepas mengitari museum, ramen khas beberapa daerah di Jepang, seperti dari wilayah Tokyo, Kyushu, Hakata atau Yamagata, siap menggoyang lidah anda.

Baca juga:

Museum Toilet Hi – Tech Toto

detikTravel

Menjadi salah satu merk toilet ternama, Toto kini membuka museum yang memamerkan beragam koleksi mulai dari toilet jongkok hingga toilet koleksi terbaru yang telah dilengkapi dengan pengering udara, air hangat yang bisa memijat. Meski baru dibuka pada Agustus 2015 lalu, museum ini telah memiliki tak kurang dari 950 toilet yang siap dipamerkan.

Di dalamnya, pengunjung akan lebih membuka wawasan mengenai jenis – jenis dan model toilet dari masa lalu hingga masa kini yang super canggih. Dengan beberapa sensor seperti suhu, motion atau gerakan, maka air dari toilet dapat mengalir dengan sendirinya sesuai kebutuhan. Meski agak sedikit ribet, tapi jangan heran. Hampir sebagian besar toilet di Jepang adalah toilet canggih yang serba otomatis.

Untuk jam operasional, Museum Toilet Toto buka mulai pukul 10.00 hingga 17.00 dan tutup ketika Senin, jadi jangan salah hari ketika berkunjung ya!

Untuk menuju kesini terdapat dua pilihan transportasi umum, yakni bus dan monorail, namun lebih diajurkan menggunakan kereta dengan alasan efisiensi waktu. Jika menaiki kereta, anda bisa turun di stasiun Kawaraguchi Mihagino lalu keluar lewat pintu keluar selatan. Setelah itu, berjalan sekitar 10 menit menuju Itozu dan sampailah anda di Museum Toto.

***

Jepang memang surganya keanehan dan keajaiban ya. Pastikan bila kamu berkunjung, kamu sudah mempersiapkan segala kebutuhan perjalanan wisata ke luar negeri dengan baik.

Tak perlu repot mengurus segala kebutuhanmu sendiri karena sekarang ada yang lebih praktis, cukup Whatsapp saja ke agen wisata dan travel Jari Adventure. Semua kebutuhan liburan bisa dikonsultasikan sesuai budget. Melayani perjalanan untuk rombongan, study tour, institusi, perusahaan maupun keluarga dan solo travelling.

Yuk, liburan praktis dan hemat bareng Jari Adventure…

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *