Togean, Surga Tersembunyi Teluk Tomini

Togean – Sebagian besar masyarakat Indonesia mungkin masih asing dengan nama Togean. Bahkan mereka yang mengaku punya hobi berpetualang pun belum tentu mengenal nama tersebut. Apakah Anda termasuk di dalamnya? Uniknya, menurut sebuah survey, Togean yang masuk dalam wilayah Indonesia Bagian Tengah ini menjadi salah satu tujuan wisata paling populer di Asia. Penasaran dengan kelebihan Togean  hingga mampu menarik minat wisatawan asing untuk berkunjung ke sana? Berikut informasinya…

Kepulauan Togean merupakan sebuah taman nasional yang berada di Teluk Tomini, yang masuk dalam wilayah Kabupaten Tojo Una-Una, Provinsi Sulawesi Tengah. Taman nasional ini terdiri dari dua ekosistem yaitu lautan dengan luas 292.000 hektar dan daratan sebesar 70.000 hektar. Lokasi Togean yang terpencil dan jauh dari keramaian kota justru menjadi magnet para turis untuk mendatangi surga cantik yang tersembunyi ini.

Kepulauan Togean

Memiliki 6 pulau besar dan pulau-pulau yang lebih kecil yang jumlahnya mencapai 60 buah yang tersebar di bagian Timur dan Barat, Kepulauan Togean menyimpan kekayaan alam yang sungguh menakjubkan berupa terumbu karang dan biota laut yang yang tak hanya indah namun juga langka dan dilindungi. Karena keeksotisannya, banyak wisatawan mancanegara yang tertarik untuk berwisata ke sana.

Rute transportasi

Jika Anda tertarik untuk berwisata ke Kepulauan Togean, Anda yang memulai perjalanan dari Jakarta dapat menempuh rute Jakarta-Palu-Ampana-Togean. Anda dapat memilih maskapai seperti Sriwijaya Air, Lion Air atau Garuda Indonesia di Bandara Soeta dengan tujuan Bandara Mutiara di Palu. Lama perjalanan udara ini sekitar 4 jam. Setelah tiba di Bandara Mutiara, perjalanan dilanjutkan dengan menyewa taksi menuju ke tempat travel. Travel inilah yang akan membawa Anda menuju Ampana yang berjarak sekitar 375 km dari Palu. Meski perjalanan Palu-Ampana memakan waktu yang cukup lama, yakni sekitar 11 jam, Anda dijamin tidak akan merasa bosan sebab pemandangan selama perjalanan sangatlah indah. Terdapat gunung kebun kopi dan juga pantai yang menawan di sepanjang Garis Khatulistiwa. Setiba di Ampana, Anda harus melanjutkan perjalanan dengan menggunakan perahu ke Wakai dan Malenge. Jadwal keberangkatan perahu ini tetap setiap harinya yaitu pukul 10.00-11.00. Jadi pastikan Anda tiba di tempat pada waktunya.

Baca Juga: Tradisi Seni Bela Diri Mansaa di Wakatobi

Bila ingin tiba di Kepualuan Togean lebih cepat maka Anda bisa mengambil jalur alternatif yaitu Jakarta-Luwuk-Ampana-Togean. Dari Luwuk, perjalanan menuju Ampana lebih singkat yaitu sekitar 4-5 jam melalui darat. Di Luwuk juga terdapat bandara yang melayani penerbangan dari Surabaya dan Makassar (Ujung Pandang). Jadi, Anda yang berasal dari Jawa Timur dapat menghemat lebih banyak waktu dengan memilih rute ini.

Aktivitas pengunjung

Berbagai aktivitas wisata menarik dapat Anda lakukan setiba di Kepulauan Togean. Sebut saja memancing, berenang, berlayar dan juga berjemur diatas pasir putih yang terhampar di hampir seluruh pantai di Togean. Anda juga dapat menyelam dan snorkeling di Pulau Kadidiri, menjelajah hutan yang ada di Kadidiri untuk menuju Pantai Baracuda dan juga mengunjungi Pulau Malenge serta Pemukiman Orang Bajo di Kabalutan. Selain itu, Anda juga dapat mengamati Tangasi yaitu binatang malam yang bertubuh kecil seukuran tikus. Binatang yang memiliki nama Latin Tarsius Spectrum ini biasa tidur di siang hari dan bila malam tiba ia akan berburu mangsa yang berupa kecoa, jangkrik, dan serangga-serangga kecil lainnya. Istimewanya, binatang ini hanya dapat Anda temukan di Sulawesi lho. Menarik bukan?             

Kepulauan Togean juga berbeda dari tempat lainnya karena di sinilah satu-satunya tempat di Indonesia yang memiliki tiga lingkungan karang yang berbeda. Karang-karang tersebut adalah karang barier, karang atol dan karang pantai yang seluruhnya menjadi habitat dari flora dan fauna laut.

Pulau Batu Daka

Bila sudah berada di Togean, sayang sekali bila tak singgah ke Pulau Batu Daka yang merupakan pulau terbesar dan pulau yang paling mudah di capai di Togean. Pulau ini sangat cocok sebagai tempat berenang dan juga snorkeling. Di sana juga terdapat obyek wisata lain yang berupa gua kelelawar dan juga air terjun. Pulau yang tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Pulau Kadidiri. Selain menyediakan lokasi yang pas untuk snorkeling dan diving, pulau paling populer di Kepulauan Togean ini menyediakan banyak penginapan murah bagi pelancong. Harga yang dipatok pun cukup beragam yaitu sekitar 200 ribu hingga 500 ribu per malam. Bila ingin gratis, Anda dapat menumpang di rumah-rumah penduduk. (jari adventure-det-image: TripTrus)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.