Tips Wisata Umrah yang Nyaman Versi Traveller Muslim Milenial

Umrah merupakan salah satu ibadah yang sunah dilakukan oleh orang Muslim yang mampu. Pelaksanaan ibadah ke tanah suci biasanya berlangsung selama rata –rata 10 hari atau lebih. Sepanjang menjalani ibadah umrah, ada banyak kegiatan ibadah yang wajib dan sunah dilakukan.

Untuk traveller yang dewasa, mungkin ibadah Umrah sudah menjadi keinginan pribadi sejak lama. Dengan segala usaha, tabungan, dan dana yang digelontorkan, akhirnya kesampaian juga bisa menapakkan kaki di tanah Haram.

Tetapi, cerita akan lain jika orang tua harus mengajak serta anak – anak remaja atau anak usia pelajar. Bisa dimaklumi, terkadang beribadah bagi mereka masih kurang khusuk dan belum begitu paham apa hakikat sebenarnya dari umrah.

Jangan biarkan ibadah umrah terganggu karena anak – anak remaja yang mulai “cranky”, rewel, bosan, atau bahkan merajuk dan marah karena merasakan kejenuhan saat beribadah umrah.

Yuk, simak beberapa tips wisata umrah berikut agar mengajak anak – anak remaja saat umrah jadi berlangsung nyaman dan menyenangkan hingga kembali ke tanah air:

1. Rencanakan sejak jauh – jauh hari

kemenag.go.id

 

Mengajak umrah dan wisata secara bersamaan dengan keluarga besar termasuk anak – anak remaja merupakan tantangan tersendiri. Bagi banyak orang tua hal ini akan penuh dengan perjuangan ekstra. Karena itu, sejak awal jelaskan pada anak – anak atau remaja bahwa umrah adalah ibadah sekaligus umrah. Mereka juga akan menjadi lebih paham tentang sejarah agama Islam secara langsung lebih mendalam.

2. Bersiap secara mental dan fisik

wikimedia.org

 

Umrah ataupun haji pada dasarnya sama – sama membutuhkan persiapan fisik. Sebelum berangkat, usahakan untuk menjaga stamina fisik dengan olahraga secara teratur agar tidak kaget setibanya di Mekah atau Madinah.

Di Masjidil Haram, Mekah, satu sholat akan diberi pahala 100.000 kali sholat. Sedangkan, di Masjid Nabawi, Madinah, satu sholat diberi pahala 1.000 kali sholat. Maka, akan sangat disayangkan jika tidak sholat berjamaah di masjid ketika beribadah umrah.

Belum lagi ada rukun – rukun umrah yang harus dilakukan seperti Thawaf, mengelilingi Kabah hingga 7 kali, kemudian berjalan ke bukit Safa dan Marwah yang disebut proses Sa’i sebanyak 7 kali. Dengan rentang waktu 2 hingga 2,5 jam berjalan kaki.

Stamina fisik akan semakin diuji dengan cuaca ekstrim di Mekah. Saat siang akan cukup panas dan berdebu, sedangkan di malam hari cuacanya dingin menggigil dan sering badai.

Baca juga:

Negeri di Awan Memang Nyata, Desa Wae Rebo Buktinya!

 

3. Set dalam pikiran jika umrah adalah ibadah bukan beban

tstatic.net

 

Membawa serta anak – anak untuk beribadah umrah dibutuhkan kesabaran yang tak bertepi. Biarkan anak – anak memutuskan apa yang ia inginkan. Misalnya, jika ia ingin sholat di hotel pun tak masalah, karena apabila memaksa untuk sholat di masjid setiap hari, mereka akan lelah dan bosan.

Tidak perlu memaksakan diri untuk mencium Hajar Aswad atau Hijr Ismail karena ini tidak wajib. Pilih putaran terluar yang lebih longgar agar anak – anak tidak terinjak – injak dan lebih nyaman. Jika umrah pertama kali berlangsung nyaman dan menyenangkan anak – anak tentu akan berkesan seumur hidup dan tidak mengalami pengalaman yang traumatis.

4. Buat rutinitas yang menggembirakan

raykhatours.com

 

Tujuan utama umrah adalah beribadah, namun ada kalanya anak remaja masih belum begitu khusuk dalam melaksanakan ibadah ini. Mereka tentu akan cepat bosan jika tidak ada hiburan di hotel.

Orang tua bisa membeli paket internet dengan harga sekitar Rp 100 riyal untuk paket data 10 GB. Selain itu, ajak mereka untuk berjalan – jalan di sekitar Masjidil Haram atau Masjid Nabawi yang dipenuhi toko – toko dan pedagang souvenir menarik.

5. Tidak harus selalu bersama pemandu

klimg.com

 

Biasanya pemandu akan mengajak ke tempat kebun kurma dan banyak wisatawan yang tertarik untuk membeli kurma langsung di kebunnya, tetapi perlu diketahui bahwa harganya akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan di pasar yang ada di sekitar masjidil Haram.

Lebih baik, atur sendiri tour atau keliling ke Masjidil Haram dan Masjid Nabawi yang luar biasa. Dari segi arsitektur, sejarah, ataupun nilai spiritual, kedua masjid ini memang punya daya magis yang menghipnotis pengunjung.

Jika ada sudut – sudut yang menarik dan butuh informasi tambahan, segera telusuri internet bersama anak remaja.

Selamat beribadah Umrah bersama keluarga..

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.