Tips Travel Wisata ke Green Canyon – Menikmati Pesona Stalagtit dan Stalagmit

Ternyata tak hanya negeri Paman Sam Amerika Serikat yang memiliki Green Canyon, Indonesia pun patut berbangga karena lokasi wisatanya disebut sebagai Green Canyon-nya Indonesia. Sebenarnya nama asli tempat wisata ini adalah Cukang Taneuh yang artinya jembatan tanah. Mengapa disebut demikian? Karena adanya jembatan dari tanah tepat diatas lembah dan jurang sekitar Green Canyon. Jembatan tanah ini sejatinya adalah jembatan yang digunakan penduduk sekitar dan para petani untuk menuju ke perkebunan mereka.

Berlokasi di desa Kertayasa Kecamatan Cijulang, Pangandaran, Jawa Barat, Green Canyon disebut sebagai salah satu destinasi wisata favorit wisatawan. Melakukan travel wisata ke Green Canyon tentu akan menjadi perjalanan yang menakjubkan, karena obyek wisata ini sebenarnya adalah aliran sungai Cijulang yang melintasi gua dan menyuguhkan pesona stalagtit dan stalagmit yang luar biasa indahnya.

Keindahan Green Canyon juga semakin populer karena lokasinya yang diapit dua buah bukit sehingga cukup banyak bebatuan serta dikelilingi rimbunnya pepohonan. Untuk berjalan-jalan ke lokasi wisata, Anda membutuhkan sebuah kendaraan yaitu perahu tempel atau kayuh. Perjalanan berawal dari Dermaga Ciseureuh yang jaraknya sekitar 3 km dari Green Canyon sendiri.

Sepanjang perjalanan menuju lokasi, Anda akan menikmati keindahan sungai dengan airnya yang berwarna hijau tosca. Benar-benar pemandangan yang sangat menakjubkan! Menurut perkiraan, nama Green Canyon juga diambil dari hijaunya warna sungai di lokasi wisata tersebut.

Setelah tiba di Green Canyon, disitulah petualangan Anda dimulai dengan menjelajahi air sungai berwarna biru jernih. Sampai disitu wisatawan akan menuju keatas dengan dua pilihan yaitu dengan berenang atau merayap di tepi batu. Di sana telah tersedia pelampung bagi para wisatawan yang memilih berenang.

Jangan khawatir, meski perjalanan ditempuh dengan cara seperti itu, namun perjalanan ini dijamin sepenuhnya aman. Pun bagi wisatawan yang membawa serta anak, lokasi ini tetap aman bagi si kecil. Destinasi travel wisata ke Green Canyon memang benar-benar layak dikunjungi dan sayang sekali jika Anda lewatkan.

Nah, jika Anda berencana melakukan travel wisata ke Green Canyon , ada beberapa tips yang perlu Anda simak agar perjalanan lebih menyenangkan.

Tips pertama: Pemilihan waktu

Jika Anda tidak menyukai suasana yang sangat ramai, sebaiknya hindari berkunjung di akhir pekan. Biasanya di akhir pekan ini, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Grand Canyon sangat banyak dan padat. Namun, jika memang waktu Anda hanya ada di akhir pekan, sebaiknya datang lebih awal begitu lokasi dibuka. Green Canyon buka mulai pukul 07.30 hingga 16.00 WIB setiap harinya.

Jangan berkunjung di musim hujan, karena Green Canyon biasanya ditutup dengan alasan debit air yang melimpah. Waktu berkunjung terbaik tentu saja di musim kemarau, karena Anda akan menyaksikan jernih dan tenangnya air sungai yang berwarna kehijauan.

Tips kedua: Biaya perjalanan

Karena di obyek wisata ini tidak ada ATM, sebaiknya Anda menyiapkan uang tunai secukupnya. Perahu dari dermaga menuju lokasi Green Canyon dipatok seharga Rp 125 ribu dengan kapasitas 6 penumpang. Dan jika Anda memilih berenang, Anda akan dikenakan biaya tambahan.

Tips ketiga: Perlengkapan yang menunjang

Jika tujuan Anda menikmati wisata di Green Canyon dengan berenang, maka Anda perlu menyiapkan baju ganti dan kamera tahan air untuk mengabadikan momen spesial itu. Jangan khawatir jika tidak membawa life jacket atau pelampung, karena tukang perahu telah menyediakan perlengkapan yang Anda butuhkan.

Tips keempat: Penginapan

Ada beberapa pilihan tempat penginapan di Green Canyon. Jika memungkinkan, Anda dapat melakukan perjalanan kurang lebih 1 jam menuju Pangandaran. Disana banyak hotel dengan fasilitas dan harga yang bervariasi. Namun, jika Anda terlalu lelah, jangan ragu menginap di kawasan Batu Karas yaitu kurang lebih 15 menit dari Green Canyon.

Jika anggaran yang Anda miliki terbatas, Anda dapat mencoba menginap di Bonsai Bungalow dengan biaya per malam Rp 300 ribu. Atau jika Anda memiliki dana lebih, Anda dapat menginap di hotel lebih besar dengan biaya sekitar Rp 500 ribu hingga Rp 1,2 juta per malamnya.

Itulah sekilas tentang destinasi travel wisata ke Green Canyon dan beberapa tips untuk informasi Anda. Semoga bermanfaat!

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *