3 Cara Menentukan Liburan Berdasarkan Keuangan & Jatah Cuti yang Tersedia

Liburan bertujuan untuk melepaskan stres dan penat akibat tekanan pekerjaan dan aktivitas padat. Ini artinya, selama liburan kamu benar – benar harus melepaskan semua ketegangan pikiran agar bisa relaksasi.

Biar makin rileks saat bersantai di tempat destinasimu, persiapkan segala kebutuhan liburan sejak awal. Termasuk biaya – biaya wisata dan mau sampai berapa lama pergi berlibur?

Tak bisa dipungkiri, semakin maksimal biaya yang dikeluarkan, pilihan liburan juga semakin bervariasi. Tidak hanya jenis lokasi, tetapi juga dari segi fasilitas, kenyamanan dan pengalaman kegiatan yang bisa dilakukan.

But, bukan berarti bagi kamu yang punya budget minimal atau bahkan pas – pasan gak bisa enjoy ya! Semua masih bisa mewujudkan liburan impian asalkan ikuti dulu beberapa tips berikut:

Punya duit berlebih hasil tabungan deposito khusus travelling, yuk coba sensasi liburan mewah

Kemewahan bisa memberikan sensasi tersendiri bagi seorang traveller. Misalnya saja seperti selebriti papan atas, Syahrini. Moncer dengan gaya hidup kelas atas dan mewah, justru akan terasa aneh bila Syahrini tak bepergian tanpa naik pesawat pribadi atau kapal pesiar.

Tapi ingat, terkadang liburan mewah juga tak selalu menyenangkan. Ada kalanya, liburan mewah di kapal pesiar justru membuat liburan hancur berantakan karena mabuk laut, gangguan kesehatan karena kondisi kapal yang berayun, atau susah tidur karena fobia tak bisa berenang.

Sementara itu, justru mereka yang berbekal dana pas – pasan dan melakukan perjalanan backpacker ke Yogyakarta, menginap di hostel warga lokal malah bisa tertawa lepas menikmati liburan di kota Budaya.

Oleh karena itu, semua persiapan liburan harus dipertimbangkan dengan baik. Jika mau mengajak keluarga besar ikut liburan alias liburan rame – rame bareng keluarga, pastikan waktunya pas.

Bisa menjelang hari Lebaran atau setelah Lebaran biasanya jatah cuti Lebaran panjang sering dihabiskan untuk liburan berkumpul bareng keluarga di kampung halaman atau kota kelahiran.

Ambil jatah cuti liburan panjang daripada hangus tak bersisa

Punya jatah cuti liburan yang banyak kok disia – siakan hangus? Wah… jangan sampai terjadi lagi. Manfaatkan waktu luang untuk menyusun agenda petualangan yang spesial. Terlebih kamu punya banyak waktu liburan.

Beberapa orang memilih untuk berkemah di gunung, pergi backpacker-an ke luar negeri atau luar kota, bahkan ada yang cukup mudik atau pulang kembali ke kampung halaman untuk menikmati atraksi wisata di dalam kota.

Tak masalah, hanya saja perhatikan agenda kegiatan yang sudah disusun sebelum liburan biar kamu gak menyesal saat sepulang beraktivitas.

Usahakan juga untuk mencari permata tersembunyi atau destinasi yang belum sempat kamu eksplorasi lebih dalam.

Bisa aktivitas mengunjungi desa sentra kerajinan industri, desa wisata, atau belajar alat musik daerah atau belajar berkebun di lahan komoditi lokal. Sekarang sudah banyak model desa wisata sekaligus menawarkan agrikultur.

Baca juga:

Situ Patenggang Bandung, Pesona Alam yang Tenang dan Bikin Nagih

Tak perlu memaksakan diri dan cobalah untuk lebih fleksibel

Ada beberapa hal yang mungkin saja bisa terjadi saat liburan dan tak pernah kamu perhitungkan sebelumnya.

Pertama adalah faktor cuaca. Usahakan untuk selalu memeriksa prakiraan cuaca di tempat destinasi yang akan kamu kunjungi sebelum berangkat. Kamu gak mau kan liburan yang sudah disiapkan sedari awal semua berantakan karena hujan deras dan badai petir melanda.

Kedua yang bisa dipertimbangkan adalah semua tiket pesawat ataupun akomodasi sulit didapat karena tempat liburan yang kamu incar sedang peak season atau musim puncak liburan.

Tak perlu khawatir dan jangan terlalu kaku karena berpatokan hanya satu destinasi saja. Cobalah lebih fleksibel dengan menunjuk destinasi lain yang bisa jadi lokasi wisata alternatif. Sama – sama seru dan tidak terlalu jauh dengan tempat liburan yang ingin kamu sambangi.

Faktor ketiga dan tak kalah penting adalah dokumentasi atau fotografi liburan. Banyak traveller yang sudah jauh – jauh ke luar negeri tak mau melewatkan momen indah liburan begitu saja. Siapkan secara detail bahkan bila perlu sewa jasa fotografer profesional di tempat destinasimu.

***

Kemana pun tujuan liburanmu, selalu rencanakan dengan matang, itinerary dan budget yang dipersiapkan. Biar makin praktis, serahkan saja pada agen travel Jari Adventure Jl. Sarimanah Bandung yang sudah dipercaya ribuan klien dari kalangan perusahaan, individu maupun traveller umum. Ready to travel? Let’s go…

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *