Tips Seru & Irit Liburan Tahun Baru ke Kawah Ijen, Banyuwangi

Merayakan tahun baruan, bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah mengajak sahabat atau teman – teman dekat maupun keluarga untuk travelling ke luar kota.

Mendaki gunung Kawah Ijen Banyuwangi adalah salah satu cara seru menutup tahun 2017 dengan kenangan liburan yang penuh petualangan dan mengundang adrenalin.

Menjejakkan kaki di ujung timur Pulau Jawa tersebut, pengunjung akan merasakan kebudayaan yang unik. Perpaduan antara budaya Oseng dan Bali serta Jawa Timur, menjadi kekayaan budaya dan tradisi yang sangat indah.

Membuat nama kota Banyuwangi semakin harum dan bersinar di kalangan industri pariwisata. Ingin tahu seperti apa pesona Kawah Ijen di Banyuwangi? Cek dulu ulasan berikut:

Apa Saja Yang Ada Disana?

banyuwangi bagus

Kawah Ijen ialah kawasan cagar alam dan taman wisata yang dikelola oleh Taman Nasional Baluran. Letaknya berdekatan dengan Gunung Ijen, menjadikan Kawah Ijen sebagai daerah vulkanik gunung berapi paling besar di Jawa Timur. Hampir 36 juta meter kubik belerang yang dapat dihasilkan oleh kawah, jadi tak perlu heran jika banyak terdapat asap mengepul yang berasal dari sumber belerang. Tak hanya keindahannya, alasan lain yang menjadikan Kawah Ijen sering dikunjungi oleh wisatawan adalah blue fire atau api biru. Hanya ada dua dunia yakni Islandia dan Ijen, blue fire bisa anda jumpai antara pukul 1 hingga 5 pagi sebelum matahari muncul. Namun keselamatan juga perlu diperhatikan, jangan lupa untuk menyiapkan masker serta jaket tebal untuk alasan keamanan dan kenyamanan.

Beberapa event juga sering diselenggarakan disini, seperti Jazz Ijen Banyuwangi dan Tour de Ijen. Kedua event besar terbesar diselenggarakan di bawah kaki gunung Kawah Ijen, sembari menghadiri event, anda sekaligus juga bisa menikmati keindahan kawah. Menarik, bukan?

Jalur Menuju Kawah Ijen dan Pilihan Moda Transportasi

Kota Kota Di Pulau Jawa – blogger

Banyuwangi seakan tak pernah bosan untuk dikunjungi, banyaknya wisata alam yang memikat, membuat wisatawan selalu ingin menjelajah kesana. Salahsatu wisata alam yang cukup populer karena keindahannya adalah Kawah Ijen. Terletak antara Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi, anda bisa memilih akan melewati jalur yang mana diantara keduanya. Jika memutuskan menuju Bondowoso dari Surabaya, jaraknya tentu lebih dekat daripada menuju Banyuwangi, namun jangan lupa pikirkan transportasi yang digunakan karena sangat terbatas, maka dari itu bila anda berniat melewati jalur ini sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi. Lain halnya dengan jalur Banyuwangi, disini anda akan lebih mudah memilih moda transportasi, mulai dari kereta api, bus, travel hingga pesawat bisa anda gunakan untuk menuju kesini. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang lebih memilih jalur Banyuwangi dengan alasan kemudahan mengenai pilihan kendaraan yang bisa digunakan.

Kalau anda memilih menaiki kendaraan umum, berbagai alternatif dari pusat kota Banyuwangi menuju Paltuding, letak Kawah Ijen, bisa anda gunakan. Diantaranya adalah sewa angkot, jeep, ojek motor atau sewa sepeda motor. Jika ingin yang tidak ribet lebih baik memilih ojek motor dengan biaya sekitar Rp 150.000 untuk pulang – pergi, namun jika ingin low budget dan tentunya lebih ribet maka bisa pilih menyewa motor dengan harga sewa Rp 75.000 per hari, lumayan bisa sekaligus berkeliling Banyuwangi tanpa perlu merogoh kocek lagi untuk urusan transportasi.

Baca juga:

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

banyuwangi bagus

Harga untuk tiket masuk Kawah Ijen cukup terjangkau, yakni sebesar Rp 5.000 saat hari biasa dan Rp 7.500 ketika akhir pekan. Untuk loket sendiri tak diketahui pasti jam bukanya, jadi jika anda igin melihat blue fire atau api biru yang hanya terdapat dua dunia dan salahsatunya terletak disini, anda harus datang pagi – pagi. Tempat ini sangat cocok untuk anda yang gemar foto – foto, para penambang belerang berlatar keindahan kawah bisa menjadi objek yang pas untuk lensa kamera anda.

Truvel for Hotels

***

Jadikan kenangan liburan di Kawah Ijen semakin bermakna dengan perjalanan wisata yang lancar dan menyenangkan. Mau wisata tanpa ribet mengurus semua sendirian? Hubungi  agen travel wisata Jari Adventure yang berpengalaman lebih dari 10 tahun menyediakan jasa travel and tour untuk perusahaan BUMN dan instansi di seluruh Indonesia.

Bersama Jari Adventure, perjalanan liburan terasa lebih menyenangkan, praktis dan pastinya bersahabat dengan kocek. Buktikan ya..

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *