Tips Menikmati Travel Wisata Ke Yogya Secara Sederhana

Yogyakarta dikenal sebagai salah satu tujuan wisata yang cukup murah dan menyenangkan. Untuk menikmati suasana Yogyakarta yang begitu kental, Anda tak perlu berusaha terlalu keras. Cukup murah untuk menikmati suasana liburan menyenangkan di sini. Bahkan hingga hiburan gratis pun masih bisa Anda dapatkan di kota Gudeg ini.

Berbicara mengenai Yogyakarta, rasanya tak pas bila kita tak membicarakan aspek pariwisata kota Pelajar satu ini. Yogyakarta tidak hanya dikenal sebagai salah satu dari dua daerah istimewa yang ada di Indonesia namun juga dikenal akan sejarah dan warisan budaya yang masih terjaga hingga saat ini. Maka tak heran bila banyak sekolah yang mengadakan agenda berwisata ke Yogyakarta, selain untuk melakukan refreshing juga untuk menambah ilmu pengetahuan.
Jika Anda berencana untuk melakukan travel wisata ke Yogya, Anda perlu mempersiapkan beberapa hal – meski tak banyak. Ada beberapa tips yang perlu Anda tahu dan terapkan untuk membuat perjalanan travel wisata ke Yogya dan selama berada di sana menjadi lebih menyenangkan. Berikut ulasannya.
1. Memilih penginapan menjadi salah satu aspek penting yang berguna untuk menghemat pengeluaran Anda selama berlibur di Yogyakarta. Anda tidak perlu khawatir mengenai penginapan di kota ini karena jumlahnya terbilang cukup banyak. Mulai dari penginapan murah hingga hotel bintang 5 ada di sini. Tentunya untuk menghemat budget, pilihlah penginapan yang cukup murah namun tetap strategis. Beberapa lokasi yang terdapat cukup banyak penginapan dan lokasinya tak jauh dari objek wisata di Yogyakarta adalah lokasi Malioboro dan Prawirotaman.

2. Jika Anda berlibur bersama keluarga besar atau bersama rekan sekantor alias bersama rombongan, Anda perlu memilih penginapan murah seperti guest house atau hostel yang dikenal berbiaya rendah namun sanggup menampung pengunjung dalam jumlah banyak di satu lokasi.

3. Makanlah seperti layaknya Anda penduduk asli kota ini. Yogyakarta memang terkenal dengan kelezatan gudeg, manisnya tiwul, gurihnya geblek, dan berbagai makanan lain. Namun tak semua lokasi di Yogyakarta menjajakan makanan tradisional tersebut. Jadilah fleksibel dalam urusan perut dan berlakulah seperti Anda seorang penduduk di Yogyakarta. Sebagai saran, untuk mendapatkan makanan dengan harga cukup murah, Anda bisa membelinya di warung yang berlokasi di sekitar kampus.

4. Alat transportasi di Yogyakarta cukup beragam, mulai dari sepeda, sepeda motor, mobil, becak, andong, bus, travel, dan lain-lain. Menggunakan becak atau andong mungki menjadi pengalaman tersendiri yang ingin Anda alami namun bila Anda terkendala biaya, usahakan untuk menyewa sepeda motor (bila hanya liburan dengan beberapa rekan) atau mobil untuk rombongan. Tak ada salahnya Anda memanfaatkan adanya Bus Trans Jogja yang bisa mengantar Anda berkeliling Yogyakarta hanya dengan biaya kurang dari Rp 5.000 saja.

5. Pilih tempat wisata dengan biaya yang cukup murah. Objek wisata di Yogyakarta sangat banyak. Di wilayah kota sendiri, Anda bisa mengunjungi Keraton Yogyakarta yang menawarkan wisata sejarah dengan biaya yang relatif murah. Di sekitar komplek keraton, Anda juga bisa menemui adanya Museum Kereta, Objek Wisata Air Taman Sari, hingga Museum Vredeburg. Di lokasi Nol Kilometer, Anda bisa menikmati suasana Yogyakarta – terutama di malam hari – yang penuh dengan anak muda berkumpul dan melakukan hobi positif mereka masing-masing.

6. Urusan belanja di Yogyakarta bisa dibilang cukup menyenangkan karena ketika Anda berbelanja di sini – terutama di tempat tradisional – Anda masih memiliki kesempatan untuk menawar harga. Nikmati belanja murah di Yogyakarta dengan bonus menikmati pemandangan kehidupan masyarakatnya.

7. Kelompokkan tujuan wisatamu. Yogyakarta menawarkan sejuta objek wisata yang menawan dan semuanya sama-sama memikat. Untuk lebih menghemat pengeluaran Anda – terutama untuk urusan bahan bakar dan tenaga – kelompokkan objek wisata yang hendak Anda kunjungi. Misalkan ketika berada di wilayah kota Yogyakarta, Anda akan mengunjungi komplek Keraton Yogyakarta. Beralih ke utara, Anda bisa mengunjungi Museum Ullen Sentalu dan Taman Bermain Kaliurang. Jika pergi ke arah timur, Anda wajib menyambangi deretan pantai pasir putih yang menawan di daerah Gunung Kidul.

Itulah ulasan singkat dari beberapa tips travel wisata ke Yogya yang perlu Anda ketahui dan terapkan. Jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen liburan berharga Anda di Yogyakarta. Tetap santun dan menghargai kehidupan masyarakatnya akan membawa Anda pada liburan sesungguhnya di kota ini. Selamat menikmati hangatnya kehidupan Kota Seni dan Budaya ini!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.