Tips Liburan Backpacker Jelajahi Krakatau Rame- rame & Hemat Bujet

Bicara tentang Krakatau, kemungkinan besar para pelancong akan langsung mengingat gambar sebuah gunung menjulang yang berada di tengah lautan. Gunung Krakatau di masa lampau, sempat menggegerkan dunia, karena letusan dahsyat yang ditimbulkan mencapai permukaan bumi di belahan lain. Termasuk abu vulkanik mencapai benua Afrika, Amerika dan Eropa.

Berlokasi di Bandar Lampung, alhasil di masa kini. Kelimpahan berupa tanah subur yang kaya hasil alam juga bisa dinikmati warga lokal. Tak terkecuali, soal panorama bentang alam yang memadukan antara gunung dan lautan. Bakal menjadi ‘prestasi’ tersendiri bagi para backpacker atau petualang yang ingin menjelajahi Krakatau untuk destinasi berikutnya. Inilah panduan liburan yang hemat untuk backpacker berwisata rame – rame ke Gunung Krakatau:

Jalur rute transportasi dari Merak ke Krakatau

Menuju Krakatau, jalur atau rute transportasi yang bisa ditempuh adalah melalui Pelabuhan merak. Biasanya pelancong backpacker sangat sadar akan bujet. Jadi, pilihan transportasi umum seperti kapal atau bus bisa menekan pengeluaran menjadi lebih ekonomis.

  1. Bus Damri jurusn lampung. Memungut tarif rata – rata Rp 150 ribu. Pesan sekaligus dengan tiket terusan atau PP untuk mencegah kehabisan tiket saat pulang dari Krakatau nanti.
  2. Kedua, naiklah bus umum rute Jakarta – Merak. Biayanya sekitar Rp 30 ribu. Kemudian, ada biaya tambahan untuk menyeberang ke Merak – Bakauheni.
  3. Ketiga, manfaatkan pelayanan prima sekaligus tarif hemat dari kereta api Indonesia. Turun di Stasiun Jatinegara untuk naik KRL komuter line jurusan Jakarta Kota. Kemudian, transit di sejumlah tempat seperti Manggarai atau Tanah Abang untuk naik KRL rute Rangkas Bitung. Setelah itu, baru dari stasiun Rangkas Bitung menuju Merak. Tiket sebesar Rp 8 – 10 ribu.

Menumpang kapal ferry dari Merak ke Bakauheni

Dengan menempuh perjalanan selama 2,5 jam, biaya sebesar Rp 15 ribu akan mengantarkan Anda dari Pelabuhan Merak menuju Dermaga Bakauheni, Lampung.

Pemandangan indah menembus lautan bisa dinikmati selama perjalanan di atas kapal ferry. Fasilitas umum di atas kapal juga sudah tersedia. Termasuk toilet umum, musholla, alat keselamatan, dan kantin untuk tempat makan dan minum.

Menuju Krakatau dari pelabuhan Bakauheni

Sesampainya di pelabuhan Bakauheni, Lampung. Carilah bus jurusan Bakauheni – Rajabasa. Jurusan ini yang akan mengantarkan menuju Simpang Fajar. Setelah turun di Simpang Fajar, naiklah ojek Pasar Inpres. Lalu, oper angkot ke pelabuhan Canti. Barulah dari dermaga Cianti ini, pengunjung bisa menuju Krakatau dengan menyewa kapal motor. Harga sewa rata – rata Rp 500.000 – Rp 1.000.000; akan tetapi, jika membawa rombongan, maka biaya akan lebih hemat. Atau para backpacker bisa share cost dengan para pengunjung lain.

Baca juga:

Akomodasi untuk bermalam yang hemat

Jangan khawatir, penginapan murah sudah banyak di sekitar Krakatau. Cobalah bertanya di sekitar Pulau Sebesi. Di sini, penginapan dipatok Rp 300.000 dengan model seperti losmen atau asrama yang bisa ditempat 10 – 15 orang. Hanya saja, pasokan listrik hanya ada dari jam 18.00 hingga jam 12.00.

Tips wisata ke Krakatau

Perlu diingat bahwa liburan ke Krakatau, kemungkinan besar beban biaya yang banyak adalah di sektor transportasi. Seperti menyewa perahu atau kapal cepat. Nah, untuk menekan biaya. Umumnya para pelancong akan melakukan share cost atau patungan biaya agar tetap hemat.

Sebut saja, jika dalam menyewa perahu Rp 1.000.000 per perahu, jika dibagi share cost dengan rombongan akan menjadi Rp 100 ribuan per 10 orang. Jauh lebih hemat dan ringan di kantong, kan?

Selain itu, biaya seperti makanan dan sewa penginapan juga bisa dishare cost sesuai kesepakatan yang wajar. Agar lebih hemat, bawa juga kebutuhan logistik meskipun tak terlalu banyak untuk menekan pengeluaran makanan. Setidaknya, kamu perlu membawa sedikit beras, mie instan ataupun makanan kemasan lain agar lebih awet. Harganya pun lebih murah dibandingkan harus membeli di sekitar Krakatau. Maklum saja, uang transportasinya untuk kulakan juga mahal.

Apa yang bisa dilakukan di Krakatau?

Tak perlu bingung berlibur ke Krakatau. Sepanjang perjalanan, ada berbagai pemandangan eksotis dan menarik untuk dilihat. Selain wisata bahari yang membentang, juga aneka terumbu karang di kedalaman lautan. Untuk menikmati snorkeling, tersedia alat snorkeling yang bertarif Rp 50 ribu – Rp 100 ribu.

Sedangkan, tiket masuk ke Pulau Krakatau sebesar Rp 500 ribu.

Kemas barang yang ringkas dan praktis

Alih – alih mirip seperti orang yang pindah rumah. Lebih baik kemas barang seperlunya. Misalnya, bawa baju ganti yang berlapis bukan jaket tebal yang bisa membuat berat ranselmu. Alat solat, alat mandi, sepatu, uang dan obat – obatan. Bawa uang seperlunya, karena tidak tersedia ATM selama berlibur di Krakatau.  

**

Yuk, nikmati dan jelajahi keelokan negeri sendiri yang tiada pernah habis untuk dieksplorasi. Agen wisata dan perjalanan Jari Adventure siap membantu mewujudkan liburan impian ke setiap destinasi di seluruh Indonesia.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *