Tips Hemat Travelling Rame-rame ke Raja Ampat

Raja Ampat adalah surga dunia yang terletak di Timur Indonesia, lokasinya yang tersembunyi membuat keindahannya terus terjaga. Sehingga tak mengherankan bahwa siapa saja pasti ingin berlibur kesana.

Namun, besarnya biaya yang harus dikeluarkan membuat kita harus berpikir dua kali untuk menjadikan Raja Ampat masuk ke dalam destinasi yang  wajib dikunjungi pada liburan akhir tahun ini.

Eits, tak perlu khawatir lagi, karena 4 tips di bawah ini membuat anda tak perlu pusing lagi memikirkan biaya kesana. Apa saja sih tipsnya, yuk simak!

Rajin Cari Promo Mengenai Transportasi dan Akomodasi

Kini semakin banyak maskapai penerbangan yang menawarkan perjalanan menuju Sorong, Papua yang tak lain adalah rute anda untuk menuju ke Raja Ampat.

Yang membuat biaya ke Raja Ampat begitu menguras dompet ialah harga tiket pesawat yang begitu mahal yakni kurang lebih seharga 2 hingga 4 juta rupiah sekali jalan.

Oleh karena itu sebaiknya anda benar – benar rajin update mengenai harga tiket pesawat terutama ketika sedang terdapat promo. Jika kesulitan mendapatkan promo, memesan tiket jauh – jauh hari juga menjadi solusi yang tepat bila anda berniat berlibur kesana.

Selain transportasi, masalah akomodasi juga penting untuk anda pertimbangkan. Sama halnya dengan tiket pesawat, memantau promo bisa jadi solusi jika tak ingin kantong jebol selama berlibur. Pastikan cara informasi se – detail mungkin ya, jangan sampai promo justru membuat anda mengeluarkan kocek lebih besar karena terdapat biaya ini itu yang tidak anda ketahui sebelumnya.

Namun kalau anda ingin benar – benar merasakan liburan ala backpacker yang sesungguhnya, homestay atau rumah penduduk bisa menjadi solusi. Ada sekitar 40 homestay dengan kisaran harga mulai dari Rp 250.000. Tentu hal ini bisa meminimalisir pengeluaran anda, bukan?

Datang Bersama Rombongan Tentu Akan Lebih Murah

Tak hanya biaya untuk tiket pesawat, masalah transportasi selepas turun dari pesawat tak boleh dilupakan. Anda masih harus menaiki kapal sekaligus bensinnya yang per harinya saja bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan.

Mengapa begitu mahal? Karena memang harga bensin di Raja Ampat dua kali lipat lebih mahal dari kota terdekat di Sorong.

Untuk itu, sebaiknya anda datang kesana bersama keluarga atau teman – teman agar biaya yang harus dikeluarkan untuk bensin dan sewa kapal lebih ringan.

Siapkan Biaya Pokok Masuk Raja Ampat Agar Tak Kelimpungan

Faktor kedua yang membuat liburan kesana begitu mahal adalah tarif pokok masuk Raja Ampat sebesar Rp 500.000 untuk wisatawan lokal dan Rp 1.000.000 untuk wisatawan asing.

Biaya tersebut digunakan sebagai pemeliharaan lingkungan atau biasa disebut dengan Tarif Layanan Pemeliharaan Lingkungan (TLPL).

Disana banyak tempat yang akan melayani pembayaran TLPL yang akan sekaligus menjadi kartu tanda masuk yang berlaku selama satu tahun terhitung sejak awal pembelian. Yang diperlukan hanyalah KTP bagi WNI dan paspor untuk wisatawan asing untuk bisa membeli tiket TLPL.

Nah, agar tak kelimpungan masalah biaya, lebih baik sisihkan sendiri TLPL sehingga rincian biaya yang harus anda keluarkan hanya berupa transportasi, akomodasi dan konsumsi selama berada disana

Seperti yang diketahui bersama, konon biaya masuk ke Raja Ampat memang mengharuskan pengunjung merogoh kocek agak tinggi. Sekitar Rp 500 ribu sampai Rp 1 juta. Biaya ini untuk operasional dan pembiayaan kelestarian lingkungan di Raja Ampat yang sangat indah.

Baca juga:

Dikenal Sebagai Kota Maju di Dunia, Abu Dhabi Juga Punya Desa Wisata Kuno

***

Mau travelling rame – rame  ke Raja Ampat? Pastikan Anda sudah menghubungi agen travel wisata Jari Adventure untuk menyempurnakan perjalanan liburan yang menyenangkan.

Harga untuk rombongan akan semakin hemat. Sudah termasuk biaya paket akomodasi atau hotel, transportasi, tiket masuk dan tour ke sejumlah atraksi wisata terkenal di Raja Ampat.

Jadi, tak perlu lagi repot mencari – cari sendiri untuk sewa kendaraan, menyewa mobil atau perahu, hingga takut tersesat. Semua akan diatur oleh pihak agen travel perjalanan Jari Adventure di Raja Ampat.

Buktikan, bahwa Jari Adventure memang memiliki pelayanan yang berkualitas prima. Ribuan klien kami telah membuktikan, sekarang giliran Anda. Yuk, liburan bareng Jari Adventure

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *