Tinggalkan Phuket, Pulau Bekas Penjara Jadi Alternatif Liburan ‘Tenang’ di Thailand

 

Jumlah wisatawan yang terus bertambah dari tahun ke tahun menjadikan pulau-pulau paling populer di Thailand tak lagi nyaman karena keramaian yang tak terbendung.

Untungnya, Negeri Gajah Putih masih memiliki ratusan pulau alternatif yang lebih lengang.

Beberapa diantaranya bahkan menawarkan pemandangan pantai yang luar biasa atau ketenangan sempurna untuk menghilangkan kepenatan.

Tidak ada hiruk pikuk pesta yang berabur lampu warni-warni tetapi pertemanan dengan mudah terjalin di bar-bar kayu apung.

Penduduk setempat siap menyambut wisatawan dengan senyum ramah dan gaya hidup alami yang tetap mereka pertahankan.

Berikut beberatpa pulau Thailand yang dapat kamu jadikan alternatif untuk liburan yang tenang tanpa kerumunan turis.

 

Koh Phaluai

Meskipun pulau-pulau di sekitarnya telah berubah dari pulau pertanian menjadi raksasa pariwisata.

Koh Phaluai yang terletak 5 mil di barat Samui mempertahankan nuansa bak era 1970-an. Sebagian pulau termasuk dalam Mu Ko Ang Thong Marine Park yang dilindungi pemerintah.

Sementara selatan hutan beberapa resor menyediakan bungalow dan longtail untuk berlayar ke Pantai Song Phi Nong yang luar biasa.

Perjalanan boat 4 mil ke utara akan membawa pelancong ke perkemahan Koh Wua Tala, yang menjadi salah satu pangkalan kayak paling menakjubkan.

 

Koh Jum/Koh Puh

Pulau dua nama ini memiliki getaran santai yang menaungi jalur-jalur terbungkus bugenvil dan pantai-pantai yang tidak berkembang.

Dikenal dengan sebutan Koh Pu di utara dan Koh Jum di selatan, pulau ditaburi dengan resor murah berkualitas.

Di Pantai Golden Pearl, Koh Jum Beach Villas menghadirkan tingkat kemewahan yang tidak biasa ditemukan di pulau-pulau alternatif.

Namun, bagi pelancong yang menyukai gubuk murah dan getaran melow di bar maka Pantai Luboa yang terpencil adalah tujuan sempurna.

 

Koh Mak

Sebuah pulau berbentuk bintang dekat Koh Chang di Teluk timur Thailand. Koh Mak sebagian besar masih dikelola oleh lima keluarga Cina-Thailand yang nenek moyangnya tiba di pulau pada abad ke-19.

Di antara pertanian dan perkebunan, desa-desa dan pasir berwarna merah muda, pelancong dapat menemukan resor yang akrab dan ramah keluarga.

Disekitar Koh Mak terdapat pulau-pulau kecil, salah satunya adalah Koh Kradat, yang menjadi tempat tinggal sekawanan rusa peninggalan dari Raja Chulalongkorn.

Di bagian barat Koh Mak, Koh Rang menawarkan pasir halus dan terumbu yang terbenam dalam air sejernih kristal.

 

Koh Mook

‘Pulau Mutiara’ di provinsi Trang adalah pangkalan terbaik untuk menjelajahi pulau karena memiliki banyak pantai dan jalur hutan memukau.

Di Tham Morakot, atau ‘Gua Emerald,’ sebuah celah di dasar tebing kapur mengarah ke lorong laut yang gelap.

Setelah beberapa ratus kaki, perenang dan orang-orang berkayak muncul di pantai yang dikelilingi oleh batu kapur yang sangat curam.

Ikutlah tur kapal untuk melihat gua dan pusat snorkeling di Koh Kradan, Koh Ngai dan Koh Rok. Setelahnya, mampir ke bar untuk menikmati sunset yang luar biasa.

baca juga:

Memaknai Tujuan Tradisi Potong Gigi, Bali

 

Koh Tarutao

Koh Tarutao merupakan pulau terbesar keempat di Thailand dan masih tertutup oleh hutan perawan. Namanya berarti ‘Pulau Misterius’ dalam bahasa Melayu kuno, dulunya Tarutao berfungsi sebagai penjara dan menurut cerita para tahanan yang terlantar pada saat itu beralih menjadi pembajak untuk bertahan hidup selama Perang Dunia II.

Untuk mencapai pulau ini, wisatawan mesti melakukan pemesanan truk di muka atau mengambil jalur gunung sejauh 10 mil atau bersepeda di satu jalur berlumut.

 

Koh Chang (Ranong)

Lebih kecil dan sepi dibanding ‘Pulau Gajah’ lain di dekat Koh Mak, Koh Chang (Ranong) berada di puncak utara Pantai Laut Andaman, tegak berdiri di depan Myanmar.

Untuk menembus suaka margasatwa di hutan selatan, pelancong harus menempuh jalanan lajur tunggal hingga jalur tanah sempit untuk pendakian.

Pulau menawarkan resor bungalow seharga $ 10 per malam dan teluk-teluk kecil yang hanya dapat diakses dengan perahu atau berjalan kaki selama tiga jam.

Meskipun tidak sepopuler Phuket, pulau-pulau lain Thailand ini tak kalah eksotis untuk tujuan liburan selanjutnya.

Kelebihannya, pulau-pulau ini akan membebaskan kamu dari kepadatan turis yang hampir mustahil dapat dihindari di pulau setenar Phuket.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.