Luar Biasa, Inilah 5 Kuliner Khas Thailand Terlezat di Dunia

Kuliner Khas Thailand –  Menelusuri keindahan di setiap negara yang asing tak akan lengkap tanpa menjajal sajian khas di negara tersebut. Tak terkecuali, ketika liburan rame – rame ke Thailand. Seperti Indonesia, lidah orang Thailand juga gemar dengan aneka bumbu dan rempah – rempah yang memperkuat aroma serta cita rasa masakan.

Bagi yang sering mampir untuk wisata kuliner di restoran Thailand, tentu sudah tak asing dengan sup segar kepiting atau mie kuah khas Thailand yang rasanya legendaris itu. Akan tetapi, bagi sebagian besar wisatawan, bisa jadi masih sedikit asing dengan deretan daftar nama – nama menu kuliner khas Thailand.

Agar tak penasaran, inilah 5 kuliner khas Thailand yang wajib direquest pada juru masak di restoran Thailand:

Som Tam

Mungkin Som Tam masih terdengar masih asing, tapi makanan yang satu ini wajib rasanya anda coba ketika berkunjung ke Thailand. Som Tam sendiri adalah salad pepaya muda. Mirip seperti kuliner Thailand lainnya, rasanya cenderung asam dan pedas. Terkadang Som Tam dimakan bersama ketan, bihun atau ayam panggang. Namun bila tidak ingin makan berat, Som Tam juga bisa dijadikan sebagai camilan pengganjal perut.

Biasanya Som Tam dijajakan pada gerobak dorong di pinggir jalan, sehingga cukup mudah menjumpainya. Salad super pedas ini berasal dari daerah timur laut Thailand ini dimasak layaknya rujak ala Indonesia, yakni diuleg. Pepaya yang masih hijau dan renyah bila dikunyah, ditambahkan limau segar, bawang putih, gula aren minyak ikan, cabai dan tomat sebagai bumbunya. Beberapa penjual ada juga yang menambahkan kacang, udang kering atau kepiting asin. Bila datang ke Bangkok, jangan lupa mampir ke Soi Siam Square, Rama 1 Road, Bangkok yang katanya menjajakan Som Tam terenak.

Tom Yam

Berbeda dengan Som Tam, anda pasti sudah mengenal Tom Yam. Sup udang berkuah asam pedas ini kini menjadi makanan yang paling sering dicari wisatawatan ketika sedang melancong ke Thailand. Tom Yam terdiri dari udang gurih, cabai yang disiram kuah asam pedas. Untuk anda yang alergi dengan udang, tak perlu khawatir karena masih banyak varian topping lain seperti daging ayam atau sayur mayur. 

Bumbu kuahnya sendiri terdiri dari sereh, lengkuas, air jeruk nipis, minyak ikan, cabai dan daun jeruk purut. Sup ini biasanya disajikan dalam mangkuk besar dan isi toppingnya cenderung sedikit. Jadi sangat cocok bila disantap bersama nasi agar merasa kenyang lebih tahan lama. Jika ingin mencicipinya, anda bisa mampir ke Number 10 Thanon Pramuan (off Silom Road), Bangrak, Bangkok.

Thai Tea / Cha Yen

Minuman yang satu ini banyak dijual di pusat perbelanjaan, bahkan di Indonesia. Sesuai dengan namanya, Thai Tea berasal dari Thailand. Hampir mirip seperti teh tarik, Thai Tea memiliki rasa perduan antara teh dan susu yang manis. Orang Thailand menyebutnya sebagai Cha Yen.

baca juga: Tergoda Lezatnya Nasi Jinggo khas Bali

Yang membedakan dengan teh tarik ialah warnanya yang pekat yakni berwarna orange. Beberapa bahan lain yang biasanya dijadikan sebagai tambahan ialah bunga lawang, biji asam yang dihancurkan, kapulaga, orange blossom dan cengkeh. Itulah yang membuat teh ini memiliki rasa dan aroma yang tak kalah unik pula.

Kha Niew Ma Muang

Kini saatnya beralih ke dessert. Kha Niew Ma Muang adalah salah satu makanan penutup dari Thailand yang lumayan populer di kalangan pencinta kuliner. Terdiri dari potongan mangga segar, ketan khas Thailand dan krim santan yang manis. Makanan pencuci mulut ini memiliki nama lain yakni Mango Sticky Rice. Rasa krim santan yang gurih dan manis, juga potongan mangga yang segar berpadu menjadi satu dalam mulut. Hidangan yang satu ini dapat ditemukan di pinggir jalan, terutama di kawasa Sukhumvit Soi 38 Night Food Market yang katanya terkenal lezat.

Kaya akan rempah serta bumbu, makin mempertajam cita rasa kuliner khas Thailand. Tidak heran apabila banyak turis asing yang sengaja datang ke Thailand langsung untuk menikmati wisata grastronomi alias jalan – jalan kuliner. Bagaimana dengan Anda? Bila berminat untuk liburan ke Thailand, pastikan untuk memanfaatkan jasa agen travel wisata Jari Adventure yang profesional dan terbukti kualitas pelayanannya.  

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *