Tetap Lancar Komunikasi di Luar Negeri, Simak 7 Panduannya

Meskipun sedang berada di luar negeri, hal terpenting yang selalu dibawa kemana saja adalah ponsel. Hp atau ponsel telah menjadi alat bantu tersendiri bagi manusia, terutama ketika melakukan travelling.

Sebagai wisatawan asing, Anda tentu belum mengenali kawasan yang Anda singgahi, lokasi tujuan, hingga apa saja yang ada di sekitar Anda.

Biasanya, ponsel benar-benar dibutuhkan kala travelling untuk membuka maps agar tidak tersesat.

Apa Anda pernah mendengar cerita tentang siapapun yang ke luar negeri secara tidak sadar telah mengeluarkan uang yang cukup banyak hanya untuk ponsel.

Lalu, apa penyebabnya? Kebanyakan dari mereka melakukan panggilan internasional yang mahal. Tapi Anda tidak perlu khawatir lagi karena Anda bisa mengikuti panduan lancar komunikasi telepon di luar negeri yang bisa Anda simak berikut ini :

1.       Membeli SIM Prabayar

SIM prabayar sangat penting untuk ponsel Anda saat berada di luar negeri, apalagi jika Anda melakukan travelling dari satu negara ke negara lainnya.

Untuk para pelancong yang ingin aman dan hemat saat berkomunikasi via telepon saat travelling di luar negeri, Anda harus menyiapkan SIM prabayar sebelum berangkat. Anda bisa memesan kartu SIM prabayar di berbagai perusahaan seperti Go-Sim atau TravelSIM.

Untuk kartu SIM di Go-Sim dibandrol dengan harga $19 termasuk kredit, $10 untuk SIM saja dan paket data dari $12 hingga $237.

Untuk TravelSIM ada banyak paket data yang bisa Anda pilih mulai dari $25-$100. Kedua aplikasi bisa top-up online sehingga mempermudah Anda saat kehabisan data.

2.       Beli SIM Lokal di Lokasi Tujuan

Jika Anda hanya mengunjungi satu negara, Anda tidak akan terkena biaya roaming. Untuk itu, Anda bisa membeli SIM Lokal di bandara, supermarket, atau toko yang menjual kartu SIM di lokasi tujuan Anda.

Namun, saat Anda pindah ke negara lainnya, Anda harus mengaktifkan roaming global serta menelfon kerabat untuk mengabari nomer telepon yang Anda miliki, kecuali menggunakan aplikasi Whatsapp.

3.       Beli SIM Lokal Sebelum Meninggalkan Rumah

Agar Anda tidak kebingungan saat mencari SIM Lokal, maka Anda bisa membelinya dulu sebelum berangkat atau merencanakan operator apa yang akan Anda gunakan.

Anda bisa memesannya dari berbagai negara. Info nomor Anda akan Anda dapatkan sebelum Anda berangkat.

Biasanya, menerima panggilan dari rumah tak akan kena biaya, namun sebaiknya tetap periksa pengeluaran kala melakukan panggilan.

4.       Gunakan Wi-Fi

Wi-Fi adalah cara terbaik agar terhindar dari biaya yang mbludak. Matikan roaming global serta data seluler Anda lalu hidupkan hotspot Wi-Fi di semua tempat seperti café, restoran, bandara, hingga stasiun yang biasanya memfasilitasi Wi-Fi gratis.

Dengan menggunakan Wi-Fi, maka Anda akan tersambung ke internet dan melakukan komunikasi via aplikasi seperti Whatsapp atau Skype.

Dengan tips ini, maka Anda akan mengurangi biaya dan pengeluaran Anda dari paket data yang mahal. Tapi, jangan lupa untuk memeriksa apakah negara itu memungkinkan Mi-Fi atau Router Wi-FI portable.

5.       Mengunduh Informasi Ketika Terhubung ke Wi-Fi

Ketika Anda terhubung ke Wi-Fi, pastikan Anda mengunduh segala informasi penting yang Anda butuhkan entah itu berada di perjalanan, atau bahkan sebelum berangkat travelling.

Meskipun Anda tidak menggunakan Wi-Fi, pastikan untuk mematikan data roaming global ponsel Anda. Meskipun sederhana, namun tetap akan mempermudah Anda ketika berada di luar negeri terutama untuk Maps.

Siapkan juga kompas agar Anda tidak tersesat saat tidak terhubung ke Internet. Matikan data seluler Anda ketika Anda tidak menggunakannya.

6.       Beli Roaming Pra-bayar

Telstra dan Optus bisa Anda manfaatkan untuk membeli paket prabayar agar Anda tetap bisa memeriksa email dan mengeksplore dunia internet saat di luar negeri.

Untuk Telstra, Anda bisa memilih dari dua International Travel Passes. Anda juga harus membayar biaya harian sebesar $5 hingga $10 tergantung periode yang ditentukan.

Untuk Optus ada sebuah Paket Perjalanan dan merupakan layanan sebesar $10 per hari untuk negara Zona 1.

7.       Pergi Tanpa Kartu SIM

Pergi tanpa kartu SIM bisa Anda lakukan saat Anda akan melakukan q-time. Dengan tidak membawa kartu SIM, maka Anda akan bebas dari SMS atau Twitter yang mengganggu.

Namun, pastikan Anda mengabari kerabat terdekat ketika tidak ingin menggunakan sinyal telepon. Gunakan ponsel Anda sebaik mungkin seperti jam alarm, kamera, atau Wi-Fi agar lebih hemat.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.