Tersihir Pesona Mistis, 5 Pantai Legendaris di Nusantara yang Sarat Mitos

Indonesia memiliki ribuan pulau dengan ribuan pula titik pantainya. Semua pantai di Indonesia sangatlah indah dan menawan.

Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah destinasi pantai terbanyak yang ada di dunia. Indonesia juga memiliki berbagai cerita rakyat yang sangat terkenal.

Ada banyak mitos atau cerita yang beredar bahkan sudah terkenal di kalangan wisatawan. Apalagi pantai yang ada di Pulau Jawa yang terkenal akan mitosnya yang kental.

Inilah beberapa pantai dengan pesona yang indah namun memiliki mitos yang dipercaya oleh masyarakat setempat hingga sekarang.

1.Pantai Parangtritis

Merupakan pantai yang terkenal di Pulau Jawa. Pantai Parangtritis memang sudah terkenal akan mitosnya.

Tempat lokasi Pantai ini berada di Kota Yogyakarta, dimana pantai ini sering sekali menjadi destinasi wisata para wisatawan yang sedang berkunjung.

Wisata ini sangat ramai oleh pengunjung yang datang untuk bermain pasir, bersantai, menikmati keindahan pantai, hingga melihat keindahan matahari terbenam di Kota Yogya.

Keindahannya menjadi alasan kenapa pantai ini sering menjadi destinasi wisata para turis di kota Yogya.  Namun, ada satu alasan lagi yaitu mitos yang sering menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung.

Pantai Parangtritis dipercaya memiliki cerita mistis tentang penghuni lautannya yaitu Nyi Roro Kidul.

Masyarakat percaya bahwa jika ada wisatawan yang menggunakan baju hijau di wilayah pantai, maka orang itu akan diseret ombak dari suruhan Nyi Roro Kidul karena ia dikenal menyukai dan senang dengan warna hijau.

2. Pantai Pelabuhan Ratu

 

Termasuk salah satu pantai yang pasti Anda kenali, terutama bagi Anda yang ada di Pulau Jawa. Pantai Pelabuhan Ratu berada di Provinsi Jawa Barat tepatnya di Kota Pelabuhan Ratu.

Pantai ini tidak kalah indahnya dengan pantai lainnya serta sering menjadi penarik wisatawan untuk berkunjung.

Di kawasan pantai, terdapat sebuah hotel bernama Hotel Inna Samudera Beach yang ada di Jalan Cisolok Raya Km 7. Hotel ini memiliki salah satu kamar dengan nomor 308 yang dipercaya sebagai kamar dari penghuni lautan Nyi Roro Kidul.

Kamar inilah yang kerap kali menjadi daya tarik wisatawan yang penasaran sehingga kawasan pantai sering dikunjungi turis asing maupun lokal.

Kamar ini memiliki banyak benda di dalamnya mulai dari bantal, tempat tidur,  dinding, hingga kursi. Semua barang tersebut berwarna hijau yang merupakan warna kesukaan sang penghuni lautan.

Wisatawan tidak dianjurkan untuk menggunakan pakaian atau aksesoris lain yang berwarna hijau saat berkunjung ke hotel ini atau kawasan Pantai Pelabuhan Ratu.

3. Pantai Pangandaran

Area Pantai Pangandaran berada di Kota Bandung, sekaligus merupakan bagian dari bagian Pantai Selatan.

Pantai Pangandaran menjadi salah satu destinasi yang sering dikunjungi oleh banyak wisatawan.  Apalagi jika Anda berkunjung bersama kerabat dan keluarga Anda.

Pantai Pangandaran memiliki pemandangan yang luar biasa cantiknya. Namun, wisatawan dilarang untuk mandi di pantai ini. Itu karena bagi siapapun yang melanggar, maka akan terkena musibah seperti hanyut atau terbawa ombak.

Mitos ini berawal dari cerita rakyat tentang seorang Raja Padjajaran yang memiliki seorang istri simpanan yang sedang hamil.

Sayangnya, raja ini tidak menginginkan kehamilan dari istri simpanannya tersebut hingga ia menyuruh pengawal istana untuk membuang istrinya ke hutan. Itu membuat istri itu bersedih hingga ia mencoba bunuh diri di pantai Selatan Laut Jawa.

Namun, ia diselamatkan dan dijadikan anak Ratu Laut Kidul. Namanya pun berubah menjadi Roro Kidul yang konon sering mencari orang lain untuk menjadi temannya.

4. Pantai Kedung Tumpang

Wilayah Pantai Kedung Tumpang adalah pantai yang ada di Desa Pucunglaban, Kabupaten Tulungagung. Pantai ini memiliki keunikan yaitu tebing-tebing yang mengelilingi pantai.

Pemandangan tebing ini sangat indah dan menjadi daya tarik bagi pengunjung. Wisatawan dianjurkan untuk datang saat pagi ketika pantai sedang surut.

Jika Anda datang saat sore, itu cukup membahayakan karena banyak hempasan ombak yang mempengaruhi tebing.

Pantai ini memiliki mitos yaitu larangan untuk membawa buah jeruk saat berkunjung ke daerah wisata. Itu karena ada kepercayaan dari cerita setempat jika membawa jeruk maka akan mendatangkan ombak besar di pantai ini.

Baca juga:

Tersihir Pesona Pulau Biawak, “Pulau Komodo” Mini Ala Indramayu Jawa Barat

5. Pantai Petanahan

Lokasi Pantai ini berada di daerah Gombong, Kebumen, Jawa Tengah. Pantai Petanahan sering kali dikunjungi oleh banyak pengunjung terutama para remaja karena panoramanya yang indah.

Namun, pantai ini memiliki ombak yang sangat besar bahkan bisa mencapai 5 meter. Ombak ini bisa menyeret apapun yang ada di sekitar pantai.

Oleh karena itu, wisatawan diharap untuk berhati-hati karena sudah ada banyak korban yang terseret ombak.

Sama halnya dengan pantai selatan lainnya, kawasan ini juga melarang pengunjung untuk menggunakan pakaian dan aksesoris berwarna hijau.

Semua yang berwarna hijau bisa membawa orang tersebut terseret hingga ke dalam laut. Itulah mitos yang dipercaya oleh masyarakat setempat.

***

Pastikan Jari Adventure sebagai mitra perjalanan wisata Anda ke berbagai destinasi di Nusantara dan luar negeri. Hubungi HP : 0812-22279979 atau WA : 0877-78906999 untuk info selengkapnya.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.