Terselubung! 6 Masjid Bawah Tanah Paling Unik Dalam Perut Bumi

Selain menjadi tempat ibadah umat Muslim, masjid juga sering kali menjadi pusat kegiatan keagamaan umat muslim seperti belajar Al-Quran, atau kajian agama.

Masjid memiliki ciri bangunan yang khas dan beragam setiap negara. Umumnya, masjid bercirikan kubah utama sehingga menjadi identitas dari masjid sendiri.

Sebagian besar masjid di Indonesia maupun seluruh dunia di bangun di atas tanah. Namun, nyatanya ada beberapa masjid yang berdiri di bawah tanah, lho!

Masjid yang berdiri di bawah tanah tentu memiliki alasan tersendiri, seperti teknis atau filosofis. Sebagai negara muslim terbesar di dunia, Indonesia juga memiliki beberapa masjid bawah tanah yang harus Anda kunjungi.

Apa saja? Mari kita simak 6 masjid bawah tanah di dunia, 4 diantaranya ada di Indonesia.

 

Masjid Sancaklar – Istanbul, Turki

Yang pertama adalah masjid yang berdiri di pinggiran kota Istanbul, tepatnya di bawah tanah kawasan Buyukcekmece.

Masjid ini dibangun oleh Pemerintah Turki pada tahun 2012 dengan beberapa alasan. Salah satu alasannya ialah untuk menghindari padatnya lalu lintas pada kawasan perkotaan.

Pembangunan Masjid Sancaklar terinspirasi dari Gua Hira dimana Nabi Muhammad diberikan wahyu pertama oleh Allah SWT.

Dibangun di atas lahan seluas 1.200 meter persegi, mashid ini memiliki ruangan utama yang dapat menampung sekitar 650 jamaah.

Meskipun dibangun di bawah tanah, bukan berarti masjid ini meninggalkan arsitektur khasnya, bahkan masjid ini mengangkat arsitektur modern.

Ditetapkan sebagai salah satu masjid terbaik dunia oleh Museum Desain, Masjid Sancaklar masuk nominasi Design of The Year di London.

 

Masjid Yeralti Camii – Turki

Masjid yang satu ini merupakan peninggalan Dinasti Ottoman, Turki. Yeralti Camii sendiri berarti Masjid Bawah Tanah dalam Bahasa Turki.

Lokasinya cukup tersembunyi, yaitu diantara lorong-lorong Pelabuhan Karakoy dengan pintu akses keluar masuk masjid di atas permukaan tanah. Melewati pintu tersebut, Anda akan masuk ke dalam terowongan bawah tanah.

Sepeti yang kita ketahui, Dinasti Ottoman memiliki sejarah Panjang di Turki. Oleh sebab itu, Masjid ini juga menyimpan sejarah di dalamnya.

Dulunya, Masjid Yeralti Camii menjadi tempat disimpannya amunisi pada abad ke -17. Hingga di tahun 1757,pemimpin setempat mengubah tempat ini beralih fungsi menjadi masjid.

 

Masjid Baabul Munawar – Papua , Indonesia

Dari luar, kini kita beralih ke wilayah Indonesia. Masjid Baabul Munawar dibangun di bawah tanah yang memiliki kedalaman hingga 1.760 meter di bawah permukaan tanah. Sangat dalam, bukan?

Lokasi masjid terletak di kawasan pertambangan PT Freeport Papua. Di dalamnya dapat menampung hingga 250 jamaan.

Diresmikan di bulan Juni 2016 lalu, masjid ini menjadi fasilitas bagi para pekerja agar mereka dapat melaksanakan ibadah sholat 5 waktu tidak jauh dari lokasi bekerja.

Tak hanya masjid, kawasan ini juga memiliki Gereja Oikumene Soretia yang terletak berdampingan dengan masjid Baabul Munawar.

Meski berada di bawah tanah, masjid ini tetap dilengkapi fasilitas teknologi sirkulasi udara. Selain itu, masjid ini telah menerima rekor MURI sebagai masjid terdalam yang ada di Indonesia. Keren ya!

 

Masjid Sumur Gumuling – Yogyakarta, Jawa Timur, Indonesia

Masjid yang terletak di kompleks wisata Tamansari, Yogyakarta ini bisa dibilang unik. Tak hanya dibangun di bawah tanah, masjid ini juga memiliki bangunan yang melingkarinya sebagai benteng pertahanan.

Bangunan masjid ini memiliki atap terbuka. Arsitektur yang berbeda membuat masjid ini menjadi lebih unik dari masjid lainnya.

Masjid Sumur Gumuling berdiri pada tahun 1765 dan menjadi peninggalan dari Sri Sultan Hamengkubuwono I. Namun, masjid ini tak lagi difungsikan pada tahun 1812.

Tak jauh dari lokasi Masjid Sumur Gumuling yang telah tak berfungsi, dibangunlah Masjid Gedhe Kauman.

 

baca juga:

Wisata Religi Ramadhan Yuk, Mengagumi 7 Masjid Termegah di Dunia

 

Masjid Goa Muhammad – Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia

Lokasi masjid ini beradap di Kecamatan Mojosari, Mojokerto, Jawa Timur. Berdiri di bawah bangunan Masjid Agung Wisnu Manunggal, membuat Anda harus melewati gapura dengan tangga menuju area bawah tanah.

Tangga akan mengantarkan Anda hingga kedalaman 7 meter. Karena di sini sangat tenang dan tidak berisik, masjid ini sering dimanfaatkan oleh para jamaah untuk menenangkan dirinya.

 

Masjid Ashabul Kahfi – Tuban, Jawa Timur, Indonesia

Awalnya, kawasan tempat masjid ini dibangun adalah sebuah goa yang penuh akan sampah (menjadi tempat pembuangan sampah).

Pada tahun 2002, masjid ini dibangun karena adanya inisiatif dari pemuka agama bernama KH Subhan Al Mubarak. Ia ingin mengubah goa tersebut menjadi sebuah tempat beribadah dan juga pesantren.

Anda harus melewati tangga yang menghubungkan pintu masuk dengan bangunan utama masjid. Penampakan stalagtit dan stalagmite di dinding dan atap masjid bisa Anda lihat dengan jelas. Pantas saja masjid ini sering kali menjadi kunjungan wisatawan karena keunikannya.

 

Meskipun terletak di dalam perut bumi, masjid diatas tetap menjadi tempat ibadah yang selalu memiliki jamaah. Arsitektur yang unik dan berbeda juga membuat masjid ini menjadi kunjungan para wisatawan.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.