Tenangkan Pikiran dengan Menikmati Pesona Situ Gede

Situ GedeSatu lagi tempat wisata di kota Bogor yang layak untuk dikunjungi, Situ Gede, sebuah danau kecil yang terletak di Bogor bagian Barat. Lebih dikenal  dengan nama Situ Ageng oleh warga setempat, danau ini mempunyai luas mencapai 47 hektar dan kedalaman air mencapai 6 meter. Situ Gede menjadi salah satu objek wisata danau yang terletak dekat dengan pusat kota, sehingga bagi mereka yang berkunjung ke kota Bogor kurang lengkap bila belum berkunjung ke lokasi ini.

Pada dasarnya lokasi kawasan wisata ini berdekatan dengan situ atau danau lain, seperti Situ Leutik yang sudah menghilang, Situ Panjang, serta Situ Burung. Terletak di tepi hutan Dramaga, posisi Situ Gede sendiri berdampingan dengan Pusat Pengembangan Teknologi Penangkaran Rusa. Berjarak 10 kilometer dari kota Bogor, membuatnya menjadi salah satu tempat melepas penat sejenak bagi warga Bogor maupun pendatang yang penasaran dengan keindahan alamnya.

Makam Eyang Prabudilaya

Situ Gede yang berarti danau atau telaga besar ini pertama kali dikembangkan dengan tujuan sebagai sarana pengairan sawah penduduk oleh pemerintah Hindia Belanda. Air dari danau ini dialirkan ke sawah-sawah penduduk di kecamatan Kaalu, Mangkubumi, Indihiang, dan juga Cibeureum. Di tengah danau tersebut juga terdapat sebuah pulau kecil di mana terdapat makam Eyang Prabudilaya, yang merupakan seorang penguasa pada masa silam dan melegenda di masyarakat Tasikmalaya.

Potensi utama dari Objek Wisata Danau Situ Gede adalah keindahan dan keasrian pemandangan alam yang sangat menawan. Untuk menikmati keindahan yang dimiliki danau ini, pengunjung dapat menyewa sebuah rakit yang dibuat dari jalinan batang bambu. Harga sewanya pun relatif murah, sepadan dengan pengalaman yang didapatkan ketika mengarungi danau dengan air yang tenang dan mengunjungi pulau kecil di tengah danau.

Danau Situ Gede

Selain menyusuri danau tersebut, pengunjung juga dapat menikmati berbagai flora dan fauna di hutan sekitar danau Situ Gede yang teduh. Kekayaan tumbuh-tumbuhan alami yang banyak terdapat di sekeliling danau ini juga menyuguhkan berbagai pesona wisata ekologi. Bagi mereka yang membawa keluarga untuk beristirahat, bisa menyewa sepeda air yang terdapat di salah satu sisi danau ini.

Baca juga: Keragaman Indonesia di Museum Etnobotani, Bogor

Di Situ Gede, pengunjung juga dapat melakukan aktivitas yang juga mengasyikan, seperti memancing maupun belajar menjaring ikan. Melemparkan joran ke arah telaga lalu menunggu umpan ikan dimakan. Sembari duduk manis di bawah rimbunnya pepohonan tentu akan membuat hati menjadi tenang. Di sekeliling danau juga terdapat kios-kios tempat makan yang menyajikan berbagai menu yang terbuat dari ikan.

Berjalan jalan di hutan

Jika sudah dirasa cukup beraktifitas dan berkeliling danau Situ Gede. Pengunjung juga dapat berjalan-jalan di hutan yang ada di sekeliling danau. Hal yang menarik dari hutan tersebut adalah keberadaan rusa yang bisa dibilang cukup banyak dan jinak. Sehingga rekan traveler dapat mengajaknya bermain-main. Berinteraksi langsung dengan rusa yang tinggal di habitat aslinya tentu akan menjadi pengalaman yang baru dan sangat menyenangkan.

Keindahan panorama di danau Situ Gede juga semakin indah menjelang matahari tenggelam. Pada saat cuaca cerah di musim panas. Matahari yang tenggelam akan menyemburkan rona merah di langit sore, seiring semakin gelapnya suasana di Situ Gede. Pemandangan yang mempesona ini sering diabadikan oleh para pemburu foto. Terutama yang hobi mengumpulkan foto lansekap.

Damai dan tenang

Situ Gede memang bisa dibilang bukanlah tempat wisata yang menawarkan sesuatu yang spektakuler. Terutama bagi para traveler yang senang memacu adrenalin. Situ Gede lebih cocok bagi mereka yang ingin melepaskan kepenatan dan keramaian dari aktifitas sehari-hari. Pemandangan yang cukup enak dipandang mata. Serta lokasinya yang terpencil dari keramaian lalu lintas, membuatnya menjadi salah satu tempat favorit bagi mereka yang mendambakan suasana yang tenang.

Tempat wisata ini menjadi salah satu tempat wisata di daerah Bogor yang menyajikan suasana alam yang sejuk. Bagi Anda yang sudah bosan berwisata ke Puncak, maka Situ Gede bisa menjadi pilihan lain. Tidak perlu jauh-jauh ke luar kota.Bahkan ke luar pulau atau negara untuk mendapatkan kedamaian batin dan menjauhkan diri dari rutinitas sehari-hari. Yuk datangi Situ Gede untuk menghilangkan stres dan jenuh. (jari adventure-det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.