Tenangkan Diri dan Sejukkan Hati Hanya di Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya CibodasLibur panjang sudah ada di depan mata. Apakah traveler sudah mempunyai rencana untuk mengisinya? Jika belum, yuk kunjungi tempat wisata yang tidak jauh dari Kota Jakarta, seperti berakhir pekan di Kebun Raya Cibodas. Terletak di ketinggian 1275 meter di atas permukaan laut, membuat tempat ini memiliki hawa dingin khas pegunungan. Pas banget buat Anda yang sedang mencari ketenangan dan kenyamanan, sambil sedikit menjauh dari rutinitas harian.

Lokasi

Kebun Raya Cibodas ini terletak di Desa Cimacan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, tepatnya berada di Kompleks Hutan Gunung Gede Pangrango. Buat yang ingin mendatangi tempat ini, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, baik mobil atau motor, dengan rute Cipanas melewati Simpang Tiga Paragrejen sejauh lima kilometer. Apabila menggunakan kendaraan umum dari Bandung, Bogor, dan Jakarta, rutenya adalah turun di pertigaan Cibodas, menaiki angkutan umum Cipanas, Rarahan, Balai Taman Nasional Gede Pangrango, lalu lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

Harga tiket masuk

Untuk masuk ke kawasan wisata ini, harga tiket yang ditawarkan cukup terjangkau yaitu 9500 rupiah per orang, dengan tambahan 5000 rupiah untuk biaya parkir motor dan 10000 rupiah untuk parkir mobil. Memasuki area kebun raya, pengunjung akan disambut dengan hawa udara yang sejuk dan segar, berkat larangan mobil atau motor masuk membuat tempat ini bebas polusi. Oleh karena itu kondisi fisik juga dituntut prima dan mengalokasikan waktu cukup lama untuk mengelilingi kebun seluas 85 hektar ini.

Jenis spesies flora

Tapi jangan khawatir, ada mobil yang dinamakan WaraWiri yang dapat mengajak para pengunjung berkeliling ke seluruh area Kebun Raya Cibodas. Di sini wisatawan dapat melihat banyaknya koleksi tanaman yang ditata rapi dengan kombinasi warna yang cantik. Menurut catatan, terdapat kurang lebih 5831 contoh tanaman dari hampir 1206 spesies di sini. Namun kebun botani ini lebih menfokuskan pada tanaman dataran tinggi basah tropika, seperti paku-pakuan pegunungan, runjung, dan tusam. Jadi tidak heran jika tempat ini sering dijadikan pusat penelitian.

 Baca Juga: Wisata Budaya Khas Bogor, Kampung Budaya Sindang Barang

Koleksi tanaman yang tidak boleh dilewatkan begitu saja, adalah Taman Lumut Cibodas, yang memiliki koleksi hampir 216 jenis lumut hati dan lumut lainnya yang hidup di atas tanah seluas 1200 meter persegi. Taman ini pun kemudian dinobatkan sebagai taman lumut satu-satunya di dunia yang letaknya di luar. Tidak hanya itu, Anda juga dapat melihat rumah kaca dengan isian beragam jenis kaktus, anggrek, dan tanaman langka.

Atraksi wisata

Beberapa lokasi Kebun Raya Cibodas yang paling diminati pengunjung adalah Jalan Araucaria (Auracarua Avenue). Air Terjun Cibodas, sungai, lokasi lanskap, kebun pohon sakura, air mancur, danau, dan taman hijau yang indah dan menyejukkan. Taman dengan hamparan rumput luas ini memang paling cocok dijadikan tempat piknik dan berkumpul bersama keluarga. Namun area ini dijaga tetap bersih. Berkat ketegasan para petugas yang mengingatkan agar para pengunjung ikut menjaga kebersihan. Serta penyediaan tempat sampah yang cukup banyak.

Jika sedang tidak ingin naik mobil khusus yang disediakan atau capek berjalan di bawah rindangnya pepohonan. Para pengunjung dapat menikmati keindahan kebun raya sambil berkuda. Anda juga bisa menemukan 3 air terjun yang ada di Kebun Raya Cibodas dan nikmati dinginnya air saat menyentuh kulit. Suara gemericik air juga cukup menghibur para pengunjung yang memilih duduk-duduk di sekitar air terjun dan menikmati pemandangan alam yang asri.

Fasilitas Kebun Raya Cibodas

Soal fasilitas, Kebun Raya Cibodas sebagai tujuan wisata keluarga menyediakan berbagai fasilitas yang membuat liburan Anda berjalan sempurna. Mulai dari lapangan parkir yang luas untuk menampung puluhan kendaraan roda empat dan bus. Ruang informasi, areal bermain untuk anak-anak, mushola, MCK umum, shelter atau tempat peristirahatan. Lalu, pendopo, teater alam terbuka, dan camping ground seluas 3 hektar yang cukup untuk menampung 200 tenda.

Tidak ada salahnya mengajak seluruh anggota keluarga untuk menikmati liburan di Kebun Raya Cibodas. Tentunya dengan memperhatikan tips-tips ini. Karena tidak ada yang menjual makanan dan minuman di dalam kebun raya. Jangan lupa membawa perbekalan sendiri dan alas duduk. Agar dapat menikmatinya bersama-sama. Jangan lupa memakai baju dan sepatu yang nyaman. Serta persiapkan baju ganti apabila tubuh basah setelah bermain di air terjun.

Liburan ke Kebun Raya Cibodas ini memang lengkap. Tidak hanya menghibur tapi juga memberikan edukasi bagi seluruh anggota keluarga. Tertarik untuk datang ke sini? (jari adventure-det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *