Tempat Wisata Lebaran Terpopuler Di Jakarta, Kunjungi Yuk!

Daftar tempat wisata lebaran terpopuler di Jakarta merupakan daftar wajib dikunjungi para wisatawan yang sedang asyik menghabiskan waktu liburan di ibukota.

Maklum saja, pada libur lebaran, kota metropolitan yang biasanya macet dan ramai lalu lintas, akan menjadi lengang dan sepi. Hal ini dikarenakan ibukota tercinta ditinggalkan oleh para penghuni dari luar daerah untuk sementara waktu hingga libur lebaran usai.

Tak ayal, para pengunjung dari luar daerah yang sedang berkumpul bersama sanak-kerabat tidak ingin menyia-nyiakan waktu untuk menikmati aneka tempat wisata lebaran terpopuler di Jakarta bersama keluarga.

Inilah beberapa tempat wisata lebaran terpopuler di Jakarta selama merayakan Hari Raya Idul Fitri:

Taman Impian Jaya Ancol

Mengingat lokasinya yang sangat luas terhampar di tepi pesisir laut Jawa, tidak heran Taman Impian Jaya Ancol menjadi magnet bagi para wisatawan untuk berlibur yang sedang membawa rombongan keluarga besar.

Dengan luas sekitar 80 hektar, dijamin keluarga besar akan mampu menikmati suasana wisata yang ceria tanpa harus berdesak-desakan ataupun kesulitan mencari tempat bersantai jika dibandingkan berwisata ke wahana bermain buatan yang lebih kecil.

Fasilitas bagi para pengunjung bisa dikatakan lengkap mencakup 27 wahana yang sangat menguji adrenalin seperti roller coaster, Niagara, kicir-kicir, hysteria hingga halilintar dan masih banyak lagi.

Selain itu, arena pertunjukkan yang menampilkan aksi stuntman secara live para seniman dari mancanegara, ditambah kolam renang luas dan arena permainan yang memberi keceriaan tiada akhir.

Untuk keluarga yang senang menikmati atraksi air, dapat mengunjungi tempat wisata Atlantis Water Adventure yang menyediakan kolam besar dengan ombak seperti layaknya di laut. ada pula papan seluncuran yang tinggi untuk menantang adrenalin plus sejumlah tempat wisata tambahan seperti eco park, ocean park, serta pasar seni yang sangat ramai terlebih pada musim puncak libur lebaran.

Taman Mini Indonesia Indah

Siapa yang tak kenal Taman Mini Indonesia Indah? Taman terbesar di Indonesia yang mencapai luas 100 hektar ini merupakan ikon wisata di Indonesia. Dipelopori oleh Ibu Negara RI ke-2, Tien Soeharto, Taman Mini Indonesia Indah benar-benar menjadi sebuah tempat wisata lebaran terpopuler di Jakarta yang sangat layak dikunjungi bersama keluarga.

Bagaimana tidak? Di dalam area Taman Mini Indonesia Indah yang sangat luas ini terdapat banyak seni dan hiburan yang dibagi menjadi beberapa kategori, seperti rumah adat dari 34 provinsi, museum, flora dan fauna, pusat Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Kemudian, studio komersial serta gedung teater dan wahana air. Komplit, kan?

Tidak heran jika Taman Mini Indonesia Indah menjadi salah satu tempat wisata lebaran terpopuler di Jakarta yang sering menjadi rujukan keluarga yang sedang merayakan libur lebaran.

Rumah adat dari 34 provinsi bisa ditelusuri satu per satu, antara lain Rumah Gadang Minangkabau yang berbentuk seperti tanduk kerbau. Rumah adat Toraja, Rumah adat Betawi hingga Rumah adat dari Papua. Semua rumah adat dibangun sesuai aslinya dengan isi perabotan khas daerah masing-masing yang lengkap, termasuk alat dapur, pakaian adat pengantin dan benda-benda seni lokal.

Jika terlalu letih menelusuri dengan berjalan kaki, Anda bisa menyewa kendaraan khusus dengan desain mobil terbuka yang dibanderol relatif terjangkau untuk sekitar 10 penumpang.

 

Baca Juga : Serunya Bermain dan Belajar di Kidzania Jakarta

 

Kebun Binatang Ragunan

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun oleh instansi terkait, Taman Margasatwa Ragunan muncul sebagai salah satu tempat wisata libur Lebaran yang paling banyak dikunjungi selama musim libur lebaran 2015 lalu. Beberapa sumber menyebutkan bahwa Ragunan dikunjungi sebanyak lebih dari 200 ribu wisatawan pada 19 Juli tahun lalu, jumlah yang sangat fantastik dibanding dengan dua tahun lalu yang hanya didatangi sekitar 28 ribu pengunjung.

Kebun Binatang Ragunan memang layak dijadikan tempat wisata lebaran terpopuler di Jakarta. Kenapa begitu? Karena hampir bisa dipastikan setiap libur lebaran datang, tempat perlindungan bagi aneka satwa seluas 140 hektar ini selalu penuh oleh pengunjung dari Jakarta maupun luar Jakarta.

Maklum saja, harga tiket masuk ke Kebun Binatang Ragunan terbilaang relatif terjangkau untuk masyarakat menengah ke bawah. Ada lebih dari 295 spesies binatang di Kebun Binatang Ragunan. Salah satu yang paling menarik minat wisatawan adalah komodo yang didatangkan langsung dari Pulau Komodo.

Selain itu, hewan-hewan langkah lain juga menjadi koleksi kesayangan Kebun Binatang Ragunan seperti Gorila dari Afrika, orang utan Kalimantan, Owa Jawa, siamang, serta jenis kera dan simpanse.

Di dalam Kebun Binatang Ragunan juga terdapat sebuah lembaga pusat penelitan dan pendidik untuk primate seperti orang utan yaitu Pusat Primata Schmutzer.

Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu bisa menjadi alternatif tempat wisata lebaran terpopuler di Jakarta. Meski lokasinya agak jauh dari pusat kota dan membuat pengunjung harus rela menyeberangi laut, ternyata hal ini justru menjadi keasyikan tersendiri yang membuat ketagihan.

Kepulauan Seribu terdiri dari gugusan pulau-pulau kecil yang semuanya telah disulap dan didandani oleh pemerintah ibukota untuk menjadi aset wisata.

Jadi, tidak heran apabila di pulau seribu, para pengunjung dapat menemukan akomodasi seperti penginapan serta fasilitas umum yang memadai untuk menunjang kegembiraan liburan.

Jumlah total pulau di kep seribu ada sekitar 110 pulau, namun hanya 20 pulau besar yang dikelola dengan baik dan 6 pulau saja yang memiliki penghuni. Tak hanya itu, pulau tersebut juga memiliki fasilitas wisata yang bisa dikatakan komplit. Antara lain Pulau Tidung, Pulau Putri, dan Pulau Sepa.

Untuk pusat pemerintahan kep seribu sendiri, terletak di Pulau Pramuka yang dihuni oleh beberapa keluarga secara turun-temurun.

Selain pulau pramuka, pulau lain yang bisa dikunjungi seperti pulau ayer dan pulau kotok yang memiliki fasilitas penginapan bungalow dan homestay.

Kep seribu menawarkan pesona keindahan pesisir serta kecantikan alam bawah laut berupa terbumbu karang dan aneka satwa bawah laut lainnya. Para pengunjung harus memakai peralatan khusus seperti snorkeling agar bisa menikmati keindahannya di perairan dangkal.

Para penumpang dapat menuju Pelabuhan Marina Ancol mulai jam 08.00 – 09.00 WIB dan jam pulang pukul 13.00-14.00 WIB.

Monumen Nasional (Monas)

Siapa yang tak mengenal Monumen Nasional (Monas)?. Monumen kebanggaan rakyat Indonesia ini merupakan ikon negara Republik Indonesia dengan bentuk alu dan lumpang sebagai tempat untuk menumbuk padi. Sementara itu, di puncak monument terdapat sebuah bentuk nyala api yang dibuat dari 14,5 ton perunggu dan dilapisi dengan 50 kg emas.

Tempat wisata libur Lebaran ini sepertinya juga sudah menjadi salah satu ikon kota Jakarta. Kawasan Monas sangat ramai dikunjungi pada malam minggu atau musim liburan terutama saat libur lebaran. Terdapat banyak penjual makanan di area pintu masuk Monas. Dagangan yang mereka jual pun beraneka ragam, seperti nasi goreng, bakso, mie ayam dan lain sebagainya.

Kawasan Monas biasanya juga dipenuhi oleh berbagai komunitas dan pasar kaget di pelatarannya. Kala malam, pengunjung bisa menyaksiakan aneka atraksi yang ditampilkan oleh seniman Jakarta, mulai dari ondel-ondel, debus hingga pengamen. Monumen dan museum yang terletak tepat di tengah Lapangan Medan Merdeka ini dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 – 15.00 WIB. Monas merupakan pilihan yang tepat bagi pengunjung yang mencari tempat wisata libur Lebaran murah.

Berlokasi tepat di Jalan Silang Monas, Gambir, Jakarta Pusat, bangunan setinggi 132 meter ini bisa dilihat dari berbagai lokasi di Jakarta.

Pesona bagi para pengunjung adalah menikmati pemandangan indah kota Jakarta dari ketinggian 115 meter dengan menggunakan elevator untuk sekitar 11 penumpang.

Di lantai teratas, pengunjung dapat melihat dengan jelas seluruh daerah Jakarta Pusat yang sangat padat.

Di malam Minggu, terdapat atraksi seni menarik berupa air mancur menari sesuai iringan orkestra seperti yang bisa dijumpai di negara-negara seperti Singapura, Cina dan Australia.

Monumen Nasional dirancang oleh Bapak Presiden Republik Indonesia ke-1 yaitu Ir. Soekarno dengan mengambil konsep perjuangan. Alat penumbuk padi disimbolkan sebagai ciri khas masyarakat Indonesia yang mengonsumsi beras dan menjadikan komoditi padi sebagai sumber makanan utama.

Sementara, nyala api di puncak Monumen Nasional sebagai simbol semangat perjuangan para pahlawan Indonesia yang selalu membara dan menyala-nyala.

***

Untuk sebuah wisata libur Lebaran yang murah meriah, tidak ada salahnya mengajak keluarga Anda ke tempat-tempat wisata lebaran terpopuler di Jakarta tersebut. Selamat Lebaran… (Jari adventure-det-picture )

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *