Tempat Wisata di Semarang Yang Asyik Untuk Liburan

Memilih Semarang sebagai tempat liburan ? Jangan risau, Semarang mempunyai banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi saat libur . Obyek wisata yang lama bisa mengobati rasa kangen akan kota ini, sedangkan obyek wisata yang baru akan membuat liburan tambah seru. Kota Lama, misalnya. Tempat wisata ini selalu membuat kangen dan sangat menarik untuk kembali dikunjungi. Bagaimana dengan Banjir Kanal Barat yang kini sudah disulap menjadi tempat nongkrong yang asyik? Pasti Anda juga ingin melihatnya bukan. Agar tidak penasaran, langsung saja simak uraian tentang tempat wisata di Semarang yang asyik dikunjungi saat liburan  berikut ini.

Waduk Jatibarang dan Gua Kreo

Tempat wisata Waduk Jatibarang berada di pinggir kota Semarang, tepatnya di perbukitan Kelurahan Kandri, Kecamatan Gunungpati, Semarang. Sejak diresmikan Mei 2014 lalu, waduk ini langsung mencuri perhatian wisatawan dan kini bahkan menjadi salah satubtempat wisata di Semarang yang paling ngehits.

Waduk Jatibarang dibuat mengelilingi Gua Kreo, yang merupakan sebuah petilasan Sunan Kalijaga dan gua alami yang lebih dulu dikenal wisatawan. Waduk buatan yang dibangun mengelilingi gua menjadikan gua Kreo nampak seperti pulau kecil.

Bila ingin memasuki gua, Anda terlebih dahulu harus menyeberangi jembatan merah yang sering pula digunakan sebagai tempat foto favorit para pengunjung. Di kawasan ini, Anda juga bisa melihat kawanan monyet ekor panjang yang bisa diajak bermain.      

Anda tak perlu membayar mahal untuk berwisata ke sini. Dengan membeli tiket masuk sebesar 4000 rupiah saja, Anda sudah bisa menikmati segala keindahan yang disuguhkan oleh Waduk Jatibarang dan Gua Kreo. Hawa sejuk disekitar waduk juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk melarikan diri sejenak dari gerahnya cuaca Semarang. 

Bukit Rong

Pernah menikmati keindahan Semarang dari ketinggian? Anda bisa mencobanya di Bukit Rong, salah satu tempat wisata di Semarang yang menawarkan melihat keindahan Kota Lumpia dari tempat tinggi. Bukit yang berada di Desa Delik, Kecamatan Tuntang ini memiliki ketinggian sekitar 988 mdpl.

Terdapat semacam aula yang berwarna putih serta gazebo di puncak bukit yang bisa digunakan pengunjung untuk mengamati  Semarang. Dari sini, terlihat alam hijau Semarang serta daerah sekitarnya. Nampak pula dari kejauhan Gunung Merbabu dan Telomoyo.

Pengunjung juga dapat memanfaatkan segala fasiltas yang ada di sana, seperti toilet, tempat sholat, kios makanan dan area kemping. Asyik bukan liburan  di Bukit Rong ini?

 

Baca Juga : 6 Wisata Kuliner di Semarang Yang Enak dan Wajib Dicoba

.
Banjir Kanal Barat

Sebelumnya, Banjir Kanal Barat hanya berfungsi sebagai pencegah banjir saja. Namun, sejak dipercantik, kawasan ini berubah menjadi tempat nongkrongnya anak muda Semarang. Tempatnya yang luas, bersih dan indah membuat pengunjung betah berlama-lama di Banjir Kanal Barat. Tempat wisata di Semarang ini biasanya ramai dikunjungi sejak sore hingga malam hari. Tempat ini juga digunakan sebagai tempat diselenggarakannya Festival Banjir Kanal Barat yang berbarengan dengan Hari Jadi Kota Semarang.

Kota Lama

Tempat wisata di Semarang ini akan membawa Anda kembali ke suasana Semarang di masa lalu. Kota Lama yang dijuluki dengan nama ‘Little Netherland’ ini dipenuhi dengan bangunan kuno khas Eropa yang merupakan peninggalan penjajah kolonial Belanda.

Meski usianya sudah mencapai ratusan tahun, bangunan di Kota Lama masih banyak yang kokoh berdiri. Salah satu bangunan yang populer adalah Gereja Blenduk, yang berada di sebelah Taman Srigunting. Gereja ini masih berfungi sebagai tempat ibadah hingga saat ini.

Anda bisa menikmati bangunan lain yang ada di Kota Lama seperti Stasiun Tawang, Gedung Spiegel, Kantor Pos, dsb. dengan berjalan kaki, dan naik kendaraan pribadi maupun bus wisata Semarjawi. Pilih saja sesuka Anda.   

Umbul Sidomukti

Menghabiskan liburan  dengan mengunjungi tempat wisata di Semarang Umbul Sidomukti di Bandungan, Semarang bersama keluarga pasti sangat seru dilakukan. Tempat wisata di Semarang ini menawarkan suasana alam yang sangat asri dan aneka aktifitas menarik bagi anak dan dewasa. 

Selama di Umbul Sidomukti, wisatawan bisa outbound, kemping, berenang atau sekedar duduk-dudk menikmati keindahan alam sekitar. Wisatawan juga bisa merasakan hawa sejuk dan cukup dingin di tempat yang berada di ketinggian sekitar 1.200 mdpl.

Suka berenang? Wisatawan bisa menjajal sejuknya air kolam alami yang berada di ketinggian lebih dari 1000 mdpl yang tentu memberikan kesan tersendiri. Pemandangan disekitar kolam yang begitu elok pun sangat sayang bila dilewatkan begitu saja.    (Jari adventure-det)

 

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.